Panduan

6 Cara Menata Ruangan Rumah Yang Menurut Feng Shui Dipercaya Dapat Membawa Keberuntungan dan Keberlimpahan Rejeki



Saat Anda berniat untuk menata ruangan, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan, mulai dari pemilihan warna, tata letak furnitur dan banyak lagi hal lainnya. Namun, apakah Anda tahu, menurut feng shui, penataan ruangan rumah yang tepat dipercaya dapat menghadirkan aura atau Qi positif? Aura atau Qi positif inilah yang disebut-sebut dapat menghadirkan keberuntungan hingga keberlimpahan rejeki bagi para penghuninya. Menarik sekali bukan ...

Sahabat Renovasik, feng shui adalah sebuah ilmu topographi kuno asal negeri Cina yang mempercayai bahwa dengan menerima aura atau qi positif, manusia dan surga (astronomi), serta bumi (geografi) dapat hidup secara berdampingan dan selaras, sehingga hal tersebut dapat membantu kehidupan manusia.

Aura atau Qi terdapat di alam sebagai energi yang tidak dapat terlihat dan dialirkan oleh elemen angin, dan berhenti ketika bertemu dengan elemen air. Qi positif, disebut juga dengan istilah napas kosmik naga. Qi jenis ini dipercaya sebagai pembawa rejeki dan nasib baik. Begitu juga sebaliknya, ada pula Qi negatif yang disebut Sha Qi, yang dipercaya sebagai pembawa nasib buruk.

Salah satu ilmu feng shui yang dapat Anda aplikasikan untuk mendapatkan Aura atau Qi positif adalah dengan mendesain tata letak ruangan dirumah hunian Anda. Lalu, bagaimanakah tata letak yang membawa keberuntungan dan keberlimpahan rejeki bagi para penghuninya? Langsung saja simak ulasan Renovasik kali ini, dan inilah 6 cara menata ruangan rumah yang menurut feng shui dipercaya dapat membawa Keberuntungan dan Keberlimpahan Rejeki.

01. Pintu Depan, Tempat Awal Masuknya Aura atau Qi Positif

Pintu depan adalah area yang paling dekat dengan lingkungan luar rumah, udara luar masuk kedalam melalui pintu ini, jagalah pintu depan agar selalu bersih, jangan menempatkan terlalu banyak barang disana, hal ini akan mengganggu aliran udara yang masuk.

Benar, konsep dasar dari feng shui adalah tentang aliran udara, apabila pintu depan rumah Anda terlalu rumit, Aura atau Qi positif tidak akan dapat masuk kedalam rumah.

Anda juga dapat memasang cermin di sebelah kiri pintu depan untuk menarik kekayaan, namun, sangat disarankan, untuk tidak menggunakan cermin besar, apalagi cermin yang melebihi ukuran tubuh manusia, jangan pula memasangnya pada kedua sisi untuk membuat pintu depan terlihat lebih luas, Qi positif dapat menyebar dan pecah.

02. Meletakkan Benda Berwarna Kuning Di Ruang Tidur

Ruang tidur tidak hanya sebagai tempat untuk beristirahat, ia juga merupakan ruang tempat dimana Anda dapat melepas kepenatan setelah seharian beraktiftas sehingga tubuh dan pikiran menjadi kembali rileks.

Serupa dengan ruang tamu dan dapur, ruang tidur pun juga dianggap sebagai salah satu dari tiga elemen kunci didalam feng shui. Letakkanlah benda berwarna kuning di ruang tidur. Dalam feng shui, warna kuning melambangkan kebahagiaan dan keceriaan. Warna kuning juga dikiaskan menyerupai emas, simbol yang mewakili uang dan rejeki.

03. Aturlah Pencahayaan Ruang Tidur, Janganlah Terlalu Terang

Selain meletakkan benda berwarna kuning di dalam ruang tidur, aturlah pencahayaan didalam ruang tersebut, jangan membuatnya terlalu terang, hal itu akan mengganggu kenyamanan saat Anda beristirahat. Bila waktu istirahat Anda terganggu, bukan tidak mungkin Anda akan bangun dengan keadaan kesal pada keesokan harinya, awal yang buruk membuat hari Anda pun terasa buruk.

O ya, apabila terdapat meja di dalam ruang tidur, alangkah lebih baiknya untuk meletakkannya di sebelah tempat tidur.

04. Tata Cahaya, Lukisan Pemandangan & Tanaman Pada Ruang Tamu

Sangat berbeda dengan ruang tidur, aturlah tingkat tata cahaya ruang tamu dengan terang, Anda pun dapat mengecatnya dengan warna yang juga terang.

Selain itu, Anda dapat menempatkan lukisan pemandangan seperti pohon, gunung atau menempatkan tanaman berdaun di sekitar ruangan. Lukisan dan tanaman tersebut akan meningkatkan rejeki bagi penghuni rumah. Namun yang patut diingat, hindari meletakkan tanaman yang terlalu tinggi karena akan menekan Qi positif yang datang.

05. Pisahkan Unsur Panas dan Dingin Pada Ruang Dapur

Apakah Sahabat Renovasik tahu, ternyata dapur memiliki unsur-unsur yang menghalangi datangnya rejeki bagi penghuni rumah. Menempatkan benda panas dan dingin secara berdampingan akan memberikan dampak yang kurang baik. Seperti apa contohnya? Contohnya seperti kulkas, microwave, dan oven yang ditempatkan secara berdekatan.

Apabila memungkinkan, peralatan pemanas seperti oven, microwave maupun kompor harus ditempatkan di utara, sedangkan kulkas harus diatur ke arah timur. Jika ruangan terlalu kecil, Anda bisa menyiasatinya dengan meletakkan tanaman di antara kedua benda tersebut.

06. Air Lambang Kekayaan Sejati

Dalam feng shui, air melambangkan kekayaan, oleh sebab itu, dekorasi yang terkait dengan air seperti aquarium dan air mancur dapat membantu menarik kekayaan bagi penghuni  rumah tersebut. Sangat disarankan untuk menempatkannya ke arah timur atau utara rumah.

Apakah dengan menempatkannya saja sudah cukup? Tentu saja tidak. Anda pun juga harus merawatnya dengan baik, tidak melakukan perawatan dapat menyebabkan ikan dalam aquarium mati, atau air mancur yang tidak terawat akan mengakibatkan kotor dan tercemar, hal bisa saja membawa dampak suasana buruk bagi penghuni rumah.

Sahabat Renovasik, terlepas dari benar dan tidaknya, sudah sepantasnya Anda layak untuk membuktikan semua hal diatas sendiri, yaitu dengan cara untuk mendesain ulang rumah Anda.

Kontak Kami