Antara Renovasi, Bangun Atau Beli Rumah Baru, Mana Yang Anda Pilih?



Memiliki banyak pilihan memang terkadang membuat bingung dalam menentukan sebuah tindakan, terlebih lagi apabila hal tersebut menyangkut tentang tempat tinggal. Salah satunya adalah pilihan yang tersemat dalam judul artikel Renovasik kali ini, Antara renovasi, bangun atau beli rumah baru, mana yang Anda pilih?” Apakah Sahabat Renovasik disini pernah mengalami dilema yang sama?

Memang benar, ketiga pilihan tersebut  dapat timbul saat rumah mungil yang sebelumnya nyaman untuk Anda tinggali  bersama istri dan anak-anak yang masih kecil, namun seiring berjalannya waktu, anak-anak Anda tumbuh dan bertambah besar, yang secara otomatis mereka membutuhkan ruang pribadi dan terpisah dari kakak ataupun adik mereka. Maka disaat itu pula Anda sebagai orang tua akan mulai terpikir bagaimana cara agar anak-anak Anda mendapatkan tambahan ruangan yang layak untuk mereka tempati.

Disini, disaat Anda berpikir tentang membangun rumah baru, otomatis Anda akan juga mulai mengimajinasikan bagaimana desain rumah serta seberapa luas tanah yang Anda butuhkan untuk membangun rumah baru tersebut.  Selain hal ini pun, Anda juga tidak akan terlepas dari mempertimbangkan tentang bagaimana lingkungan baru disekitarnya. Benar, dilokasi tempat yang belum pernah Anda kenali sebelumnya, Anda bisa mendapatkan tempat yang lebih baik dan menyenangkan, namun juga bisa mendapatkan sebaliknya. Terlepas dari semua hal itu, yang paling penting dan pasti untuk Anda perhitungkan dan pertimbangkan adalah biaya yang Anda butuhkan untuk membangun rumah yang baru.

Lalu bagaimana dengan merenovasi rumah, apakah Anda mempertimbangkan untuk melakukan renovasi rumah yang Anda tinggali saat ini, baik dengan merubah atau menambah ruangan yang Anda butuhkan? Banyak orang mengira bahwa pilihan untuk merenovasi rumah akan lebih menghemat biaya yang dikeluarkan, namun dalam beberapa kasus biaya renovasi rumah lebih sering diluar perkiraan bayangan para pemilik rumah. Terkadang pula, biaya renovasi tersebut dapat Anda gunakan untuk membeli ataupun membangun rumah baru yang jauh lebih besar meskipun ditempat yang lebih jauh dari pusat kota dan keramaian. Yah, masing-masing pilihan memang memiliki kelebihan dan keuntungan sendiri-sendiri.

Apakah Sahabat Renovasik tahu, banyak orang lebih memilih untuk merenovasi rumah, mereka melakukannya dengan cara merubah atau menambah ruangan yang mereka butuhkan. Dan inilah beberapa alasan mengapa banyak orang lebih memilih renovasi rumah apabila dibandingkan dengan membeli ataupun membangun rumah baru:

  • Investasi yang dikeluarkan lebih terjangkau apabila dibandingkan dengan membangun atau membeli rumah baru.
  • Melakukan renovasi rumah, seperti menambah jumlah ruangan dapat dilakukan secara bertahap.
  • Sudah merasa nyaman dengan lingkungan dimana tempat mereka tinggal.
  • Tidak perlu merasa repot untuk mencari sekolah baru untuk anak-anak mereka, seperti yang banyak dilakukan oleh orang tua ketika mereka pindah ke tempat yang baru
  • Tidak perlu jauh dari tempat kerja, atau bahkan pindah kerja karena saat pindah Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan keluarga dan tempat tinggal.
  • Tempat tinggal saat ini memiliki banyak kenangan manis dll.

Yess, investasi yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah memang lebih terjangkau apabila Anda bandingkan dengan membeli atau membangun rumah ditempat yang baru, namun alangkah lebih baiknya apabila sebelum Anda merenovasi rumah sebaiknya Anda memperhitungkan dan mempertimbangkan secara matang baik dari segi anggaran maupun waktu yang tepat untuk melakukan pekerjaan tersebut. Anda pun dapat mengkonsultasikannya bersama Renovasik. Kami dengan senang hati akan membantu Anda.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.