7 Cara Kreatif Mendesain Ruang Dapur Serba Putih Yang Bisa Buat Keluarga Senang Beraktifitas Disana



Memang, warna putih adalah salah satu warna favorit yang sering digunakan untuk ruang dapur. Karakteristiknya membuat ruang dapur terlihat lebih modern, bersih, rapi dan terang. Namun apakah Sahabat disini tahu, ruang dapur serba putih acapkali dianggap sering membuat jenuh dan bosan? Apakah pendapat ini salah? Tentu saja tidak sepenuhnya salah. Apabila Anda tidak memiliki kecerdasan untuk mengakalinya, ruang dapur yang didominasi warna putih memang akan mudah mengundang rasa jenuh. Dan tentu saja membosankan.

Lalu bagaimana cara untuk membuat ruang dapur serba putih bisa tampil lebih memikat? Tentu saja ada caranya. Tentu saja ada cara spesial untuk menyulap ruang dapur serba putih agar terlihat menjadi ruangan yang super cantik.

Tenang saja. Berikut ini Renovasik telah rangkum tujuh cara kreatif mendesain ruang dapur serba putih yang bisa buat keluarga semakin senang beraktifitas disana.

1. Pasang Lampu Gantung Sebagai Pengubah Suasana

Memasang lampu gantung bisa menjadi cara cerdas pertama untuk mengubah suasana pada ruang dapur dirumah hunian. Apabila Anda memang berniat membuat ruang dapur serba putih menjadi tampil lebih elegan, Anda dapat memilih lampu gantung bernuansa silver ataupun stainless steel.

Mau lebih berani dalam menghidupkan suasana ruang dapur? Anda dapat melakukan hal berbeda seperti memilih lampu gantung yang bernuansa merah tua. Dua, tiga atau empat lampu gantung yang Anda pasang sudah dapat mengganti suasana ruang dapur serba putih yang menjemukan menjadi lebih elegan dan penuh energi.

2. Pilihlah Lantai Bermotif Kontras

Tidak ada yang salah dengan lemari dapur dan dinding yang berwarna serba putih. Dominasi dari warna terang ini justru akan menciptakan suasana ruang dapur yang terlihat lebih cerah dan luas.

Apakah Anda mau memberikan sentuhan karakter yang khas supaya dapur menjadi tampil lebih menawan? Pilihlah lantai bermotif kontras untuk lantai ruang dapur, misalnya seperti lantai bermotif batik, kayu maupun bebatuan. Motif lantai kontras ini akan menjadi sebuah magnet yang akan membuat suasana ruang dapur dirumah hunian Anda lebih hidup.

3. Pasang Dinding Berpola Keramik Subway Tiles

Ruang dapur serba putih dapat divariasikan dengan menggunakan dinding berpola keramik subway atau subway tiles. Pola ini merupakan pola klasik yang seringkali digunakan pada area subway di Kota New York pada tahun 90-an.

Pada saat ini, pola keramik subway sudah banyak digunakan kembali dan populer dalam gaya Skandinavian ataupun gaya modern klasik. Nah, sentuhan pola subway di ruang dapur serba putih akan menciptakan suasana ruang dapur yang lebih elegan dan klasikal.

4. Kombinasikan Ruang Dapur Dengan Rak Terbuka

Untuk tempat penyimpanan perlengkapan, Anda tidak harus menggunakan lemari bermodel tertutup. Benar, disini Anda bisa mengkombinasikan ruang dapur serba putih dengan rak-rak yang berkarakter terbuka.

Rak-rak seperti ini akan memperlihatkan dan memamerkan aneka benda-benda dapur yang Anda miliki diruang dapur Anda. Keunikan bentuk dan warna dari peralatan dapur yang diletakkan pada rak-rak terbuka tersebut bisa menjadi hiasan dan dekorasi yang cantik.

5. Pasang Skylight Sebagai Pengganti Jendela Dapur

Jendela memang memberikan akses cahaya alami pada ruangan, terutama pada ruang dapur. Untuk ruang dapur serba putih, jendela berukuran besar memberikan kelebihan istimewa. Tidak hanya menjadikannya semakin terang, namun juga membuat ruang dapur terlihat lebih luas. Lalu, bagaimana solusinya apabila ruang dapur dirumah hunian Anda tidak memiliki jendela?

Keterbatasan properti memang seringkali membuat ruang dapur menjadi tidak memiliki jendela pribadi sendiri. Namun tenang, semua tetap ada solusinya. Anda bisa menggunakan skylight. Apa itu skylight? Skylight adalah kaca atap yang mampu menyalurkan cahaya alami matahari. Pilihannya pun cukup bervariasi, Anda bisa menentukan apakah mau yang berukuran besar atau berukuran kecil, atau Anda dapat memilih skylight yang bisa dibuka atau permanen. Apapun pilihan terbaik Anda, dengan menggunakan skylight, ruang dapur serba putih tetap dapat mendapatkan akses pancaran cahaya alami dari matahari.

6. Letakkan Tanaman Hijau Pada Ruang Dapur

Dekorasi berikutnya yang cocok dan sesuai untuk ruang dapur serba putih adalah dekorasi bernuansa hijau, alias dekorasi dengan menempatkan tanaman hijau pada ruangan.

Tanaman hijau yang kontras dengan warna putih akan menjadi dekorasi yang menonjol dan membuat fresh suasana ruang dapur. Caranya pun cukup mudah, Anda bisa menambahkan pot-pot tanaman hijau di berbagai sudut ruangan, mulai dari yang berukuran kecil hingga yang berukuran besar.

Anda pun dapat menghadirkan beragam tanaman indoor, mulai dari tanaman hias berbunga, hingga tanaman menjalar. Dengan demikian, ruang dapur di rumah hunian Anda akan tampil lebih cantik sekaligus segar.

7. Berikan Sentuhan Warna Kontras Untuk Menghidupkan Suasana

Sebenarnya, tidak sulit lho untuk menghidupkan suasana ruang dapur serba putih. Benar, Anda tidak perlu melakukan renovasi secara besar-besaran, Anda cukup memberikan sentuhan warna kontras pada satu atau dua titik pada ruang dapur.

Bagaimana contohnya? Misalnya dengan menambah warna orange atau merah pada kusen pintu, meletakkan dekorasi berwarna cerah pada meja dapur, atau memilih perangkat dapur yang berwarna kontras. Sebidang saja warna kontras yang Anda tempatkan pada ruang dapur akan terlihat menonjol di tengah-tengah dominasi warna putih.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.