Panduan

6 Cara Praktis Menata Ruang Keluarga di Hunian Minimalis



Siapa yang bilang bahwa tinggal di hunian minimalis, alias tempat tinggal yang tidak berukuran terlalu besar, membuat hati tidak merasa nyaman? Hmmm… bisa jadi Anda salah besar lhooo...

Iya, karena ruangan berukuran terbatas tidak akan menjadi penghalang bagi Anda untuk tetap berkreasi, misalnya untuk menciptakan desain agar ruangan tampil megah dan elegan. Dan, salah satu ruangan di hunian minimalis yang bisa Anda eksplorasi adalah, ruang keluarga.

Namun sebelumnya, apa sih pemahaman Anda tentang arti minimalis? Menurut Renovasik, minimalis adalah menjaga ruangan tetap tampil sederhana, rapi, namun tetap menonjolkan sisi arsitektur yang menarik. Menurut kami, inilah yang membuat ruangan berukuran terbatas bisa menjadi tampil megah dan elegan.

Nah, bila Anda merasa bahwa ruang keluarga di tempat tinggal Anda perlu dibenahi, Anda harus baca artikel yang kita tulis kali ini sampai habis. Karena apa? Karena Anda akan menemukan 6 cara praktis menata ruang keluarga di hunian minimalis yang bisa Anda terapkan sesegera mungkin.

1. Gunakanlah Palet Dengan Warna Monokrom

Ruang keluarga di rumah minimalis sangatlah cocok dengan warna monokrom hitam dan putih. Selain menampakkan kesan yang elegan, kedua warna ini juga banyak dipercaya oleh orang-orang untuk mampu mempertahankan keorisinilan tema kesederhanaan dari rumah minimalis.

Namun tentu saja, sepertinya akan kurang tepat bila Anda hanya mengecat dinding dengan kedua warna diatas saja, alangkah baiknya bila Anda mengaplikasikan tips kedua dibawah ini untuk membuat ruangan menjadi lebih hidup lagi…

2. Tambahkan Permadani Dll. Untuk Ciptakan Desain Elegan

Bila Anda berniat memiliki desain ruang keluarga yang simpel dan elegan, Anda bisa mengaplikasikan tips kedua ini, yaitu menggunakan permadani, meja marmer dan tanaman hias didalam ruangan. Jadi, meskipun jumlah furnitur sedikit, pemilihan permadani yang tepat akan bisa membuat ruangan menjadi terkesan lebih megah.

Namun yang perlu Anda ingat, sejatinya, kemewahan tidak selalu tentang nilai harga barang. Sebaliknya, Anda bisa menggunakan permadani layak pakai yang masih bisa dimanfaatkan untuk menghemat pengeluaran.

3. Memanfaatkan Sofa Berdesain Unik

Walaupun ukuran ruang keluarga dirumah minimalis terasa sangat terbatas, Anda masih bisa menggunakan ide Renovasik untuk mengeksplorasinya… Salah satunya adalah, dengan memanfaatkan sofa berbentuk L yang dapat menambah kenyamanan pada ruang keluarga.

Selain itu pula, Anda juga dapat menambahkan hiasan dan dekorasi lainnya seperti karpet sintetis untuk menambah nilai keindahan ruangan. Sebagai catatan tambahan, jangan melakukannya secara berlebihan.

4. Tanaman Hias Sebagai Alternatif Dari Pajangan

Tanaman hias tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi saja, ia juga mampu membuat ruang keluarga menjadi lebih nyaman dan asri. Untuk alasan inilah, tanaman hias cocok untuk ditempatkan didalam ruang keluarga.

Apa contoh tanaman hias yang cocok untuk ditempatkan di ruang keluarga? Anda bisa memulai dari memilih lidah mertua atau aglaonema. Kedua tanaman ini, selain bermanfaat menambah estetika didalam ruangan, juga dapat membantu membersihkan ruangan dari polusi udara. Tips dari Renovasik, pilihlah ukuran tanaman yang tidak terlalu besar, letakkan didalam pot, atau bisa juga dengan memajangnya di atas meja.

5. Gunakan Cat Berwarna Kontras Pada Satu Sisi Dinding

Bila ruang keluarga berbentuk persegi, Anda dapat mengecat satu sisi dinding dengan warna yang kontras. Misalnya saja, warna kuning di satu sisi, sedangkan sisi lainnya berwarna netral seperti warna putih.

Kombinasi keduanya akan membuat nuansa rumah menjadi lebih berwarna dan menciptakan ilusi luas. Selain itu, meski sederhana, perpaduan ini mampu menciptakan suasana yang tetap menarik perhatian orang-orang didalamnya.

6. Kombinasikan Dinding Berwana Putih Dengan Perabotan Warna-Warni

Bila ruang keluarga berukuran terbatas, Anda bisa mengecat dinding dengan warna putih, lalu mengkombinasikannya dengan perabotan yang memiliki banyak warna.

Anda bisa mulai dari memilih sofa, meja, sarung bantal maupun pernak-pernik lainnya yang memiliki warna-warna cerah. Warna-warna seperti ini digadang-gadang mampu membangkitkan semangat dan perasaan gembira.

Jadi bagaimana Sahabat Renovasik, yuk segera rombak ruang keluarga sekarang!

Kontak Kami