Panduan

5 Tips Untuk Menciptakan Taman Rumah Minimalis, Rileks Saat Bekerja Dari Rumah



Sore hari, dikala penat dan jenuh melanda setelah bekerja seharian dirumah, tentu memandangi nuansa alam sambil menikmati desiran angin sepoi-sepoi di taman pribadi dirumah Anda, akan begitu membuat jiwa Anda terasa adem dan sejuk. Kami yakin, Anda juga pastinya setuju dengan pendapat ini, kan …

Indra Setiawan, CEO sekaligus Founder dari Renovasik pun mengamini hal ini,“Taman memang sudah selayaknya menjadi sebuah tempat yang nyaman dan bisa digunakan sebagai tempat untuk melepas penat setelah seharian bekerja.”

Ia pun menambahkan, bahwa Anda tidak perlu bersusah payah mencari lahan yang luas untuk membuat taman impian Anda tersebut. Taman impian Anda bisa Anda ciptakan di rumah minimalis. Bahkan untuk mendekorasinya, tidak dibutuhkan budget yang tinggi, Anda bisa memanfaatkan barang yang sudah tidak digunakan lagi maupun membelinya dengan harga yang terjangkau.

Namun disela perbincangan, Indra pun mengingatkan kepada para Sahabat Renovasik semuanya untuk memegang kunci utama dalam mendesain taman rumah minimalis, apa kunci utama tersebut? Kunci utama tersebut adalah kesederhanaan.

Yes, kami tidak ingin lebih berpanjang lebar lagi, dan inilah 5 tips untuk menciptakan taman rumah minimalis.
 

1. Manfaatkan Sisi Dinding Kosong Depan Rumah

Siapa yang bilang bahwa Anda tidak akan bisa menemukan inspirasi saat tinggal di sebuah rumah minimalis yang ukuran luasnya terbatas? Ya, Anda bisa.

Anda tetap bisa membangun taman berukuran kecil dengan memanfaatkan sisi dinding kosong depan rumah, yaitu dengan menambahkan dan menempelkan ornamen kayu atau besi pada dinding, lalu meletakkan dan memajang tanaman hias dalam pot di dinding tersebut.

2. Gantungan Tanaman Hias

Bila rumah hunian Anda memiliki luas lahan yang terbatas, gantungan tanaman hias di area depan rumah minimalis adalah sebuah pilihan yang tepat. Hal ini akan menambah kesan kesederhanaan di rumah Anda.

Caranya pun cukup mudah, Anda tinggal menyediakan pot kecil berisi tanaman hias, lalu menggantungnya dengan rantai besi untuk menopang pot-pot tersebut. Sangat sederhana sekali, bukan?

3. Sediakan Tempat Bersantai Di Sudut Taman

Lelahnya beraktivitas seharian tentunya akan membuat pikiran menjadi mudah jenuh. Cara terbaik untuk melepas lelah dan penat adalah dengan melakukan rileksasi, salah satunya dengan mengistirahatkan mata dengan memandang nuansa alam seperti tanaman hijau. Hal ini akan mengembalikan pikiran Anda menjadi fresh kembali.

Solusi terbaik? Sediakan sebuah tempat untuk Anda bersantai di sudut taman. Ditempat inilah Anda bisa bersantai sejenak setelah menyelesaikan pekerjaan kantor Anda.

4. Buatlah Jalan Setapak

Untuk menghindari rumput taman rusak akibat sering terinjak, maka Anda bisa membuat solusi sederhana dengan cara membuat jalan setapak. Anda bisa membuat jalan setapak di bagian tepi atau tengah taman, yang terpenting adalah Anda dan keluarga bisa keluar masuk rumah tanpa harus merusak taman yang telah Anda buat tersebut.

Buatlah jalan setapak yang unik sehingga taman Anda menjadi semakin cantik dan ciamik. Hal ini juga bertujuan bahwa Anda begitu memperhatikan dari detail yang paling kecil, yaitu menonjolkan sisi keindahan dan kerapian rumah.

5. Padukan Dengan Nuansa Taman ala Negeri Sakura, Jepang

Untuk taman rumah minimalis yang unik dan tampil berbeda, Anda dapat memadukan nuansa asri Indonesia dengan nuansa dari negeri sakura, Jepang. Kombinasi keduanya dapat Anda satupadukan, baik dari jenis tanaman maupun juga suasananya.

Taman bernuansa Jepang identik dengan rumput, semak, batu dan pepohonan. Unsurnya yang begitu sederhana membuat gaya taman ini bisa Anda aplikasikan pada halaman rumah minimalis yang tidak begitu luas.

Kontak Kami