Panduan

5 Langkah Praktis Untuk Menjadikan Rumah Hunian Bebas Dari Semut



Sudah pasti Sahabat Renovasik disini telah mengetahui bahwa semut adalah binatang yang paling sering ditemui di banyak bangunan, terutama pada rumah hunian, Anda akan sering menemukannya di area dapur dan banyak tempat lainnya. Pada umumnya, adanya sisa makanan dan minuman manis akan membuat mereka datang berkumpul mengerubunginya.

Nah, apabila Anda ingin menjadikan rumah bebas dari semut, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa tipe semut yang menjadi lawan Anda kali ini, sebab, beda semut beda juga cara pendekatan dan strategi untuk mengatasinya.

Menurut seorang pakar serangga, dengan mengetahui apa jenis semut, makanan favoritnya atau di mana mereka pada umumnya bersarang akan membuat Anda lebih mudah untuk mengatasi kehadiran mereka. Contohnya, semut yang berbau pada umumnya tertarik pada makanan manis, sedangkan semut protein lebih menyukai daging dan sesuatu yang berminyak. Ada pula semut sang tukang kayu yang lebih suka pada sisa kayu untuk menjadikan tempat mereka untuk bersarang, tandanya cukup mudah untuk ditemukan, Anda dapat melihat mereka pada tumpukan kayu lapuk atau pasir di lantai di rumah hunian Anda.

Ok, setelah Anda mengetahui jenis semut yang akan Anda hadapi, tidak perlu lagi berlama-lama, berikut adalah lima langkah praktis yang bisa Sahabat Renovasik lakukan untuk menjadikan rumah bebas dari semut:

01. Jagalah Rumah Hunian Agar Selalu Bersih

Semut memiliki daya penciuman yang sangat peka, mereka menggunakannya untuk mengetahui dimana letak makanan berada, dan terkadang, hanya butuh satu ekor semut untuk menemukan sumber makanan atau remahan, mulai mengumpulkannya dan dalam waktu singkat teman-temannya akan datang untuk membantu ia. Untuk itu langkah praktis pertama yang bisa Anda lakukan adalah menjaga rumah hunian agar selalu bersih dari kotoran dan sisa-sisa makanan.

02. Tempatkan Makanan Manis Di Wadah Yang Terlindung

Bersih dari makanan manis, bukan berarti Anda harus menyingkirkan semua makanan tersebut dan gula dari rumah Anda, tempatkan saja mereka di tempat-tempat yang terlindung dari semut. Misalnya, menyimpannya dalam wadah yang kedap udara sehingga bau sisa makanan dan gula tidak mudah tercium. Ingat juga untuk selalu membersihkan sisa-sisa cairan manis dari sekitar botol, misalnya botol kecap didapur Anda.

03. Mengurangi Tingkat Kelembaban Ruangan

Makanan bukanlah satu-satunya hal yang menarik perhatian semut, layaknya manusia, semut juga membutuhkan air untuk bertahan hidup. Itulah alasan kenapa di musim kemarau seperti yang terjadi belakangan, semut banyak ditemukan didalam rumah, terutama di kamar mandi maupun dapur.

Cara praktis untuk mengurangi tingkat kelelembaban di kedua tempat tersebut adalah dengan menempatkan dan menyalakan kipas exhaust di ruangan-ruangan tersebut.

04. Gunakan Semprotan Untuk Menghilangkan Aroma Feromon Semut

Apakah Anda tahu, semut meninggalkan feromon di tempat-tempat yang mereka lalui? Hal inilah yang akan meninggalkan “jejak” bagi semut-semut lain untuk mengikutinya. Untuk menghilangkan aroma feromon semut, Anda bisa menyemprotkan campuran air dan jeruk lemon ataupun vinegar ke area sekitar dimana mereka berjalan beriringan.

05. Taburkan Bedak Bayi Pada Lintasan Semut

Langkah praktis yang terakhir adalah, selain menggunakan semprotan, Anda bisa menaburkan bedak bayi di area yang paling sering dilintasi oleh barisan semut, pada umumnya cara ini cukup ampuh untuk membuat semut tidak kembali lagi.

Bagaimana, cukup praktis dan mudah bukan?

Kontak Kami