Panduan

5 Rahasia Cara Menata Ruang Tamu yang (Mungkin) Anda Belum Tahu!



Sahabat Renovasik, apakah Anda tahu bahwa ruang tamu pada umumnya akan memicu kesan pertama kali seseorang terhadap rumah secara menyeluruh? Ruang tamu yang tidak tertata dengan tepat dan baik akan memberi anggapan pada mereka yang datang berkunjung menggambarkan keseluruhan rumah yang memang tidak tertata dengan baik. Jadi, Anda jangan pernah menyepelekan cara menata ruang tamu dirumah Anda.

Namun, masih banyak orang yang belum memahami bagaimana cara menata ruang tamu yang baik dan tepat. Apalagi, ada begitu banyak sekali cara untuk menata ruang tamu jika dilihat dari berbagai jenis serta fungsi kebutuhan ruang tamu itu sendiri. Jadi, bagaimana cara untuk menata ruang tamu mana yang paling tepat?

Mari Sahabat Renovasik, kita sama-sama membaca cara menata ruang tamu dibawah ini agar ruang tamu yang Anda miliki tidak hanya enak pandang mata namun juga membuat kesan nyaman bagi para tamu yang datang berkunjung.

1. Awali Dengan 3 Perabotan Wajib Ini

First, thing first. Sahabat Renovasik dapat mengawali cara menata ruang tamu dengan memfokuskan kebutuhan dan pemilihan furniture bagi ruang tamu. Ruang tamu disetiap rumah tidak selalu mempunyai kebutuhan perabot yang serupa. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh gaya hidup dari pemilik rumah masing-masing. Bagi mereka yang suka bersosialisasi, ada peluang bahwa jumlah intensitas tamu yang akan berkunjung serta menggunakan ruang tamu akan menjadi lebih banyak dan sering.

Sedangkan, bagi pemilik yang lebih suka menghabiskan waktu diluar rumah, cara menata ruang tamu pun akan ikut terpengaruh dikarenakan ruang tamu akan sangat jarang mereka gunakan. Namun, terlepas dari semua fungsi tersebut, ada perabotan wajib yang harus ada dalam setiap ruang tamu di setiap rumah.

Sofa atau Kursi

Sahabat Renovasik sudah tentu tidak akan mendebat lagi bahwa kehadiran kursi ataupun sofa adalah hal wajib yang harus ada ruang tamu, tentu saja karena tempat ini adalah tempat yang terfokus untuk menerima tamu yang datang. Dan tentu saja, tempat duduk adalah perabot ruang tamu wajib yang harus ada dan hadir disana. Namun, tempat duduk seperti apa sih yang harus Anda pilih untuk ruang tamu?

Untuk Anda yang sering dan selalu menerima tamu atau menghabiskan waktu di ruang tamu, cara menata ruang tamu yang lebih pas untuk Anda adalah dengan menempatkan kursi sofa yang memiliki bantalan yang cukup nyaman disana.

Namun, jika ruang tamu Anda jarang digunakan atau hanya berfungsi sebagai pelengkap, kursi minimalis atau kursi rotan sudah lebih dari cukup untuk mengisi ruang tamu di rumah Anda.

Coffee Table

Banyak orang beranggapan bahwa kehadiran coffee table hanyalah menghabiskan tempat di ruang tamu. Padahal, perabot yang satu ini juga tidak kalah pentingnya. Cara menata ruang tamu saat Anda mempunyai ruang yang terbatas adalah dengan menggantinya dengan side table yang memiliki ukuran lebih kecil. Kehadiran meja ini akan mempermudah para tamu yang datang membawa barang, selain itu tentu Anda juga memerlukan meja untuk tempat menyajikan minuman dan snack kepada tamu yang datang kan?

Tempat Penyimpanan

Ketika Anda memilih perabot untuk ruang tamu, pastikan juga Anda mempunyai perabot yang berfungsi untuk tempat penyimpanan. Anda dapat menambahkan credenza atau lemari berukuran kecil.

Cara menata ruang tamu saat luas ruang terbatas adalah dengan menambahkan beberapa perabotan yang mempunyai manfaat tambahan sebagai tempat penyimpanan, contohnya seperti kursi dengan kolong yang mempunyai laci, kabinet berukuran kecil, atau meja yang juga memiliki laci.

Dengan adanya storage ini akan mempermudah Anda untuk membuat ruang tamu agar selalu terlihat rapi.

