Panduan

8 Tips Praktis Untuk Membeli Rumah Pertama Anda - Sesuaikan Dengan Kebutuhan & Kemampuan Anda!



Apakah Anda tahu, banyak orang yang telah berkeluarga atau yang telah mencapai usia tertentu didalam kehidupan mereka, pastilah ada saat di mana mereka mendambakan untuk memiliki rumah mereka sendiri. Mungkin Anda juga pernah seperti mereka. Semua hal tersebut mereka lakukan untuk mendapatkan ruang yang lebih pribadi ataupun untuk mendapatkan ketenangan batin, bahkan ada yang melakukannya agar mereka dapat hidup lebih mandiri dan terlepas dari rumah orang tua.

Namun untuk memiliki rumah baru tidaklah mudah, banyak orang yang bingung bahkan melakukan kesalahan disaat mereka membeli rumah pertama mereka. Hmmm... Jangan sampai hal ini terjadi juga pada Sahabat Renovasik yaa, untuk itu, kali ini kita akan memberikan tips untuk membeli rumah baru yang bisa Anda jadikan sebagai pegangan awal, sebagai bahan pertimbangan sebelum Anda memutuskan membeli rumah pertama Anda. Tetap teruskan membaca yaaa...

Situasi & Kondisi Keuangan

Benar. Hal pertama yang harus Anda pahami dengan pasti adalah situasi dan kondisi keuangan disaat Anda memutuskan untuk membeli rumah baru. Hal keduanya, adalah rumah model apa yang bisa Anda dapatkan dengan kondisi keadaan finansial Anda tersebut. Tentu saja Anda harus menyesuaikannya.

Iya, mudah saja bagi banyak orang untuk membayangkan bisa membeli rumah yang besar yang memiliki 3 hingga 4 kamar, lengkap dengan halaman yang luas dan kolam renang pribadi, namun tentu saja Anda tidak akan dapat membeli dan memilikinya apabila gaji Anda saja tidak lebih tinggi dari UMK didaerah tempat Anda bekerja, untuk itu Anda dapat mempertimbangkan hal dibawah ini sebelum Anda memutuskan untuk membeli rumah pertama Anda:

  • Anda harus mempersiapkan uang muka untuk membeli rumah pertama Anda. Dan biasanya, uang muka bisa mencapai hingga 25% dari total harga rumah.
  • Pada umumnya, Anda harus menggunakan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) untuk pembayarannya. Angsuran KPR bisa terentang dari 5 hingga 20 tahun lamanya, tergantung dari berapa lama Anda akan mengambil kredit untuk rumah baru Anda.
  • Anda juga harus mempersiapkan untuk pembayaran lainnya, misalnya untuk pembelian furnitur, perbaikan rumah, alat kebersihan, tagihan listrik dan air, dan lain-lainnya.

Setelah memahami semua kebutuhan diatas, inilah saat yang tepat untuk kembali melihat pengeluaran Anda selama ini. Apabila Anda melihat atau merasa bahwa Anda terlalu boros dalam hal pengeluaran, segera stop dan rubahlah kebiasaan Anda tersebut. Tundalah impian Anda sementara dan mulailah menabung untuk rumah baru idaman Anda tersebut.

Tips Untuk Membeli Rumah

Selanjutnya, apabila pertimbangan Anda sudah matang, serta budget yang diperlukan sudah ada dan tersedia, kini Anda dapat mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

  • Cek dan ricek segala hal yang Anda dan keluarga perlukan, apakah Anda membutuhkan rumah yang dekat dengan jalan raya, transportasi publik, sekolah anak, atau tempat kerja? Temukanlah rumah idaman yang mendekati tujuan ideal Anda.
  • Temukanlah agen perumahan yang profesional dibidangnya, agar ia dapat membantu Anda mendapatkan lokasi rumah yang tepat sehingga Anda tidak perlu membuang-buang waktu dalam menemukan rumah terbaik untuk Anda dan keluarga.
  • Pertimbangkanlah hal tentang pembayaran. Apakah Anda akan mengambil rumah bersubsidi agar dapat meringankan pembiayaan atas rumah pertama Anda? Atau melakukan kompromi untuk lokasi rumah baru Anda? Pertimbangkanlah hal ini, semakin strategis lokasi akan membuat harga rumah semakin tinggi.

Selain hal-hal diatas, tips membeli rumah baru lain yang bisa Renovasik tambahkan adalah:

  • Datangilah rumah yang akan Anda beli tersebut sebelum Anda menyetujui dan menandatangani apa pun. Dengan demikian, Anda akan tahu tentang informasi bagaimana situasi  dan kondisi rumah serta lingkungan sekitarnya secara real dan detail.
  • Saat Anda memilih pengembang (developer), perhatikanlah track record dari pengembang (developer) tersebut, pastikan mereka adalah pengembang yang benar-benar bertanggung jawab dan akan memberikan serah terima rumah baru Anda dengan tepat waktu.

Demikian 8 tips praktis untuk membeli rumah pertama Anda. Namun, meskipun demikian, Anda tidak harus selalu membeli untuk memiliki rumah yang Anda dambakan, Anda dapat membangun atau merenovasi ulang rumah lama Anda. Kami menyadari tempat tinggal lama Anda terkadang membawa kenangan yang membahagiakan yang ingin selalu Anda kenang. Bila demikian, Anda telah berada di tempat yang tepat. Renovasiklah yang sedang Anda cari.

Kontak Kami