Panduan

6 Kelebihan Unik dan Positif Rumah Minimalis Yang Mungkin Anda Belum Tahu



Sebuah hunian sederhana, atau yang seringkali disebut dengan Rumah Minimalis, saat ini telah menjadi dambaan dari banyak orang di banyak tempat di Indonesia, terutama bagi mereka yang telah menemukan pasangan dan membangun hidup berkeluarga secara mandiri. Niat kuat mereka untuk memiliki hunian dengan konsep sederhana ini, bukan hanya karena dari pilihan bentuknya saja, namun juga karena masih ada banyak manfaat lain dibaliknya.

Hal ini juga dibenarkan oleh para tim kerja Renovasik, menurut mereka, fungsi rumah di era sekarang sudah banyak berubah, karena kebutuhan, banyak orang lebih menyukai konsep rumah minimalis atau hunian sederhana.

Bila ditelusuri lebih jauh, disaat ini, terutama dikota-kota besar, banyak orang menjalani hidup secara mobile, sehingga rumah pun hanya berfungsi  sebagai sebatas tempat untuk memenuhi kebutuhan yang paling dasar, sebagai tempat beristirahat dan singgah sementara waktu.

Meskipun demikian, rumah minimalis juga memiliki banyak manfaat lainnya, mulai dari kesehatan fisik, finansial hingga kesehatan jiwa. Apa saja hal tersebut? Inilah 6 kelebihan unik dan positif rumah minimalis yang mungkin Anda belum tahu.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tinggal dirumah minimalis akan memberikan Anda lebih banyak waktu untuk lebih berfokus pada kesehatan pribadi. Apa alasannya? Dari sedikitnya waktu yang Anda gunakan untuk merawat rumah, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk menjalani pola gaya hidup sehat. Misalnya, memiliki lebih banyak waktu untuk berolahraga, meningkatkan pola makan dan tidur lebih nyenyak.

2. Lebih Mudah Untuk Mendesain Ruangan

Memiliki banyak waktu luang juga akan membuat Anda berkesempatan untuk berkreasi mendesain interior ruangan di rumah Anda. Anda jadi lebih mudah dan bebas untuk memajang atau mengganti hiasan, karya seni maupun furnitur kesayangan Anda di dalam rumah. Tentu saja, secara visual, hal ini tidak akan membuat mereka yang datang berkunjung merasa cepat jenuh dengan dekorasi yang begitu-begitu saja. Justru membuat mereka betah dan nyaman untuk beraktifitas disana.

3. Lebih Mudah Bebas Secara Finansial

Tinggal dirumah minimalis, juga memberikan kita kesempatan untuk bebas secara keuangan atau financial freedom. Hematnya biaya yang kita keluarkan untuk perawatan rumah, memberikan Anda peluang lebih besar untuk menyisihkan uang dan menggunakannya untuk membuka bisnis atau berinvestasi.

4. Lebih Mudah Dalam Perawatan

Tentunya Anda juga sudah tahu bahwa perawatan rumah minimalis jauh lebih mudah bila dibandingkan dengan rumah yang berukuran besar dan luas. Simpelnya, semakin sedikit barang, baik furniture maupun perabot yang Anda miliki di dalam rumah, semakin sedikit tenaga yang Anda gunakan untuk merapikan dan membersihkannya.

5. Mengurangi Stres & Tekanan Hidup

Secara riset telah terbukti bahwa rumah yang bersih dan rapi dapat mengurangi dan bahkan menghilangkan stres. Hal ini didukung oleh banyak penelitian yang dilakukan oleh para psikolog di dunia.

Rumah minimalis yang rapi dan terorganisir dapat membantu otak dan tubuh menjadi lebih rileks dan tenang. Anda akan siap untuk menjalani hari setiap paginya.

6. Meningkatkan Rasa Kepuasan dan Kebahagiaan Pribadi

Selain dapat mengurangi stress dan tekanan hidup, memiliki rumah minimalis pun dapat memberikan peningkatan kepuasan tersendiri dalam hidup berkeluarga. Ada perasaan damai dan sejahtera yang tercipta untuk bisa melihat dan berkumpul dengan keluarga yang kita sayangi dirumah sederhana yang kita miliki sendiri.

Dan sekarang Sahabat Renovasik sudah tahu 6 kelebihan unik dan positif diatas inilah yang akan membuka jalan bagi kesehatan fisik, keuangan hingga jiwa Anda dan seluruh keluarga. Bila sudah demikian, saat mengaplikasikannya, Kebahagiaan akan selalu mengikuti Anda dan keluarga Anda. Amin.

Kontak Kami