Perabot tambahan

Setelah ketiga perabot utama tersebut Anda miliki, terkadang pula Anda perlu menambahkan perabot tambahan yang disesuaikan dengan aktivitas serta kebutuhan Anda dan keluarga. Jika Anda sering melakukan aktivitas favorit menonton TV di ruang tamu, tentu saja meja TV yang kuat dan kokoh akan menjadi perabot tambahan lain yang Anda butuhkan.

2. Pemilihan Warna & Pola Dinding

Sahabat Renovasik, finishing dinding ruang tamu juga menjadi hal yang cukup penting untuk Anda aplikasikan pada ruang tamu. Hal yang satu ini menjadi penting karena dinding akan menjadi elemen utama yang akan memberikan dampak atmosfer dan suasana di ruang tamu Anda.

Untuk ruang tamu yang fungsinya sering digunakan untuk bercengkrama dengan tamu maupun keluarga, pemilihan warna yang tepat adalah dengan me-minimalisir warna terang dan pola-pola yang terlalu berlebihan, karena akan memberikan kesan keras serta membuat mata menjadi mudah lelah. Anda cukup menggunakan warna-warni yang lembut agar ruangan tersebut tetap nyaman untuk dinikmati dalam jangka waktu yang lama.

Sedangkan untuk ruang tamu sebagai ruang pelengkap, dapat menjadi lebih lebih ekspresif dengan warna-warni terang serta pola-pola yang lebih berani atau mencolok.

3. Material Lantai yang Tepat sekaligus Nyaman

Material lantai, merupakan hal penting selanjutnya yang perlu Anda perhatikan dalam cara menata ruang tamu sehingga nyaman untuk semua yang beraktifitas didalamnya. Pilihlah material terbaik.

Agar lantai terasa nyaman, Anda dapat menggunakan material yang hangat serta tidak terlalu keras. Pilihan pada umumnya adalah parket dan vynil. Namun, banyak orang yang juga ingin menghadirkan nuansa mewah didalam ruang tamu dengan bahan material seperti marmer ataupun material keras yang lainnya. Boleh saja, agar lantai tetap nyaman Anda bisa menambahkan dengan penggunaan karpet diatasnya.

4. Pengaturan Pencahayaan

Banyak Sahabat Renovasik yang bingung bagaimana cara untuk menata pencahayaan pada ruang tamu. Fungsi pencahayaan pada ruang tamu tidak hanya untuk mempermudah aktivitas didalamnya, namun juga untuk menghidupkan suasana hangat di ruang tamu. Jika Anda banyak melakukan aktivitas-aktivitas seperti berdialog dengan tamu/keluarga hingga hobi membaca buku, tata pencahayaan dengan lampu terang berwarna putih akan jauh lebih baik untuk Anda aplikasikan disana. Namun sebaliknya, tata cahaya yang temaram sangat pas menambah kenyamanan bercengkerama atau bersenda gurau bersama keluarga di ruang tamu.

5. Dekorasi Pelengkap

Agar ruang tamu semakin maksimal kenyamanannya, Anda dapat menambahkan dekor pelengkap. Untuk ruang tamu yang meprioritaskan kenyamanan, Anda dapat memilih dekorasi yang dapat menunjang kenyamanan seperti karpet lantai serta bantal sofa yang empuk.

Dekorasi memanglah lebih berfungsi untuk memberikan kesan atau impresi bagi ruang tamu, Anda dapat menggunakan hiasan-hiasan artistik seperti patung, guci, hingga menggunakan poster printing untuk menambah keindahan visual ruang tamu menjadi lebih terasa.

Bagaimana dengan Anda, Sahabat Renovasik? Dengan membaca dan memahami 5 rahasia cara menata ruang tamu diatas tadi, sudah tentu Anda jadi lebih memahami cara menata ruang tamu mana yang paling sesuai dengan kebutuhan serta keinginan Anda. Satu hal lagi yang harus Anda ingat saat akan merombak ruang tamu adalah, sesuaikanlah gaya dari ruang tamu dengan gaya dari keseluruhan rumah Anda.

Jika tempat tinggal Anda memiliki gaya minimalis, pastikan seluruh gaya perabot dan pola serta warna dari ruang tamu juga minimalis. Jika tempat tingggal Anda mengadaptasi gaya industrial, jangan ragu dan bimbang untuk mengekspos material serta menggunakan perabot industrial saat Anda menata ruang tamu di rumah Anda.

Anda bingung untuk menata interior rumah? Tim Renovasik akan selalu ada dan siap membantu Anda…

Kontak Kami