Panduan

5 Pilihan Model Atap Rumah Minimalis – Dari Yang Sederhana Sampai Bergaya!



Sama halnya seperti rumah lainnya, rumah minimalis pun adalah model bangunan yang terdiri dari berbagai elemen penting, mulai dari pondasi, konstruksi, dinding hingga atap rumah, masing-masing memiliki fungsi dan saling bergantung satu sama lain. Dari semuanya, atap rumah memiliki fungsi yang sangat vital, mengingat manfaatnya untuk melindungi rumah dan seluruh anggota keluarga dari panas terik mentari dan hujan badai. Untuk itulah pondasi dan konstruksi atap rumah yang kokoh dan kuat, juga sangat dibutuhkan.

Di era yang maju seperti saat ini, selain kokoh dan kuat, masyarakat semakin cerdas dalam memilih atap rumah yang cantik dan bergaya. Supaya atap rumah tampil lebih menarik, mereka menggantinya dengan model atap yang memiliki beragam desain, dan untungnya, modelnya memang terus berkembang, dan pilihannya semakin mudah ditemukan dipasaran.

Model dan desain atap yang unik dan menarik ini, pada umumnya dicari-cari oleh pemilik rumah yang menghargai nilai-nilai keindahan, bolehlah rumah minimalis, namun rumah tetap harus tampil bergaya dan terlihat lebih megah.

Merancang Konstruksi Atap Rumah

Sebenarnya, ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat Anda mulai membangun struktur atap, namun dari kesemuanya, hanya ada tiga hal penting yang wajib Anda olah agar desain atap menjadi lebih kuat dan kokoh. Pertama, konstruksi penutup atap. Kedua, gording atap. Dan yang ketiga, kuda-kuda atap.

Khusus untuk bagian kuda-kuda, fungsinya adalah untuk menahan beban konstruksi rangka atap secara keseluruhan, dalam hal ini, termasuk penutup atap yang langsung dibebankan pada bagian struktur rangka. Selain kuda-kuda, pada bagian rangka atap, terdapat elemen-elemen lain, contohnya seperti gording atap, usuk maupun reng. Dari keseluruhan rangkaian komponen atap tersebut, semuanya dibebankan pada struktur pondasi, yaitu kolom yang pemasangannya mengikuti alur tembok rumah pada bagian atas.

Nah, supaya nantinya model atap memperoleh hasil yang kokoh dan kuat, alangkah baiknya, sebelum pengerjaan, Anda buat dan rancang denah yang mengikuti struktur bangunan utama terlebih dahulu. Misalnya saja, jika Anda ingin membangun rumah minimalis berlantai dua, maka desain atap konstruksinya pun harus mengikuti denah rumah berlantai dua. Lain hal lagi untuk desain atap rumah satu lantai, Anda bisa lebih bebas untuk mengkreasikannya sesuai selera Anda.

Ragam Model Atap

Bentuk model atap rumah yang tersedia dipasaran cukup beragam, pengaplikasiannya pun harus disesuaikan dengan bentuk  dan struktur rumah. Jadi ada berapa model atap rumah? Renovasik telah mengelompokkannya menjadi lima, dan tak perlu berlama-lama lagi, adapun model atap rumah yang bisa sahabat pilih untuk pembangunan atau renovasi rumah, bisa langsung Anda baca dalam hitungan menit saja. Mari kita mulai dari yang pertama.

Atap Sandar. Atap ini termasuk jenis atap yang paling sederhana diantara semua jenis atap rumah. Pemasangannya pun sangat mudah, hanya dengan menyandarkannya pada struktur atap. Model atap seperti ini pada umumnya digunakan untuk atap teras rumah minimalis.

Atap Datar. Selain atap sandar, atap datar juga termasuk jenis atap yang terbilang sederhana dan tidak memiliki variasi apapun. Sama seperti atap sandar, model Atap ini juga sering digunakan untuk bagian teras.

Atap Pelana. Atap ini terbentuk dari pertemuan garis lurus dibagian atas dengan dua bidang miring sebagai media penghubung. Garis lurus pada jenis atap ini pada umumnya berbentuk mengerucut. Masyarakat lebih sering mengenalnya dengan nama wuwungan.

Atap Perisai. Atap ini sangat mirip atau serupa dengan atap pelana, hanya saja kedua bidang miringnya berbentuk trapezium. Atap model ini juga dilengkapi dengan elemen segitiga pada kedua bidang miringnya dengan sudut kemiringan yang sama.

Atap Pelana dan Atap Perisai. Sesuai namanya, atap ini adalah kombinasi dari atap pelana dan atap perisai. Pada umumnya, para arsitek menambahkan detail atau variasi untuk lebih mempercantik tampilan dari kombinasi kedua jenis atap ini.

Kontak Kami