Panduan

5 Tips Untuk Mendesain Ruang Makan Agar Tampil Apik dan Cantik!



Bagi keluarga yang harmonis dan penuh cinta kasih, ruang makan adalah salah satu lokasi penting didalam sebuah rumah hunian, karena ditempat inilah, biasanya mereka saling berbagi cerita dan saling membantu untuk menemukan solusi atas urusan yang sedang dihadapi anggota keluarga lainnya. Tentu saja, untuk mendukung terciptanya suasana hal tersebut, ruang makan haruslah menjadi tempat yang indah. Coba bayangkan bila kondisi ruang makan dirumah anda terlihat begitu-begitu saja dan membosankan, kebalikannya, Anda dan keluarga tidak akan menemukan kebahagiaan disana. So, Sahabat Renovasik, tidak ada salahnya untuk merombak dan mengatur ulang kembali desain ruang makan di rumah Anda. Bagaimana caranya? Simpel, misalnya dengan menambahkan dekorasi hiasan ataupun aksesoris.

Apakah cuma begitu saja? Tentu bukan hanya itu saja caranya. Selain menambah dekorasi hiasan dan aksesoris, sesungguhnya, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menjadikan ruang makan menjadi lebih hidup dan bergaya. Untuk itulah, kali ini Renovasik akan berbagi tips untuk mendesain ruang makan agar tampil apik dan cantik. Tujuannya, tentu saja tidak lain dan tidak bukan adalah untuk membuat Anda dan keluarga merasa lebih betah dan nyaman saat sedang berkumpul bersama. Hmmm… dengan begini kan Anda juga bisa jauh lebih hemat, karena Anda tidak harus selalu pergi ke restoran untuk mencari suasana baru. Hemat adalah kesadaran kaya. Hemat itu pangkal kaya. Siapa sih yang tidak ingin kaya? Semuanya pasti mau.

Anda pasti sudah tidak sabar untuk tau tipsnya kan? Langsung saja, inilah 5 tips untuk mendesain ruang makan agar tampil apik dan cantik.

Pertama, tambahkan lampu gantung hias diruang makan Anda. Tempatkanlah tepat diatas meja makan. Atur ketinggiannya sehingga seluruh keluarga tetap merasa nyaman dibawahnya. Sebagai alternatif, Anda juga bisa mengganti atau menambahkan lampu dinding berwarna berbeda, agar tampak semakin indah, Anda bisa memasang lampu secara berpasangan. Namun ingat, tetap sesuaikan dengan kondisi ruang makan, bila ruang makan di rumah Anda memiliki sudut, Anda bisa menambahkan lampu disana agar suasana menjadi semakin terang.

Kedua, atur kembali posisi meja makan. Yes, bila Anda telah jenuh dengan posisi meja makan yang begitu-begitu saja, tentu saja Anda harus mengambil inisiatif untuk mengatur kembali posisi meja makan Anda. Anda bisa menyesuaikan dengan bentuk, ukuran dan sirkulasi udara ruangan. Anda bisa merubahnya secara menyeluruh atau sebagian saja. Hal ini akan sangat bermanfaat, terutama dalam kebersihan ruangan, bagian ruang yang selama ini susah untuk dijangkau saat Anda menyapu, sekarang bisa dengan mudah Anda bersihkan.

Ketiga, tambahkan dekorasi meja makan sebagai pusat daya tarik. Benar, jadikan hiasan meja makan sebagai pusat perhatian seluruh anggota keluarga saat berkumpul dan makan bersama. Anda bisa menambahkan lilin dekoratif atau rangkaian bunga, atau kombinasi keduanya. Hal ini dapat membawa cahaya kedalam ruang makan, terlebih lagi jika ruang makan tidak memiliki pencahayaan berlebih. Selain itu, ada gagasan menarik lainnya yang bisa Anda coba, yaitu meletakkan vas buah atau meletakkan mangkuk sup yang unik diatasnya. Cara ini bisa Anda lakukan setiap kali saat ingin mengganti suasana ruang makan.

Keempat, pajanglah benda dan karya seni. Agar ruang makan tampil lebih cantik dan menarik, Anda juga dapat menambahkan dan memajang benda atau karya seni yang unik diruang makan Anda, misalnya lukisan atau pernak-pernik dinding yang unik. Anda bisa memajangnya di salah satu sisi dinding yang kosong.

Kelima, gelarlah karpet yang memiliki warna senada dengan dinding ruang makan. Kenapa harus senada? Karena dengan melakukannya, karpet akan tetap selaras dengan ruang makan. Apakah Anda boleh melakukan sebaliknya? Tentu saja, sekali waktu Anda bisa menggantinya dengan warna yang kontras, namun agar lebih selaras, Anda bisa mencoba untuk menyesuaikannya terlebih dahulu. O ya, sebelum membelinya, yang harus Anda ingat, tentu saja Anda membutuhkan karpet yang lebih lebar agar dapat memuat meja dan kursi makan, bahkan saat kursi ditarik keluar dari meja makan.

Bagaimana, mudah sekali bukan merubah suasana ruang makan dirumah Anda?

Kapan Anda bisa melakukannya? Anda bisa melakukan perubahan ini sebulan atau tiga bulan sekali. Sip. Semoga bermanfaat!

Kontak Kami