Panduan

Bagaimana Cara Mendesain Rumah Yang Bisa Membuat Penghuni Bahagia? Ini 3 Tipsnya



Apakah Anda tahu, rumah memiliki beberapa fungsi, tidak hanya sebagai tempat berlindung dari kondisi dan cuaca yang ekstrem, namun juga sebagai tempat berkumpul dengan anggota keluarga yang kita cintai dan kasihi. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mendesain interior rumah agar tempat tinggal bisa terasa lebih nyaman, aman dan sekaligus bisa menciptakan atmosfer kebahagiaan bagi para penghuninya.

Kali ini, Desainer Interior Renovasik akan menjelaskan bagaimana cara dan tips sederhana, yang dapat dilakukan oleh siapa saja, untuk mendesain rumah sehingga dapat tercipta suasana yang membahagiakan bagi yang tinggal disana. Untuk dicatat, tips-tips ini merupakan kombinasi antara keilmuan psikologi modern dengan desain interior.

Tidak perlu berlama-lama lagi, mari kita simak secara bersama-sama, apa saja 3 Tips sederhana yang dapat Anda aplikasikan untuk rumah Anda.

1. Pencahayaan Alami Yang Baik Meningkatkan Energi Positif

Pencahayaan alami yang baik adalah kunci penting pertama bagi manusia untuk bisa hidup lebih sehat dan seimbang. Memiliki hidup sehat dan seimbang sudah barang tentu juga akan meningkatkan suasana hati yang positif dan baik.

Jadi, apabila rumah Anda memiliki pencahayaan alami yang rendah, Anda bisa mencoba untuk menggunakan furnitur maupun aksesori yang memiliki permukaan reflektif, hal ini akan meningkatkan intensitas jumlah cahaya didala, ruangan.

Contohnya saja, Anda bisa menambahkan cermin meja logam, aksesori kaca seperti vas, ataupun dengan menambahkan cermin diseberang jendela.

2. Furnitur dan Aksesori Bulat Buat Hidup Lebih Seimbang

Menurut penelitian ilmiah, suatu bentuk bisa memiliki dampak yang sangat signifikan pada kondisi emosional manusia, misalnya, bentuk bulat dapat memunculkan emosi positif seperti kepribadian penghuni yang baik dan ramah.

Sementara itu, dilain pihak, benda bulat juga merefleksikan keseimbangan yang bisa membantu Anda dan keluarga untuk merasa nyaman dengan lingkungan sekitar, hal ini akan sangat bermanfaat bagi anggota keluarga yang memiliki rasa cemas berlebih.

Anda bisa mempertimbangkan untuk memasang furnitur bertema retro melengkung, cermin bundar, lampu gantung berbentuk bola maupun meja kopi dengan top table bundar yang dapat memberikan kesan lembut pada rumah hunian.

3. Warna Biru Yang Menentramkan

Dalam psikologi modern, warna biru merupakan salah satu warna yang bisa membuat hati tentram serta menciptakan suasana rumah yang tenang dan damai. Selain itu, warna ini juga sangat bermanfaat dalam memberikan pengalaman tidur yang nyenyak dimalam hari, sehingga penghuni dapat bangun dengan lebih segar pada pagi hari berikutnya. Warna ini juga terbukti secara ilmiah memiliki efek fisik yang luar biasa untuk menurunkan tekanan darah.

Oleh karena itu, cobalah Anda untuk melukis dinding ruangan dengan cat berwarna biru dan lihat bagaimana suasana hati bisa berubah dalam sekejab. Namun, bila Anda ingin memulainya pada skala yang lebih kecil dan praktis, Anda bisa menggunakan karya seni berupa lukisan ataupun sprei dan sarung bantal tidur yang memiliki corak dan pola berwarna biru.

Kontak Kami