Panduan

Apakah Rumah Hunian Anda Mendukung Kesehatan Anda & Keluarga? Inilah 5 Tandanya Apabila Tidak!



Rumah hunian yang bersih serta terawat akan membawa kesehatan dan kenyamanan bagi Anda dan seluruh anggota keluarga. Begitupun juga sebaliknya, tempat tinggal yang kotor hanya akan menjadi sarang penyakit dan membuat aktifitas harian Anda dan keluarga menjadi tidak nyaman.

Sahabat Renovasik, membersihkan rumah yang kita tinggali secara rutin, mengganti atau membuang barang-barang yang telah rusak, ataupun memperbaiki keretakan dan kebocoran, bisa menjadi salah satu cara untuk menjadikan rumah berfungsi untuk mendukung kesehatan Anda dan keluarga.

Kedisiplinan dan keuletan menjadi dua hal penting untuk Anda miliki agar bisa merawat hunian dengan rajin dan tekun. Apabila tidak, rumah hunian akan memiliki banyak masalah yang berpotensi mengganggu kehidupan sehari-hari Anda dan keluarga.

Tempat tinggal yang kotor, bau, dan tidak terawat berpotensi untuk memberi efek buruk terhadap kesehatan fisik dan juga mental. Solusinya? Kenalilah apa saja tanda-tanda rumah hunian yang tidak sehat supaya Anda bisa segera menyelesaikannya sehingga rumah Anda menjadi tempat yang layak untuk Anda tinggali sekeluarga. Apa saja tanda tersebut? Mari kita mulai dari yang pertama.

1. Penuh Binatang Hama

Salah satu tanda yang paling mudah ditemukan bahwa rumah Anda tidak sehat adalah banyak binatang hama yang bersarang di rumah Anda.

Apabila ada binatang-binatang seperti semut, tikus, kecoa, lalat, rayap, dan binatang lainnya, ini artinya ada yang salah dengan kebersihan tempat tinggal Anda.

Anda harus memeriksa sistem pembuangan sampah dirumah Anda, atau mengecek apakah ada furnitur kayu Anda yang sudah mulai lapuk, ataupun mulai membersihkan lingkungan sekitar rumah yang kotor. Apabila Anda tidak melakukannya dan membiarkan hal ini secara terus menerus, binatang hama semakin lama akan semakin banyak berdatangan ke rumah Anda.

2. Beraroma Tidak Sedap, Lembab & Pengap

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan rumah beraroma tidak sedap, lembab dan pengap. Misalnya, bocor yang dibiarkan terlalu lama, hal ini bisa mengakibatkan perkembangbiakan bagi jamur, atau karena sistem pembuangan limbah dan kotoran yang buruk sehingga membuat rumah beraroma tidak sedap dan lembab. Selain hal itu, barang-barang yang tergeletak dan tertumpuk begitu saja akan membuat suasana rumah menjadi pengap.

Apabila ada kebocoran dalam rumah hunian, segeralah untuk memperbaikinya dengan menambalnya. Aturlah juga kembali sistem pembuangan limbah dan kotoran di rumah Anda. Lakukanlah decluttering secara rutin, seperti membuang buku-buku yang sudah berjamur, dan menata kembali yang masih baik dan dapat digunakan.

3. Sakit Berkepanjangan

Kondisi rumah hunian yang beraroma tidak sedap, lembab dan pengap pada umumnya diikuti sakit yang berkepanjangan bagi penghuninya. Ditambah lagi dengan banyaknya kehadiran binatang hama yang berpotensi membawa penyakit dari luar.

Disini, bukan berarti tidak mungkin, Anda dan keluarga bisa terserang berbagai penyakit, mulai dari flu, mual, tifus, dan lainnya. Penyakit-penyakit inilah yang disebabkan oleh lingkungan tempat tinggal yang kotor.

4. Sistem Ventilasi Yang Buruk

Buruknya sistem ventilasi juga dapat menyebabkan kondisi rumah menjadi tidak sehat. Ventilasi yang baik akan membuat udara segar mudah masuk, sehingga ruangan menjadi tidak pengap, manfaat lainnya, adanya ventilasi dapat menghilangkan bau tidak sedap dari dalam rumah. Oleh karena itu, pastikan ventilasi udara di rumah hunian Anda cukup baik. Udara dan cahaya matahari adalah dua unsur penting yang akan mendukung  kesehatan Anda dan seluruh anggota keluarga.

5. Kurangnya Jumlah Tanaman

Tanaman memiliki kemampuan untuk memproduksi oksigen secara terus-menerus, hal ini akan memperbarui dan memperbaiki kualitas udara di rumah hunian Anda.

Apabila rumah Anda tidak memiliki tanaman dalam jumlah yang cukup, hal ini akan menimbulkan banyak masalah, mulai dari udara yang panas, debu, dan banyak lagi hal lainnya.

Nah Sahabat Renovasik, Jangan biarkan situasi dan kondisi di atas berlangsung berlarut-larut di tempat tinggal Anda. Segera perbaikilah hal-hal yang berpotensi mengganggu kesehatan Anda dan keluarga yang Anda sayangi. Salam sehat dari kami untuk Anda yaa ....

Kontak Kami