6 Tips Praktis Sebelum Mengecat & Memperbarui Warna Dinding Rumah Hunian



Apa Sahabat tahu, mengecat dan memperbarui warna dinding adalah salah satu cara dalam proses renovasi rumah hunian? Hal ini tentunya dilakukan untuk memberikan perubahan suasana pada ruangan atau rumah secara keseluruhan. Dan mengecat dinding ruangan pasti sangat erat kaitannya dengan apa warna cat yang akan Anda gunakan, betul kan? Alasannya, karena setiap warna pastinya akan memberikan kesan dan aksen yang berbeda satu sama lain.

Untuk urusan mengecat dinding, Anda tidak harus meminta bantuan dari para tukang. Anda dapat melakukannya sendiri. Tetapi, sebelum Anda melakukannya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar proses pengecatan ulang berjalan dengan lancar.

Apa saja hal-hal tersebut? Tidak perlu berlama-lama. Inilah 6 tips praktis sebelum mengecat dan memperbarui warna dinding rumah hunian ala Renovasik yang bisa Anda aplikasikan pada awal tahun baru ini.

1. Menentukan & Memilih Waktu Yang Tepat

Sekilas, kegiatan mengecat dan memperbarui warna dinding terlihat sebagai hal yang sederhana. Siapapun bisa melakukannya sendiri atau secara mandiri. Namun faktanya, mengecat dinding rumah membutuhkan usaha, tenaga dan waktu. Pada umumnya, banyak orang memilih untuk mengecat dinding rumah pada saat musim panas. Apa alasannya? Karena pada musim ini, cuaca sangat membantu supaya cat menjadi lebih cepat kering.

Berikutnya, lakukan proses mengecat dinding rumah pada saat Anda memiliki cukup waktu luang, karena sudah dapat dipastikan, proses pengecatan akan membutuhkan waktu yang panjang, bisa sehari penuh atau bahkan lebih lama.  

2. Persiapkan Dinding Ruang Yang Akan Dicat

Dalam proses cat-mengecat, Anda tidak bisa langsung melempar dan menumpahkan cat ke dinding, dan semuanya selesai begitu saja… Terlebih dahulu, Anda harus mempersiapkan dinding tersebut, dimulai dari membersihkan dinding dari cat sebelumnya, atau memuasnya dengan menggunakan cat primer (cat warna putih) sebagai pelapisnya, sehingga warna cat utama yang nantinya akan Anda gunakan akan terlihat lebih sedap dipandang mata.

Alangkah baiknya bila Anda juga ingat untuk mendempul bagian-bagian dinding yang telah rusak, sehingga permukaannya bisa kembali mulus, baik sebelum maupun sesudah dicat. 

3. Memilih dan Menentukan Warna Cat

Memilih dan menentukan warna cat yang akan digunakan memang adalah hal yang tidak mudah. Coba pikir, alasan utama saat Anda memutuskan untuk mengganti warna cat ruangan, pastinya karena Anda sudah bosan dan jenuh dengan penampilan lama ruang tersebut kan? Namun, yang jadi permasalahan adalah, pada saat yang sama, disisi lain Anda juga merasa bingung dengan apa warna cat penggantinya.

Untuk memudahkan Anda, cobalah untuk menentukan apa palet warna yang Anda inginkan… Apakah tone warna dengan warna vibrantwarm, atau mungkin monokrom. Alangkah lebih baiknya, bila Anda juga menyesuaikannya dengan warna furnitur yang ada didalam ruang tersebut. Dengan demikian, Anda akan jauh lebih mudah untuk menentukan warna yang Anda mau.

4. Hitung Kebutuhan Cat

Setelah selesai memilih dan menentukan warna dinding, tips praktis selanjutnya adalah menghitung jumlah cat yang dibutuhkan untuk mengecat dinding rumah tersebut. Hal ini dilakukan agar Anda hanya menggunakan cat sesuai dengan kebutuhan, tidak lebih pun tidak kurang.

Bagaimana cara menghitung berapa jumlah kaleng cat yang akan Anda gunakan untuk mengecat ruangan? Sederhana saja, Anda bisa dengan menghitung seberapa luas ruangan yang ingin tampilannya ingin Anda ganti. Setelahnya, Anda bisa menanyakan kepada para penjual atau toko bangunan yang menjual cat, tanyakan berapa jumlah kebutuhan kaleng cat yang Anda butuhkan. Dengan mengetahui berapa jumlah kaleng cat yang dibutuhkan, Anda akan mengetahui juga seberapa banyak uang yang harus Anda keluarkan untuk melakukan penge-cat-an ulang dalam sebuah ruangan.  

5. Gunakan Cat Dasar Sebelum Mulai Mengecat

Kadangkala, seringkali terjadi kesalahan pada poin kelima ini saat akan mengecat dinding rumah. Benar, penggunaan cat dasar sering dilupakan oleh banyak orang. Padahal, penggunaan cat dasar sangat bermanfaat dalam proses pengecatan ulang, karena hal ini akan membantu membuat cat warna utama melekat lebih lama, dan sekaligus membuatnya terlihat lebih menonjol.

6. Memperhatikan Pencahayaan Didalam Ruangan

Pencahayaan didalam sebuah ruangan juga menjadi faktor penting sebelum Anda mengecat ulang dinding rumah. Setiap ruangan memiliki intensitas cahaya yang berbeda, semuanya tergantung dari tata letak ruangan tersebut.

Melihat pencahayaan ruangan, bisa Anda jadikan faktor untuk menentukan apa warna cat yang akan Anda gunakan. Contoh, bila ruangan yang ingin diganti catnya memiliki jendela dengan ukuran yang besar, ini artinya ruangan mendapatkan pencahayaan yang cukup dari area luar, oleh karena itu, disini Anda dapat memilih cat dengan warna-warna terang untuk memberikan kesan luas pada ruangan. Simpel bukan?


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.