Panduan

7 Tips Cerdas Untuk Membuat Rumah Hunian Bebas Merdeka Dari Debu



Rumah hunian adalah tempat tinggal sekaligus ruang pribadi kita, tempat untuk rileks dan bersantai setelah seharian bekerja dikantor. Rumah juga menjadi satu-satunya tempat yang paling aman dan nyaman untuk kita tinggali. Oleh sebab itu, yuk mari kita jadikan rumah hunian senyaman mungkin. Termasuk bebas merdeka dari debu.

Yes, Renovasik juga menyadari bahwa debu adalah salah satu problema yang tidak pernah tidak ada pada rumah hunian. Meskipun telah dibersihkan berulangkali, debu akan selalu datang kembali. Namun, bukan berarti Anda akan membiarkannya begitu saja, bukan? Karena, semakin Anda membiarkan debu menumpuk, akan semakin Anda membiarkannya mengganggu kesehatan keluarga Anda.

Lalu bagaimana solusinya? Untuk mengusir debu, ada beberapa tips cerdas yang bisa Sahabat Renovasik aplikasikan pada rumah hunian. Apa saja hal tersebut? Inilah tujuh tips cerdas untuk membuat rumah hunian bebas merdeka dari debu.

Hindari Penggunaan Karpet Berlebihan

Karpet adalah gudangnya debu. Benar, meskipun Anda dapat membersihkannya setiap hari, Anda masih tetap perlu untuk mencucinya supaya dapat membersihkannya secara menyeluruh.

Apakah ini artinya, Anda tidak boleh memasang karpet dirumah Anda? Tentu tidak. Hanya saja, jangan menggunakan karpet secara berlebihan, dalam jumlah banyak misalnya. Karena Anda akan kerepotan nantinya. Alternatifnya, Anda dapat menggunakan lantai vinil agar ruangan bebas dari debu.

Tutuplah Jendela Pada Jam-Jam Sibuk

Apabila rumah hunian Anda menghadap ke arah jalan raya, maka sangat penting bagi Anda untuk menutup jendela, terutamanya pada jam-jam sibuk. Debu dari arah luar yang pada umumnya mengandung gas serta polutan yang berbahaya akan menimbukan resiko pada kesehatan Anda dan keluarga. Sebaliknya, Anda dapat membuka jendela pada saat pagi hari saat matahari terbit, atau pada malam hari untuk mendapatkan sirkulasi udara yang segar.

Membersihkan Filter AC Secara Teratur

Meskipun Anda telah yakin bahwa penggunaan Air Conditioner, atau yang sering kita sebut sebagai AC sangat bermanfaat karena menyaring udara bersih dan segar, mereka tetap tidak akan berfungsi dengan baik apabila Anda membiarkan penumpukan debu pada filternya. Oleh karena itu, pastikan Anda membersihkan filter AC secara teratur untuk memastikan agar Anda dan keluarga mendapatkan kualitas udara yang semakin baik.

Rutin Melakukan Bersih-Bersih

Pastikan Anda membersihkan barang-barang seperti bantal, gorden, karpet dan yang lainnya sebelum menyapu seluruh area ruangan, ini akan memastikan Anda telah mengumpulkan debu ditempat yang semestinya sebelum Anda menyingkirkannya. Terakhir, lakukan pengepelan pada area ruangan.

Singkirkan Barang-Barang Yang Sudah Tidak Digunakan

Apakah Anda menyimpan barang-barang yang sudah tidak digunakan, baik itu digudang, loteng atau tempat lainnya? Bila YA, segera singkirkan itu semua. Sampah atau barang yang sudah tidak berguna lagi akan mengundang dan menyimpan banyak debu seiring dengan waktu. Menyingkirkannya sesegera mungkin akan membuat Anda lebih jarang membersihkannnya, dan Anda akan memiliki lebih banyak waktu dengan keluarga.

Kurangi Penggunaan Furniture Mewah

Benar, penggunaan furnitur tekstil mewah seperti beludru, satin dan linen sangat mudah untuk menarik kedatangan debu. Solusinya sangat sederhana, cobalah untuk menggunakan furnitur dari kayu maupun kulit untuk menghindari penumpukan debu pada rumah hunian.

Tempatkan Alas Kaki Diluar Ruangan

Alas kaki, seperti sandal atau sepatu, seringkali adalah pembawa utama kotoran dan debu. Cobalah membatasi penggunaannya hanya untuk diluar rumah saja, caranya adalah dengan membuat rak terpisah di luar ruangan atau diluar rumah hunian. Selain itu, buatlah peraturan sederhana agar tamu yang datang berkunjung melepas alas kaki sebelum masuk kedalam ruangan.

Kontak Kami