Panduan

5 Cara Menata Ruang Kamar Tidur Mungil Agar Rapi, Enak & Nyaman Ditempati!



Kamar tidur berukuran mungil bisa menjadi problema?

Bisa. Bisa jadi untuk sebagian orang. Terutama bagi mereka yang sudah memiliki alasan penting kenapa harus mempunyai ruang kamar maupun rumah yang jauh lebih besar, misalnya karena alasan bertambahnya anggota keluarga yang tinggal dirumah tersebut. Caranya? bisa dengan jalan melakukan renovasi maupun membangun ulang rumah.

Lalu, bagaimana bila Anda belum punya dana untuk Renovasi? Jawabannya sangat simpel. Saat ukuran ruang kamar tidur mungil sudah menjadi problema, ya janganlah lagi diperparah dengan kondisi yang acak-acakan dan berantakan. Iya, kami tahu, kesibukan seringkali menjadi penyebab kurangnya waktu untuk menata ruang kamar bagi sebagian orang, terlebih lagi bagi mereka yang tidak memiliki asisten rumah tangga untuk membantu membereskan rumah. Namun, meskipun demikian, beristirahat di ruang kamar tidur mungil yang acak-acakan dan berantakan tentu tidak akan membuat Anda merasa nyaman, bukan?

Jadi, jangan jadikan alasan bahwa keberantakan ruang kamar tidur adalah karena Anda tidak memiliki asisten rumah tangga untuk membantu dalam menata dan merapikan ruang ruang kamar tidur. Anda bisa melakukannya secara mandiri. Bagaimana caranya? Anda bisa langsung mengaplikasikan tips-tips sederhana yang telah Renovasik rangkum supaya ruang kamar tidur Anda yang berukuran mungil bisa menjadi tempat yang rapi, enak dan nyaman untuk ditempati. Jadi, Anda akan merasa betah untuk tidur dan beristirahat disana.

1. Singkirkan Barang Yang Sudah Tidak Digunakan Lagi

Anda tidak perlu meletakkan banyak barang-barang yang sebenarnya tidak berguna pada ruang kamar tidur. Yuk, coba lihat kembali ruang kamar tidur Anda dengan baik, cek kembali apakah disana ada barang-barang yang sudah jarang Anda gunakan atau tidak.

Sudah ketemu? Segera simpan benda-benda tersebut ditempat lain seperti gudang atau tempat seharusnya. Atau, Anda bisa memberikannya atau men-sedekah-kannya kepada orang lain yang membutuhkannya. Ini jauh lebih bermanfaat.

O ya, cobalah membiasakan diri untuk segera memasukkan pakaian ke dalam lemari, misalnya setelah pakaian diseterika. Jangan sedikit-sedikit selalu meletakkan pakaian atau barang lainnya di area tempat tidur.

2. Buat Jadwal Untuk Membersihkan Ruang Kamar – Patuhi!

Yes, sesibuk apapun Anda, jadwal untuk membersihkan kamar haruslah tetap dibuat dan dijalankan dengan disiplin yang tinggi. Sediakanlah waktu, minimal satu hari dalam seminggu untuk membersihkan dan menata ruang kamar tidur.

Mulailah dari menata dan merapikan tempat tidur, membersihkan perabot-perabot dari debu, menyapu, hingga mengepelnya. Anda pun bisa mengganti posisi furniture untuk mendapatkan suasana baru yang lebih fresh setiap beberapa bulan sekali.

3. Tempatkan Kotak Penyimpanan dan Tempat Sampah

Menempatkan kotak penyimpanan di ruang kamar tidur akan memudahkan Anda untuk menyimpan benda-benda berukuran kecil yang mudah tercecer, membuat berantakan, atau bahkan hilang sehingga sulit dicari. Dengan memiliki kotak penyimpanan, Anda akan mudah mengelola barang-barang Anda.

Lalu bagaimana dengan tempat sampah? Adanya tempat sampah pun akan mengurangi kebiasaan Anda untuk menunda membuang sampah dan membiarkannya tergeletak begitu saja, sehingga ruang kamar tidur Anda pun akan terlihat jauh lebih bersih.

4. Kamar Tidur Adalah Tempat Untuk Beristirahat

Seperti fungsi dasarnya, ruang kamar tidur adalah tempat untuk beristirahat. Namun, acapkali banyak orang menjadikan ruang kamar tidur sebagai tempat untuk bersantai, nonton TV bahkan untuk tempat bekerja. Bagaimana penyelesaiannya? Segera pindahkan fungsi-fungsi lain tersebut ke ruangan lain seperti ruang tamu atau ruang keluarga, dan biarkan ruang kamar hanya menjadi tempat yang dikunjungi saat ingin beristirahat memulihkan energi atau untuk tidur disaat malam hari tiba.

Menjadikan ruang kamar tidur hanya sebagai tempat beristirahat akan membuat kualitas tidur Anda menjadi semakin lebih baik. Tidur lebih lelap dan nyenyak, serta bangun dengan segar. Anda pun siap untuk beraktifitas di hari yang baru.

5. Bila Memungkinkan, Ganti Furniture Kamar Tidur

Tips terakhir dari Renovasik ini adalah tips yang sifatnya opsional. Anda boleh melakukannya, boleh juga tidak, karena berhubungan dengan budget.

Nah, bila saat ini Anda sedang memiliki budget berlebih, atau dana diluar uang belanja, Anda bisa mengganti furniture ruang kamar tidur dengan furniture berdesain pintar dan multifungsi. Sudah banyak rumah hunian modern yang mulai menggunakan furniture jenis ini.

Seperti apa furniture-nya? Contohnya seperti tempat tidur tingkat ala loft dengan ruang kosong di bawahnya untuk dijadikan tempat kerja atau bersantai. Dan jika Anda butuh meja kerja, Anda bisa menggunakan meja lipat yang terintegrasi pada dinding untuk memaksimalkan luas ruangan.

Kontak Kami