Panduan

7 Tips Agar Ruang Kamar Tidur Di Rumah Minimalis Tak Membuat Jenuh & Bosan



Dari semua ruangan didalam rumah minimalis, ruang kamar tidur adalah salah satu yang membutuhkan perhatian yang istimewa. Karena apa? Karena ruang kamar tidur pada umumnya memancarkan sisi kepribadian dari sang pemiliknya. Inilah alasan penting kenapa ruangan yang satu ini haruslah menjadi tempat yang nyaman untuk beristirahat maupun melakukan hal lainnya.

"Saya pikir juga demikian, sebuah ruangan, terutama ruang kamar tidur memanglah harus menonjolkan kesan dan kepribadian dari sang pemilik." Indra Setiawan, CEO Renovasik pun turut menegaskan pendapat ini saat menerima pertanyaan yang sama.

Selain hal tersebut, desain ruang kamar di rumah minimalis juga cukup penting untuk Anda perhatikan agar tidak membuat jenuh dan bosan. Bagaimana caranya? Anda beruntung telah membaca artikel kali ini. Dan langsung saja, berikut adalah 7 tips sederhana agar ruang kamar tidur di rumah minimalis bisa menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

Yuk, mari kita mulai dari yang pertama…

1. Kombinasikan Dengan Furnitur Rotan

Rumah minimalis mungkin memiliki ukuran luas yang terbatas, namun bukan berarti Anda tidak dapat berkreasi untuk untuk menciptakan ruang kamar tidur yang menawan didalamnya.

Di tips yang pertama ini, Anda bisa mengkombinasikan beberapa benda untuk membuatnya tampil memikat, misalnya dengan menambah tumpukan bantal mewah, seprai rajutan dan furnitur dari rotan. Khusus untuk benda yang disebut terakhir ini, ia bisa membuat ruang kamar tidur di rumah minimalis menjadi lebih penuh warna dan nyaman.

2. Hias Dinding Dengan Wallpaper Atau Karya Seni

Janganlah memberikan dekorasi yang berlebihan untuk ruang kamar tidur di rumah minimalis. Benar, ruang kamar tidur tetap bisa didekorasi secara minimal, namun tetap memberikan hasil yang optimal.

Untuk menghias dinding kamar, Anda bisa menggunakan wallpaper dinding ataupun memajang karya seni seperti lukisan dll. Apabila Anda sudah menggunakan wallpaper dinding, alangkah baiknya jangan lagi ditambahkan dengan karya dan benda seni lainnya. Apa alasannya? Tentu saja agar wallpaper dinding bisa memancarkan keindahannya secara maksimal tanpa ditumpuk dengan hal-hal lainnya.

3. Warnai Kamar Dengan Cat Berwarna Teduh

Bila ruang kamar sudah terlihat rapi, ada lagi hal lainnya yang bisa Anda lakukan agar ruangan menjadi semakin menarik. Apa itu? Anda bisa mengganti cat ruang kamar dengan warna biru atau hijau muda yang akan membuat suasana menjadi semakin teduh dan meditatif.

Kombinasikan dengan tempat tidur berwarna hitam sehingga kamar menjadi tampil lebih memikat. Warna-warna ini akan membuat siapa saja yang menggunakan ruangan kamar menjadi lebih tenang dan damai, namun sekaligus tetap memberi kesan dinamis.

4. Pajang Lampu Baca Hias

Kadangkala, ada orang yang kurang peduli dengan pengaturan meja pada ruang kamar tidur karena mereka jarang berada di ruangan tersebut. Apakah Anda adalah salah satunya? Jika ya, cobalah Anda memajang lampu baca hias di atas meja di ruang kamar tidur Anda.

Selain menjadikan ruangan tampil menawan, lampu baca akan memudahkan Anda saat ingin membaca buku favorit sebelum Anda tidur dan terlelap.

5. Ekspresikan, Padu Padankan Ruang Kamar

Mungkin sebelumnya Anda belum pernah memadu padankan warna ruang kamar di rumah milik Anda. Namun, supaya ruang kamar tak membuat jenuh dan bosan, Anda perlu mencoba untuk memadupadankan ruang kamar dengan warna yang serasi atau selaras.

Misalnya, untuk ruang kamar bernuansa putih, Anda bisa memajang lampu berwarna hitam yang memancarkan cahaya putih yang cerah, seprai putih dengan selimut abu-abu dan menambah cermin besar berbingkai kayu putih di sudut ruangan.

6. Penataan Dekorasi Simetris

Penataan dekorasi ruang kamar yang simetris dan rapi pasti akan membuat ruangan terlihat enak dipandang oleh mata. Tentu saja hal ini akan membuat Anda semakin betah untuk berlama-lama beraktivitas di dalam kamar.

Anda bisa mengisi ruang kamar tidur dengan furniture hingga lampu yang simetris. Contohnya seperti dua lampu gantung yang sejajar, maupun sepasang lukisan di sudut dinding belakang tempat tidur Anda.

7. Tambahkan Aksen Kayu, Sang Penambah Kehangatan

Bila Anda berniat merasakan bagaimana nyamanya tidur layaknya rumah ditepi pantai, Anda bisa menambahkan elemen kayu beraksen sebagai bahan dipan tempat tidur Anda. Selain itu, penambahan meja dan kursi kayu pada ruang kamar pun bisa semakin menambah nuansa hangat pada ruangan.

Agar semakin selaras, Anda juga bisa memasang lampu dan perabot bernuansa coklat muda. Dan hei, kini kamar Anda akan semakin nyaman. Sip.

Kontak Kami