Panduan

Apa Itu Lantai Parket? Definisi, Serta Kelebihan dan Kekurangannya!



Apakah Sahabat Renovasik pernah mendengar tentang istilah lantai parket ataupun parket flooring? Apakah Anda juga Penasaran ingin tahu lebih dalam tentang apa saja manfaat, kelebihan maupun kekurangan dari lantai parket? Jujur saja nih, lantai parket sesungguhnya bukanlah sebuah elemen interior baru di dunia properti maupun perumahan. Hanya saja tidak banyak orang yang membahasnya secara mendetail.

Dan, dalam artikel kali ini, Renovasik akan mengupas tuntas informasi tentang seputar lantai parket.

Apa itu Lantai Parket?

Lantai parket atau parket flooring adalah lantai kayu yang tersusun dari kumpulan kepingan kayu yang telah mengalami proses penge-pres-an sedemikian rupa sehingga berbentuk potongan ataupun papan siap pasang di atas lantai di rumah Anda.

Bahan atau material dari lantai parket ini terdiri dari 2 jenis, Kayu Solid dan Kayu Olahan. Jenis yang pertama, adalah kayu solid, untuk Anda yang belum mengetahui apa itu kayu solid, kayu solid adalah jenis kayu yang murni terdiri dari 100% kayu original, contohnya bila Anda menggunakan kayu jati, maka material yang digunakan adalah murni hanya dari kayu jati. Dan yang kedua, kayu olahan atau yang banyak orang sering sebut dengan engineered wood ataupun laminate . Bila harga parket kayu solid bisa membutuhkan investasi yang cukup tinggi dan membutuhkan perawatan, maka lantai parket olahan dapat memberikan solusi dari segi harga yang lebih terjangkau dan instalasi yang lebih sederhana.

Instalasi untuk lantai parket juga tergantung dari jenis parket yang Anda pilih. Instalasi lantai parket dengan kayu solid pada umumnya lebih rumit dan memerlukan tenaga kerja yang profesional, sedangkan lantai parket olahan dapat Anda pasang dengan cara diletakkan, instalasi dengan sistem klik, ataupun dengan pengeleman.

Karena lantai parket menggunakan kepingan ataupun potongan kayu yang dibentuk dan disusun membentuk format strip papan, dengan demikian ada unsur estetika dan dekoratif yang dapat Anda temukan di lantai parket, yaitu nuansa mosaik. Nuansa mosaik ini acapkali menjadikan lantai parket memiliki keindahan yang unik bila dibandingkan dengan lantai kayu pada umumnya.

Istilah parket sendiri  berasal dari kata dalam bahasa Perancis yaitu, parqueterie. Kata ini bahkan telah ada sejak tahun 1600an. Apakah Sahabat Renovasik tahu, lantai parket pada masa tersebut merupakan bahan lantai yang eksklusif dan mewah, Anda dapat menemukannya di kota-kota indah seperti Versailes dan Grand Trianon. Namun, berkat kemajuan dan berkembangnya teknologi, lantai parket saat ini sudah dapat Anda nikmati di mana-mana. Keren banget kan...

Lalu, apa saja yang menjadi kelebihan dari lantai parket? Mari kita simak bersama-sama ...

1. Nuansa Indah dan Elegan

Benar seperti yang telah Sahabat Renovasik duga setelah mengetahui sejarah diatas, lantai parket yang eksklusif dan mewah tentunya menimbulkan nuansa indah dan elegan. Ini semua dikarenakan bahan atau material utama dari lantai parket terdiri dari kepingan atau potongan kayu yang dipasang secara bersamaan, maka lantai parket mempunyai estetika keindahan dari segi geometris serta dekoratif yang tidak dapat Anda temukan pada lantai papan kayu biasa.

Selain memiliki format yang indah, lantai parket juga dapat Anda cat ataupun diberi finishing dengan gaya yang unik dan berbeda. Jadi tidak heran jika selain dapat memberikan nuansa indah dan elegan, lantai parket juga memberikan kehangatan tersendiri pada ruangan.

2. Mudah Untuk Dibersihkan

Apakah Anda tidak memiliki cukup waktu untuk perawatan rumah atau hunian Anda? Lantai parket adalah solusi untuk Sahabat Renovasik yang ingin punya rumah yang tidak memerlukan banyak perawatan, namun senantiasa tetap tampak rapi dan bersih. Karena lantai parket tidak memerlukan banyak perawatan yang merepotkan. Anda cukup membersihkan lantai seperti pada umumnya, yaitu menyapu dan mengepel, terutama untuk lantai parket yang menggunakan kayu olahan.

Untuk Sahabat Renovasik yang memutuskan untuk menggunakan lantai parket dengan kayu solid, perawatannya juga cukuplah mudah. Anda cukup menyapu dan mengepelnya dengan kain setengah basah. Sesekali, Anda juga boleh untuk memberikan cairan pengkilap sehingga lantai parket kayu solid di rumah Anda tampak berkilau dan indah.

3. Awet, Kuat & Tahan Lama

Lantai parket mempunyai daya tahan yang cukup tinggi dan kuat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dalam rumah tangga. Penggunaan normal lantai parket juga sangat jarang menunjukkan tanda-tanda telah menua ataupun rusak. Lantai parket solid memiliki karakter yang kuat dan tahan lama, bahkan masa penggunaannya dapat mencapai hingga lima puluh tahun kedepan sejak awal penggunaan.

