Panduan

7 Cara Memadupadankan Kabinet Hitam Untuk Menampilkan Ruang Dapur Yang Cantik dan Menarik



Tahun 2020, beberapa bulan lagi akan segera berakhir. Namun Renovasik memprediksi, desain ruang dapur yang memanfaatkan kabinet berwarna hitam, yang menjadi tren dan banyak diminati oleh banyak orang ditahun ini, masih tetap akan mendominasi beberapa tahun kedepan.

Hitam, kenapa hitam?
Apa alasannya?

Alasannya cukup sederhana, yang pertama, karena warna hitam terlihat bernyali, begitu gagah, kontras dan dramatis mendukung suasana ruangan. Yang kedua, warna hitam termasuk warna abadi yang tidak pernah lekang oleh jaman. Inilah alasan kenapa banyak orang yang memfavoritkan kabinet berwarna hitam mengkilap untuk ruang dapur mereka.

Apakah kabinet hitam cocok untuk berbagai gaya ruang dapur? Tentu saja. Anda dapat mengaplikasikannya untuk ruang dapur bergaya modern, dove, kontemporer maupun ruang dapur bergaya mid-century modern yang didominasi oleh material kayu.

Kelebihan lainnya, tentu saja karena kabinet hitam kerapkali tidak mudah kotor, sehingga Anda akan sangat mudah untuk merawat dan membersihkannya.

Hmmm… Asyik juga yaaah... Nah, apakah Anda sudah penasaran tentang bagaimana cara untuk memadupadankan kabinet hitam untuk menampilkan ruang dapur yang cantik dan menarik? Jika ya, yuk cusssss…. Langsung saja, baca 7 cara yang mungkin dapat mengilhami otak Anda untuk segera melakukan action sekarang juga.

Cara Pertama: Tampilkan Sentuhan Bergaya Retro

Anda bisa memulainya dengan menciptakan pola subway tile pada keramik dinding dapur dan memadupadankannya dengan kabinet hitam yang Anda miliki. Penambahan subway tile, countertop berwarna putih dan lantai kayu berwarna cokelat tua akan semakin menambah sentuhan gaya retro yang dinamis pada ruang dapur Anda.

Namun sebelumnya, pastikan terlebih dahulu bahwa warna hitam kabinet Anda adalah warna hitam lembut yang cocok untuk dipadupadankan secara manis dengan warna lantai. Nah, sekarang Anda sudah memiliki ruang dapur yang terlihat dan terasa lembut dan nyaman

Cara Kedua: Tampilkan Kombinasi 2 Warna, Hitam dan Krem

Kabinet berwarna hitam lembut yang telah dipernis, yang dikombinasikan dengan ruang dapur seperti ini pastilah cocok untuk Anda yang menginginkan perpaduan antara gelap dan terang, perpaduan antara kelembutan dan ketegasan pada ruang dapur.

Cara melakukannya pun cukup sederhana, Anda bisa langsung mengaplikasikan warna krem lembut pada bagian dinding maupun countertop. Kombinasi keduanya akan semakin tampil mempesona dengan sentuhan aksen silver pada perabotan pelengkap, contohnya seperti keran, gantungan alat masak, kitchen hood maupun penghisap asap di atas kompor.

Cara Ketiga: Tampilkan Hitam Sebagai Warna Utama

Ilham ruang dapur selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan warna hitam sebagai warna background utama ruang dapur. Mulai dari lemari, cabinet hingga meja island, benar semuanya serba hitam.

Untuk lebih mempercantik ruangan, Anda bisa menggunakan backsplash dapur bermaterial batu alam bertekstur warna abu-abu gelap. Hal ini akan memberikan kesan indah pada ruangan yang didominasi oleh warna hitam.

Cara Keempat: Tampilkan Kombinasi Hitam & Warna Kayu yang Hangat

Ruang dapur bergaya modern akan terasa lebih hangat dengan kombinasi warna hitam dan warna kayu yang alami.

Belum terbayang?

Coba bayangkan hal ini, saat Anda masuk ke ruang dapur Anda, perhatian Anda akan tertuju pada keutuhan dari berbagai aspek, dimulai dari kabinet hitam yang mendominasi ruang dapur, langit-langit putih dengan desain yang bertingkat, lampu trek hitam di atas meja makan sampai detail kayu yang menawan.

Sudah terbayang? Yesss, sekarang, ruang dapur dapat Anda sulap menjadi tempat yang nyaman untuk berkumpul dan bercanda bersama keluarga.

Cara Kelima: Tampilkan Variasi Finishing Yang Unik dan Menarik

Apakah Anda tahu, hal-hal kecil pun bisa memberikan tampilan yang unik pada ruang dapur. Salah satunya adalah dalam hal finishing.

Jenis finishing yang unik pada kabinet hitam akan memberikan tampilan yang unik pula. Contohnya, finishing black matte akan memberikan tampilan yang memikat, namun lebih lembut dibandingkan dengan menerapkan finishing glossy yang terlihat mengkilap. Anda pun bisa menambahkan kesan cantik dengan menghadirkan warna hitam yang mengkilap pada material kursi bar untuk mendapatkan sentuhan yang lebih elegan.

Cara Keenam: Tampilkan Kesederhanaan Dalam Kekinian

Tampilan ruang dapur tetap dapat terlihat sederhana dalam kekinian.

Apa contohnya? Contohnya dengan menggunakan kabinet hitam dengan countertop bermaterial kayu di latar dinding berwarna putih. Hal ini akan membuat kabinet terlihat menonjol diantara benda lainnya. O ya, Anda pun dapat menambahkan rak dengan model untuk membuatnya terlihat lebih simpel dan menawan.

Tambahan lainnya, kombinasi antara karpet berwarna merah, warna emas pada knop kabinet, beberapa tanaman hijau serta pencahayaan alami yang masuk lewat jendela akan membuat ruangan menjadi semakin lebih hidup.

Cara Ketujuh: Tampilkan Sentuhan Emas Yang Mewah

Ruang dapur Anda akan terlihat lebih mewah bila Anda dapat mengkombinasikan warna hitam kabinet dengan warna emas sebagai aksennya secara tepat.

Bagaimana cara pengaplikasiannya? Anda cukup menghadirkan nuansa emas pada perabotan ruang dapur, contohnya, pada gagang lemari kabinet ataupun lampu gantung besar di atas meja. Hal ini telah terbukti membangun karakter yang unik dan kuat secara berulangkali pada ruang dapur.

Kunci untuk mewujudkannya cuma satu, jadikan countertop dan dinding berwarna putih menjadi kanvas untuk memamerkan kemewahan dari kombinasi kedua warna yang kontras tersebut.

Siapa Sahabat Renovasik disini yang memiliki kabinet hitam dirumah? Yuk kita berkreasi.

Kontak Kami