Panduan

5 Jenis Genteng Pilihan Untuk Atap Rumah – Kelebihan dan Keunikannya!



Terlepas dari apapun bentuknya, keberadaan atap ibarat ‘nyawa’ bagi sebuah rumah, ia ada untuk menaungi, ia ada untuk melindungi kehidupan seluruh anggota keluarga Anda dibawahnya. Kami yakin, Anda juga pasti setuju dengan hal ini. Sudah, setuju saja yaaah …

Atap rumah, tidak hanya berfungsi sebagai pelindung dari hujan dan panas terik mentari, ia memiliki banyak manfaat lainnya. Dari segi estetika pun, atap rumah juga dapat menampilkan bagaimana karakter para penghuni rumah tersebut. Namun, kali ini Renovasik tidak akan membahas hal ini.

Jadi apa yang mau dibahas? Yang mau dibahas adalah salah satu benda yang selalu bertengger manis diatap rumah Anda. Apa itu? Yesss, Anda benar … Genteng!

Ya iyalah, kalo ngomong-ngomong tentang atap rumah, tentu erat kaitannya dengan benda yang satu ini. Karena apa? Karena genteng memiliki peran penting ditempat teratas dari struktur sebuah rumah, yakni sebagai pelindung keluarga Anda dari segala macam cuaca.

Genteng, layaknya komponen rumah lainnya, juga memiliki karakter yang berbeda-beda, dengan kata lain, setiap jenis genteng memiliki kelebihan dan keunikannya masing-masing, bahkan dari segi harga pun, bervariasi, tergantung dari kualitasnya.

Jenis-Jenis Genteng Untuk Atap Rumah

Dipasaran, Anda dapat menemukan beberapa jenis Genteng untuk atap rumah, Anda bisa memilih jenis genteng yang menurut Anda sesuai untuk rumah Anda. Apa saja jenisnya? Yuk, teruskan membaca.

1. Genteng Logam

Genteng berbahan dasar logam atau yang lebih dikenal dengan sebutan genteng metal, umumnya didesain lebar dengan ketebalan kurang lebih 0,3 cm. Dan karena memiliki model yang lebar, pemasangan genteng ini tidak membutuhkan banyak waktu dan material pendukung lainnya.

Instalasi genteng logam cukup mudah dan sederhana, dan juga relatif cepat. Bobotnya yang ringan, mengharuskan Anda memasang skrup agar posisi genteng tidak mudah berubah dari posisinya.

Genteng logam tersedia dengan berbagai pilihan warna, sehingga tampilannya bisa diserasikan dengan warna fasade dinding rumah Anda. Genteng ini, pada umumnya sangatlah awet dan tidak mudah bocor, karena dilapisi bahan khusus anti karat dan anti pecah. Tidak hanya itu, ia memiliki kelebihan lainnya, genteng ini dilengkapi dengan teknologi anti panas dan anti lumut, jadi Anda tidak perlu repot-repot mengecat ulang genteng ini. Uniknya, Anda harus memikirkan kerapian pemasangan dari awal untuk mendapatkan desain atap rumah yang terlihat sedap dipandang oleh mata.

2. Genteng Aspal

Jenis genteng yang sedang trending dan populer digunakan sebagai atap rumah belakangan waktu ini, berbahan dasar dari campuran aspal dan serat kayu. Jenis genteng ini memiliki banyak kelebihan, salah satu diantaranya adalah compatible dengan semua jenis rangka atap. Anda dapat mengaplikasikannya dengan atap kayu, beton hingga baja ringan. Keunikannya, meskipun terbilang lentur, genteng Aspal termasuk genteng yang tahan terhadap api dan anti bocor.

Genteng Aspal memiliki banyak pilihan warna. Modelnya yang cukup sederhana, cocok untuk Anda padukan dengan konsep rumah modern. Instalasinya pun terbilang mudah dan praktis. Namun, untuk memiliki genteng yang satu ini, Anda harus merogoh kocek dalam-dalam, karena harga genteng ini cukup mahal dipasaran.

3. Genteng Beton

Genteng beton adalah jenis genteng yang cukup kuat dan kokoh, ia memiliki ketahanan terhadap segala macam cuaca, tidak mudah bocor. Karena alasan inilah, genteng ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada rumah dengan konstruksi atap baja ringan

Kelebihannya? Hmmm… dari segi bentuk dan warna, genteng ini memiliki cukup banyak variasi yang bisa Anda pilih, jadi, Anda masih memiliki kuasa untuk memilih genteng beton yang sesuai dengan selera Anda. Keunikannya, hanyalah dari perbedaan bobotnya, genteng beton memiliki bobot yang lebih berat bila dibandingkan dengan jenis-jenis genteng lainnya.

4. Genteng Kodok

Genteng kodok, atau yang sering disebut dengan genteng tanah liat, termasuk salah satu genteng yang cocok untuk desain atap rumah minimalis modern. Yes, dari namanya saja, Anda pasti sudah tahu jika genteng ini terbuat dari material tanah liat yang telah di-press pada cetakan, lalu dibakar hingga benar-benar kering. Prosesnya membutuh pemanasan dengan menggunakan api pada suhu tertentu secara sempurna. Instalasinya pun membutuhkan kaitan genteng atau reng pada rangka atap, namun, bobotnya yang cukup ringan membuatnya lebih tahan lama karena tidak membebani rangka atap.

Pada umumnya, tampilan genteng tanah liat terlihat indah karena warna alaminya setelah proses pembakaran, yaitu warna orange kecoklat-coklatan. Namun jangan kuatir, bila Anda membelinya langsung ditoko bangunan, biasanya, genteng ini tersedia dalam berbagai pilihan warna.

Harga genteng kodok cukup murah, jauh dibawah harga genteng metal. Keunikannya, Anda membutuhkan ketelitian saat memasangnya karena bentuk dan ukurannya yang mungil. Semuanya dilakukan agar tidak ada celah yang bisa mengakibatkan kebocoran.

5. Genteng Kaca

Ya, sepertinya sudah tidak perlu disebutkan lagi kan yaaa bila genteng kaca adalah salah satu jenis genteng yang sering dimanfaatkan oleh banyak orang untuk ditempatkan pada ruangan tertentu, misalnya pada ruang keluarga atau ruang makan, tujuannya, tidak lain dan tidak bukan, adalah agar ruangan mendapatkan akses sinar matahari secara langsung.

Genteng jenis inilah yang juga biasa digunakan orang agar hemat pengeluaran, karena dengan menggunakannya, Anda tidak perlu menggunakan listrik yang berlebihan pada saat siang hari. Sekarang, Anda bisa tabung atau investasikan uang milik Anda.

Kontak Kami