4. Tidak Membuat Alergi

Lantai parket dapat menjadi pertimbangan terbaik untuk Sahabat Renovasik yang memiliki problema alergi. Lantai parket terbilang berbeda dengan jenis lantai lain seperti lantai kayu yang lebih mudah dapat menangkap  alergen, contohnya seperti debu, hama hewan peliharaan hingga serbuk bunga. Lantai parket memiliki finishing kilat yang mudah Anda bersihkan setiap waktu.

5. Harga Yang Cukup Terjangkau

Berkat teknologi pengolahan kayu parket, sekarang Anda dapat menemukan berbagai variasi dari lantai parket. Mulai dari bahan atau material kayu yang digunakan, tekstur serta finishing yang Anda suka, pola (pattern) yang mendominasi, hingga pilihan warna yang beranekaragam. Anda dapat menyesuaikannya dengan budget Anda.

Seperti sama halnya dengan lantai parket jenis solid, meskipun bahan material serta instalasinya dapat menjadi dua kali lipat dari parket dengan kayu olahan, namun nilai investasinya jauh lebih memberi keuntungan baik secara jangka pendek maupun jangka panjang. Jadi, jika Anda memiliki dana yang lebih, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan instalasi lantai parket dengan kayu solid untuk menambah nilai properti yang Anda miliki.

Setelah Anda mengetahui 5 kelebihan-kelebihannya, lantai parket pun ternyata memiliki kekurangan juga, meskipun Renovasik pun juga akan mengungkapkan solusinya disini, Anda dapat membacanya sekarang juga.

1. Biaya Persiapan Pemasangan

Inilah hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan sebelum melakukan instalasi lantai parket. Lantai parket membutuhkan permukaan lantai yang benar-benar solid dan rata. Jadi, kerapkali sebagai pemilik rumah, Anda harus terlebih dulu mempersiapkan lantai, seperti menyemen ulang ataupun memasang keramik murah agar tercapai permukaan lantai yang benar-benar solid dan rata.

Instalasi lantai parket di lantai yang tidak rata sesungguhnya bisa diakali dengan pemasangan karpet ataupun busa, namun hasil akhir instalasi lantai parket dikhawatirkan tidaklah sempurna.

Dari hal ini akan ada biaya persiapan instalasi lantai parket yang harus Anda antisipasi.

2. Menimbulkan Suara

Penggunaan lantai parket seringkali dibersamai dengan suara saat kaki menapaknya, sangat berbeda dengan lantai keramik yang pada umumnya tidak mengeluarkan suara sama sekali. Banyak orang yang cukup enggan  memakai lantai parket di dalam rumah atau tempat tinggal karena menimbulkan rasa kurang nyaman yang disebabkan oleh suara yang ditimbulkan. Solusinya, Anda dapat menimbang-nimbang untuk menggunakan lantai parket solid yang ditempel mati ke permukaan lantai yang pada umumnya tidak menimbulkan suara atau bunyi sama sekali.

3. Licin & Mudah Membuat Tergelincir

Beberapa lantai parket, khususnya yang berjenis laminate atau solid memiliki sifat yang cukup licin sehingga mudah membuat orang tergelincir saat menapak dan berjalan diatasnya, terutama disaat basah ataupun terciprat oleh air. Meskipun dipasaran memang ada beberapa variasi tekstur lantai parket yang dapat Anda pilih, lantai parket tidak disarankan untuk para Sahabat Renovasik yang akan mengajak orang tua atau manula yang cukup berumur untuk tinggal di rumah yang menggunakan lantai parket jenis ini. Ingat pula, untuk tidak menempatkannya juga di ruang dapur Anda, karena ruangan ini pun rentan untuk basah.

4. Berpotensi Tergores

Lantai parket pun memiliki beberapa potensi bermasalah, misalnya terjadinya goresan pada lantai. Lantai parket berjenis solid ataupun olahan dapat tergores oleh benda tajam atau tumpul, oleh furnitur besar yang bergeser karena hendak dipindah, ataupun karena penggunaan yang tidak hati- hati. Bila sudah tergores, duh, akan tidak mudah untuk menggantinya, karena penggantian lantai parket pada area tertentu tidak mudah untuk dilakukan karena harus membongkar seluruh bagian. Oleh sebab itu, hindarilah meggunakan sepatu yang memiliki hak tinggi, atau solusi lainnya, Anda dapat melapisinya dengan karpet untuk meminimalisir potensi kerusakan akibat goresan akibat benda-benda disekitarnya.

5. Berpotensi Mengalami Lapuk & Pudar Warna

Selain berpotensi mengalami masalah seperti dijelaskan di poin sebelumnya, lantai parket juga memiliki problema dikelembapan. Meskipun lebih kuat dan kokoh dibandingkan dengan lantai kayu pada umumnya, lantai parket tetap memiliki potensi untuk lapuk jika sering terkena air ataupun dipasang pada suhu ruangan yang lembap. Anda dapat menghindari potensi kerusakan ini dengan satu cara sederhana, yaitu dengan selalu menjaga tingkat kelembapan ruangan.

Ingat pula, ada potensi kemungkinan akan pudarnya warna lantai parket saat diletakkan tepat dengan masuknya sinar cahaya matahari. Bukan jadi tidak mungkin jika warna lantai parket akan menjadi pudar ataupun berubah warnanya. Solusi untuk mencegah kerusakan warna ataupun pemudaran lantai parket, Anda dapat mengupayakan untuk menata furnitur dengan tepat dan strategis atau dengan menggunakan tirai untuk mengurangi dampak sinar cahaya matahari terhadap lantai parket di rumah Anda.

Setelah Anda mengtahui kelebihan dan kekurangan lantai parket, apa Anda tertarik untuk segera mengaplikasikannya di rumah Anda? Semua keputusan ada dalam genggaman tangan Anda.

Kontak Kami