Panduan

7 Karakter Ideal Kursi Kantor Yang Bisa Bikin Produktivitas Semakin Melesat



Berapa lama dalam sehari yang dihabiskan oleh pekerja kantoran untuk bekerja?
Apakah 8 jam, 9 jam atau malah lebih? Dan pastinya Anda juga sudah menyadari bukan, bahwa sebagian besar waktunya digunakan untuk duduk dan menyelesaikan pekerjaan. Ternyata cukup lama juga, dan bagi yang belum terbiasa, pasti bakal bikin badan terasa penat dan pegal-pegal, parahnya, bisa bikin karyawan pulang sambil sakit pinggang. Dan bila sudah seperti ini, produktivitas harian kantor pun bisa menurun dan berdampak pada bisnis, duh, membayangkannya saja jadi ikutan nyeri...

Jika kantor ini milik Anda, apa yang akan Anda lakukan?
Tentu saja Anda ingin agar semua karyawan dapat bekerja dengan efektif, bukan?
Inilah alasan terbesar kenapa Anda harus memutuskan untuk menggunakan kursi kantor yang tepat agar produktivitas mereka semakin melesat. 

Dan untuk menjawab kebutuhan ini, banyak produsen yang meluncurkan produk furnitur berupa kursi kantor, tentu saja dengan beragam fiturnya yang menarik hati. Nah, sebelum Anda tergoda untuk memiliki kursi kantor dengan berbagai fitur canggih tersebut, ada baiknya Anda pelajari dulu apa karakter ideal kursi kantor yang tepat untuk kantor Anda.

Jadi, apa saja karakter ideal kursi kantor yang bisa bikin produktivitas semakin melesat? Menurut Renovasik, ada 7 hal yang bisa dipertimbangkan.

1. Mudah Dalam Mengatur Tinggi Rendah Dudukan

Untuk bisa duduk dengan nyaman, pada umumnya orang duduk dengan posisi bagian paha yang sejajar secara horizontal dengan permukaan lantai, untuk itu, Anda memerlukan kursi kantor yang dapat mengatur tinggi rendah dudukan, misalnya Anda bisa memilih kursi yang memiliki tuas dibawah dudukan.

2. Memiliki Sandaran Yang Fleksibel

Sandaran kursi kantor yang flesibel mampu mendukung postur yang dibutuhkan tubuh karyawan saat mereka bekerja. Sandaran harus mudah untuk digerakkan kearah depan dan belakang, terutama untuk jenis kursi yang memiliki sandaran yang tersambung dengan dudukan. Ingat, pilihlah kursi yang juga memiliki pengunci agar sandaran tidak mudah untuk jatuh kebelakang.

3. Memiliki Bentuk Sandaran Yang Melengkung

Sandaran dengan bentuk yang melengkung dapat menjadi tumpuan yang baik bagi punggung karyawan. Hal ini akan membuat mereka yang duduk disana merasa lebih nyaman, karena apa? Karena bisa menjaga kondisi badan tetap tegap meskipun sudah seharian bekerja. 

4. Ukuran Dimensi Yang Sesuai

Kursi kantor haruslah cukup leluasa untuk membuat karyawan merasa betah dan nyaman dalam bekerja. Untuk mereka yang memiliki tubuh tinggi, alangkah baiknya bila Anda mencari kursi dengan dudukan yang memiliki kedalaman yang lebih lebar dari ukuran standarnya, idealnya, pengguna kursi dapat duduk bersandar dengan lutut berjarak antara 5 - 10 cm dengan dudukan.

5. Memiliki Lengan

Kursi berlengan membantu mengurangi tumpuan berat badan terhadap pundak dan leher. Tidak hanya itu, sekarang Anda pun dapat memilih kursi yang dapat mengatur tinggi rendah lengan agar karyawan tetap merasa nyaman meletakkan tangan tanpa menyebabkan punggung mereka membungkuk.

6. Memiliki Bantalan Kursi Yang Fleksibel

Karena tujuan kursi untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama, cukup penting bagi Anda untuk memilih kursi yang memiliki bantalan yang fleksibel, tidak terlalu lembut, namun juga tidak terlalu keras, hal ini disebabkan karena banyak orang tidak dapat duduk dalam jangka waktu lama di permukaan yang terlalu keras, dan begitu juga sebaliknya.

7. Memiliki Roda Di Kaki

Kemampuan kursi untuk bergerak secara luwes dapat meningkatkan level efisiensi dari ruang gerak karyawan. Kursi yang dilengkapi dengan roda di kakinya dapat membantu pergerakan mereka, namun ingat, berhati-hatilah dalam memilih jenis rodanya, salah-salah justru dapat merusak lantai kantor Anda.

Kontak Kami