7 Cara Jitu Membuat Ruang Dapur dan Kamar Mandi Tampil Lebih Berkilau



Rumah hunian yang sehat memang menjadi dambaan dan tujuan dari banyak orang. Dan untuk mencapai tujuan tersebut, mereka perlu melakukan kegiatan bersih-bersih rumah secara rutin setiap waktunya. Termasuk salah satunya membersihkan ruang dapur dan kamar mandi.

Pada ruang dapur contohnya, Anda harus lebih memperhatikan area bak cuci piring, karena apa? Karena area ini mempunyai tingkat konsentrasi dan mikroorganisme tertinggi kedua di dalam sebuah rumah, sehingga sangat disarankan untuk selalu membersihkannya setiap hari dengan cairan disinfektan dan lap basah, dengan cara perawatan yang standard dan sesuai.

Namun, apakah Sahabat disini tahu, sekadar menyeka permukaan dengan lap tidaklah cukup? Karena itu ada beberapa kiat yang layak Anda ketahui agar ruang dapur dan kamar mandi tetap tampil berkilau, rapi dan bersih.

Jadi, kiat-kiat apa sajakah itu? Yuk simak rangkaian cara jitu ala Renovasik untuk membuat ruang dapur dan kamar mandi agar tampil lebih berkilau.

Tips Perawatan

Faktor higienis, atau bersih dari kuman memang seringkali dikaitkan secara erat dengan area ruang dapur dan kamar mandi. Apa alasannya? Sederhana saja, karena pada ruangan-ruangan ini terdapat aktivitas untuk bersantap serta membersihkan diri. Oleh karena itu, ada beberapa cara pembersihan yang layak untuk Anda cermati dan ikuti untuk memberikan perlindungan maksimal pada kedua area ruang tersebut.

1. Bersihkan Permukaan Countertop Dengan Kain Yang Lembab

Countertop pada ruang dapur yang menggunakan engineered surface, cenderung minim akan pori-pori, karena pada saat ini, Sintered Particle Technology telah diaplikasikan dibanyak rumah hunian. Oleh karena itu, Anda cukup menggunakan kain lembab saat menyeka permukaan countertop karena material seperti ini tidak menyerap cairan yang tumpah di atas permukaannya.

2. Atasi Noda Pada Countertop Dengan Cairan Pembersih 

Saat berurusan dengan noda bekas makanan, sirup, atau minyak, Anda cukup menyemprotkan cairan pembersih noda pada permukaan meja dapur. Diamkan saja selama 2 menit, lalu lap hingga bersih dengan sponge berserat lembut. Setelah itu, seka sisa cairan pembersih tersebut dengan kain yang lembab lalu biarkan permukaan kering dengan sendirinya.

3. Maksimalkan Dengan Cairan Pembersih Kerak

Cara kedua sebelumnya dapat Anda aplikasikan kembali saat membersihkan kerak putih yang seringkali muncul pada ruang kamar mandi. Namun bedanya, kali ini, gantilah cairan pembersih noda tersebut dengan cairan pembersih kerak.

4. Gunakan Sabun Dengan pH Netral dan Air

Untuk menjaga finishing pada engineered surface tetap berkilau, gunakan sabun dengan pH netral. Apa alasannya? Agar Anda tidak melakukan kontak langsung dengan permukaan dengan tingkat keasaman yang tinggi. Dan, dengan cara sederhana ini, Anda akan mampu meminimalisir upaya untuk membersihkan ruang dapur dan kamar mandi. Kegiatan membersihkan menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

 

3 Hal Penting Yang Harus Anda Hindari

Setelah Anda memahami bagaimana cara perawatan ruang dapur dan kamar mandi yang telah Renovasik tulis sebelumnya, ketahuilah pula beberapa hal yang berkaitan dengan hal-hal yang harus Anda hindari agar Anda dapat menggunakan perlengkapan dapur ini dalam jangka waktu yang lama.

1. Hindari Kontak Langsung Countertop Dengan Api

Peralatan masak seperti panci, wajan dan lainnya dapat Anda letakkan di atas engineered surface setelah digunakan. Tetapi, sebelum meletakkannya, berhati-hatilah agar benda-benda tersebut tidak terpapar secara langsung dengan radiasi bersuhu tinggi, misalnya, seperti pada alat pemanggang barbeque.

2. Hati-Hati Saat Menggunakan Alat di Countertop

Disini, Renovasik tidak menyarankan untuk memotong bahan makanan secara langsung di atas permukaan countertop, apalagi dengan menggunakan pisau keramik. Apa alasannya? Karena pisau jenis ini memiliki tingkat kekerasan yang serupa. Anda tidak mau kan permukaan countertop diruang dapur menjadi rusak?

3. Jauhi Peralatan Berpermukaan Kasar Untuk Mengelap Countertop

Sponge, kebanyakan terbuat dari bahan material metal, jadi alangkah baiknya, tidak digunakan saat Anda mengelap permukaan dapur. Apa pasal? Karena adanya polymer resins serta pigments, permukaan countertop memiliki kilau secara alami. Sehingga, alat pembersih yang terbuat dari bahan material metal justru akan dikhawatirkan merusak finishing alami dari countertop


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.