Panduan

5 Tips Praktis Mendesain Kamar Bermain, Agar Anak Semakin Betah dan Nyaman!



Banyak lho manfaat yang bisa didapatkan dengan membiarkan anak-anak bermain, salah satunya adalah agar mereka bisa tumbuh dan berkembang secara optimal, dan untuk mendukung hal itu, ada baiknya orang tua juga dapat memberikan fasilitas yang memadai, misalnya dengan membuat kamar bermain yang ideal bagi mereka.

Memang, untuk mendesain kamar bermain, Anda sebagai orang tua, membutuhkan beberapa pertimbangan dalam membuatnya. Karena apa? Kamar bermain tersebut haruslah menjadi ruang yang menyenangkan dan nyaman bagi buah hati Anda.

Bagaimana caranya? Tenang, di artikel kali ini, Anda akan mendapatkan lima tips praktis dari Renovasik untuk mendesain kamar bermain yang akan membuat anak Anda menjadi semakin betah dan nyaman untuk beraktifitas disana.

1. Bertanyalah Pada Mereka…

Awalilah semua rencana untuk membangun kamar bermain dengan bertanya pada anak, ajaklah mereka untuk ikut berpartisipasi menentukan apa konsep atau tema kamar bermain yang diinginkan.

Tanyakan, apakah tema yang mereka suka, angkasa, anime, pemandangan alam atau yang lainnya? Dari sini, Anda akan memiliki gagasan tentang seperti apa desain kamar bermain yang akan Anda bangun, selain itu, Anda juga bisa menanyakan pada buah hati tentang apa warna cat yang mereka inginkan untuk ruang tersebut.

Persis seperti yang Anda pikirkan, membuat desain kamar bermain yang sesuai dengan keinginan mereka, akan membuat mereka memiliki ikatan batin yang kuat pada ruangan tersebut, sehingga menjadikan mereka lebih nyaman untuk beraktifitas disana.

Namun sebelum itu, pastikan Anda memiliki ruang yang memadai untuk mendukung ruang gerak anak-anak yaaa...

2. Gunakan Furnitur Yang Aman Bagi Anak

Kamar bermain haruslah dilengkapi dengan furnitur yang aman bagi anak-anak. Anda bisa memilih furniture yang bermaterial baik, misalnya seperti kayu atau polypropylene plastic, pastikan furnitur yang Anda pilih pun memiliki desain yang ergonomic dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya bagi anak-anak.Selain aman, furnitur pun harus mudah dirawat dan bersihkan.

Untuk perabotan, pilihlah perabotan yang ukurannya sesuai dengan ukuran tubuh anak, ini dimaksudkan agar mereka mudah untuk menjangkaunya. Selain itu, Anda pun dapat menggunakan perabotan yang memiliki multifungsi sebagai alternatif untuk menghemat ruangan di kamar bermain.

3. Ingatlah Untuk Menyediakan Tempat Penyimpanan

Namanya juga anak-anak, pastilah mereka berpotensi untuk memiliki banyak mainan dengan banyak jenis dan ukurannya.

Nah, supaya mainan-mainan tersebut tidak membuat kamar menjadi berantakan, paling tidak, sediakan tempat penyimpanan atau storage. Dengan demikian, Anda pun bisa mulai mengajarkan anak sejak dini untuk selalu menyimpan dan menyusun mainan di dalam rak setelah bermain, agar lebih kreatif, Anda pun bisa meminta mereka menyusun mainan sesuai dengan jenis dan warnanya.

Selain akan terlihat lebih rapi, kamar bermain juga dapat terlihat seperti perpustakaan mainan bagi anak-anak. Tempat penyimpanan model open dan closed juga bisa Anda pilih sebagai alternatif dekoratif yang memikat, bahkan, bila Anda memiliki budget lebih, Anda bisa membuat custom Storage dengan bermacam model seperti bentuk rumah atau pohon, hal ini akan mendukung perkembangan daya imajinasi anak.

4. Hindari Untuk Meletakkan Barang-Barang Elektronik

Duh, barang-barang elektronik seperti apa ya? Ya contohnya seperti televisi, laptop, smartphone ataupun konsol game seperti playstation dan lain-lain. Langkah ini dilakukan agar anak bisa lebih fokus untuk bermain dengan mainan yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan sekaligus melatih otot motorik mereka.

Benar, ruang bermain haruslah menjadi tempat belajar yang efektif bagi mereka. Untuk itu, Anda bisa memilih untuk menempatkan mainan edukatif disana, contohnya seperti papan tulis, set meja dan kursi makan maupun buku cerita anak-anak.

Anda pun bisa menempatkan tenda berwarna cerah di kamar bermain, hal ini untuk mendapatkan suasana layaknya saat sedang berkemah.

5. Lengkapi dengan Karpet Yang Memikat

Tidak harus juga sih, namun bila Anda adalah orang tua yang menginginkan agar anak tetap merasa nyaman saat bermain dilantai, ada baiknya Anda menambahkan karpet di kamar bermain.

Anda bisa memilih karpet berbahan material yang lembut, tidak mudah terbakar dan bebas dari bahan kimia, sehingga menjadikan anak lebih nyaman saat bermain diatasnya. Tentu saja, carilah juga karpet yang mudah dibersihkan dari kotor dan noda.

O ya, bila Anda mau, untuk mendukung suasana layaknya sedang berkemah seperti yang dibahas di poin sebelumnya, Anda pun bisa menggunakan karpet yang sedang hits belakangan ini, karpet rerumputan.

Kontak Kami