7 Gagasan Brillian Mendesain Balkon Menjadi Ruang Santai Yang Cantik dan Menawan



Memiliki ruang balkon yang menganggur? Pandemi Covid-19 seperti yang terjadi disaat ini, membuat banyak orang memindahkan aktivitas luarnya menjadi didalam rumah, baik bekerja maupun sekolah. Karena hal inilah, area terbuka seperti ruang balkon menjadi semakin banyak diincar sebagai salah satu tempat favorit untuk bersantai setelah beraktivitas disepanjang hari.

Ruang balkon memberikan akses sirkulasi udara yang segar serta pandangan mata yang jauh lebih luas. Nah, untuk membuatnya tampil cantik dan menawan, yuk kita simak gagasan Renovasik untuk mendesain ruang balkon agar menjadi ruang santai yang indah…

Namun sebelumnya, Renovasik ingin menginformasikan tentang program baru kami, yaitu program angsuran menggunakan kartu kredit. Jadi Yes, mulai sekarang, Anda dapat merenovasi atau membangun rumah serta kantor Anda hanya dengan menggesekkan kartu kredit yang Anda miliki. Asyik kan…. Pastinya. Info lebih lanjut, hubungi Renovasik yahhh…

Kembali ke tema artikel, apa saja gagasan brillian mendesain balkon menjadi ruang santai yang cantik dan menawan? Yuk, kita mulai dari gagasan yang pertama…

Tempatkan Meja Kopi Bulat & Kursi Mungil

Sebenarnya, untuk mendesain ruang balkon menjadi tempat bersantai yang cantik hanya dibutuhkan seperangkat furnitur, contohnya meja kopi dan kursi. Pemilihan desain meja dan kursi pun pastinya akan mempengaruhi tampilan ruang dari balkon. Anda dapat memilih sebuah meja kopi berbentuk bulat berwarna hitam atau putih dengan kaki meja yang berjumlah tiga kaki.

Model meja kopi seperti ini saja sudah akan menjadikan ruangan menjadi sangat manis dan memikat. Anda pun dapat menambahkan dekorasi pot-pot tanaman di sekitar meja kopi. Namun ingat, tempatkan dekorasi yang tidak menutupi pandangan mata, terutama untuk meja kopi dan kursi. Dengan cara sederhana ini, ruang balkon pun sudah siap Anda gunakan sebagai tempat bersantai bersama keluarga.

Pasang Tirai & Taplak Anyam Untuk Meja Kopi

Menambahkan tirai pada ruang balkon tidak hanya membantu untuk meredam datangnya sinar matahari yang menyilaukan. Lebih dari itu, tirai akan membuat ruang balkon menjadi terlihat semakin lebih cantik. Tirai juga akan membantu menjaga privasi penghuni bila Anda tidak menginginkan orang lain melihat aktivitas Anda disana.

Selain tirai, Anda bisa menambahkan taplak anyam berbentuk bundar dari bahan rumput laut yang alami dan indah sebagai alas meja kopi. Sentuhan sentimental seperti ini akan mengubah wajah ruang balkon menjadi ruang yang cantik dan cocok untuk menjadi tempat santai yang menyenangkan.

Tambahkan Tanaman Hias Favorit

Geser sebagian tanaman hias favorit Anda kesalah satu sisi balkon. Tatalah tanaman hias secara rapi dan tempatkan pada rak-rak berukuran rendah. Selain mengubah suasana balkon menjadi lebih hidup, keberadaan tanaman hias akan membuat mata menjadi semakin Segar.

Sebaliknya, meja dan kursi dapat ditata pada sisi balkon lainnya. Gagasan ini akan menjadikan ruang balkon sebagai tempat santai untuk menikmati keindahan dari tanaman-tanaman hias favorit Anda.

Koneksikan Dengan Ruang Keluarga

Sungguh hoki jika Anda mempunyai ruang keluarga yang berdekatan dengan balkon. Bila Anda memiliki ruang balkon tepat di depan ruang keluarga, Anda dapat menggunakan material kaca bening sebagai pembatas ruang, dengan demikian balkon akan menjadi layaknya bagian dari ruang keluarga.

Khusus untuk posisi balkon seperti ini, Anda dapat menambahkan taman hijau pada ruangan. Yes, Anda dapat menambahkan aneka jenis tanaman hijau termasuk rerumputan. Tatalah ruangan seperti saat Anda menata sebuah taman mungil. Dengan desain balkon seperti ini, Anda akan mendapatkan ruang balkon dan keluarga bersuasana alami.

Sesuaikan Ukuran Furnitur Dengan Ruangan

Tidak ada masalah jika Anda hanya memiliki ruang balkon berukuran mungil. Meski kecil, ruang balkon tetap bisa Anda ubah menjadi tempat santai yang menyenangkan.

Tambahkan furnitur yang sesuai dengan ukuran balkon. Contohnya saja, dengan menempatkan kursi rotan mungil yang serasi dengan ruang balkon bernuansa kayu. Anda tidak perlu memaksakan untuk menambah meja bila memang tidak memungkinkan.

Lengkapi ruang balkon dengan sebuah pot berisi tanaman hijau sebagai pelengkap dekorasinya. Dengan cara ini, balkon mungil pun tetap memiliki ruang kosong yang membuatnya terlihat cute dan manis.

Jadikan Tanaman Sebagai Focal Point

Mendesain ruang balkon yang terbilang luas memang cukup memberikan tantangan. Nah, jika Anda adalah seorang penyuka tanaman, tanaman bisa Anda jadikan sebagai focal point.

Pilih jenis tanaman yang berukuran besar, contohnya saja tanaman kaktus hijau yang dikombinasikan dengan bunga bugenvil berwarna merah muda yang rimbun. Kemudian, lengkapi dekorasi ruang balkon dengan beberapa pot kecil tanaman hias dan furnitur agar suasana balkon menjadi semakin semarak.

Ciptakan Ruang Balkon Bergaya Pedesaan / Country Style

Suka dengan gaya pedesaan atau country style? Tidak ada salahnya untuk menerapkan gagasan dekorasi balkon dengan sentuhan desain dari negara barat ini. Mulailah dengan memilih kursi dan meja bergaya vintage, lalu tambahkan dengan aksesoris seperti bantal dan cushion kursi dengan pola-pola bunga yang menjadi salah satu karakter khas dari country style.

Untuk kesan natural yang kuat, ingatlah untuk meletakkan beberapa pot tanaman diruang balkon. Country style ini pada umumnya dapat Anda lihat pada rumah-rumah di pedesaan di Amerika Serikat, namun saat Anda mengaplikasikannya pada ruang balkon, akan menjadikan ruangan menjadi super menawan.
 

Nah, apakah beberapa gagasan mendesain balkon diatas ada yang sudah menginspirasi otak Anda? Yuk, sulap ruang balkon menjadi tempat bersantai yang cantik dan menawan.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.