Panduan

Beranikah Anda Mengecat Dinding Rumah dengan Warna-Warna Cerah? Ini 3 Tipsnya!



Banyak orang terlihat berkeyakinan teguh pada konsep warna netral sebagai warna yang paling aman untuk pemilihan warna dinding, contohnya seperti memilih cat warna putih untuk rumah mereka. Namun yang tidak disadari, seiring berjalannya waktu, lama-kelamaan warna putih pada dinding akan membuat penghuni merasa jenuh dan bosan. 

Apakah Anda tahu, sesungguhnya, ada alternatif lain bagaimana cara untuk membuat warna dinding tidak terlihat membosankan lagi, salah satunya adalah dengan mengaplikasikan warna-warna cerah seperti kuning dan hijau.

Kedua warna ringan tersebut tidak hanya membuat dinding rumah Anda menjadi lebih berwarna, namun juga dapat melesatkan kreativitas serta memberikan nuansa positif bagi Anda dan seluruh anggota keluarga.

Dan bila saat ini, Anda berniat menerapkan kedua warna cerah tersebut, berikut tiga tips ala Renovasik untuk memberikan sentuhan warna cerah pada dinding rumah Anda. 

1. Hindari Penggunaan Warna Hitam

Memang benar, jauh lebih mudah menerapkan warna yang dianggap aman pada dinding seperti mengecatnya dengan warna hitam, karena sama halnya dengan warna putih, hitam juga dianggap tepat untuk diterapkan dibagian dinding manapun.

Namun yang patut untuk diperhatikan, seorang psikolog asal Swiss, yang bernama Carl Jung mengungkapkan bahwa warna dapat mengekspresikan kepribadian dari pemilik rumah, terutama untuk Anda kaum pria.

Apakah Anda mengetahui, dalam ilmu psikologi, warna hitam juga dianggap sebagai simbol dari penderitaan dan kesedihan. Inilah alasan kenapa Jung menyarankan untuk menghindari penggunaan warna hitam dan merekomendasikan agar Anda bermain dengan warna-warna cerah pada dinding rumah, hal ini bisa membangkitkan kepribadian yang positif dan penuh semangat dari penghuni rumah.

2. Kombinasikan Dengan Warna Pelengkap

Memang sangat bagus untuk menerapkan warna-warna cerah seperti kuning dan hijau pada dinding rumah Anda. Namun, Anda juga bisa mencoba untuk mengkombinasikan kedua warna tersebut dengan warna-warna lainnya, seperti warna-warna coral seperti oranye maupun warna biru muda.

Mengkombinasikan warna-warna tersebut pada dinding, akan membuat rumah Anda menjadi terasa lebih hidup dan memiliki keberagaman warna.

3. Mempertimbangkan Tentang Proporsi Warna

Setelah mengkombinasikan antara warna dasar yang cerah dengan warna pelengkapnya, selanjutnya Anda juga dituntut untuk dapat mempertimbangkan tentang proporsi warna-warna tersebut pada dinding.

Hal ini bukan berarti bahwa warna pelengkap yang Anda pilih menjadi lebih banyak porsinya bila dibandingkan dengan warna dasarnya. Anda harus mempertimbangkan warna dasar atau warna cerah lebih banyak penggunaannya dibandingkan dengan warna pelengkap. Seperti sebutannya, warna pelengkap hanyalah sebagai pelengkap, dan bukan menjadi kesuluruhan warna dasar pada dinding rumah Anda.

Kontak Kami