Panduan

5 Cara Gampang Menggambar Denah Rumah Minimalis Idaman Anda



Sahabat, menggambar denah rumah bisa menjadi hal yang paling utama dan penting sebelum Anda mulai membangun rumah minimalis yang Anda idam-idamkan sejak lama.

Tentu saja, sebelum Anda membangun, Anda harus memvisualisasikan atau menggambarkan seperti apa rumah idaman Anda tersebut, betul kan? Dan salah satu caranya yaitu dengan pembuatan denah rumah. Pembuatan denah rumah minimalis ini bisa dimulai setelah Anda melakukan analisa bersama kontraktor maupun arsitek yang terpercaya, misalnya bersama Renovasik.

Anda dapat mulai dari menganalisa kebutuhan ruangan, lahan, rancangan arsitektur, desain interior, sampai dengan pengembangan rumah hunian minimalis sesuai dengan yang Anda kehendaki.

Nah, setelah semua proses analisa tersebut diselesaikan dan dikerjakan secara tuntas, barulah Anda bisa mendapatkan bagaimana bentuk bangunan dari rumah idaman Anda ini. Misalnya saja, Anda menghendaki denah rumah minimalis dengan empat ruangan kamar atau denah rumah minimalis type 45 berlantai dua yang sesuai dengan kebutuhan anggota keluarga Anda.

Apakah ada Sahabat disini yang ingin membuatnya sendiri? Jika Anda membutukan inspirasi dalam membuat denah rumah, gampang kok… Anda dapat melihat contoh-contohnya yang banyak tersedia di mesin pencari seperti Google ataupun Yahoo, website maupun di media sosial seperti Facebook dan Instagram maupun yang lainnya.

Namun meskipun bisa dikerjakan sendiri, Anda tetap harus memperhatikan poin-poin penting saat membuat denah rumah. Contohnya, denah setiap ruang haruslah tergambar dengan jelas dan menggunakan perbandingan dengan ukuran yang sebenarnya.

Dan berikut ini Renovasik telah rangkum lima cara gampang untuk menggambar denah rumah minimalis yang bisa Anda contek dan aplikasikan sekarang juga.

1. Letakkan Gambar Denah Rumah Didalam Lahan

Pertama-tama, letakkan gambar denah rumah didalam lahan. Dengan demikian, Anda bisa dengan mudah menentukan posisi dan lokasi dari setiap ruangan dan jalur aksesnya dengan area bagian luar bangunan.

2. Memberikan Nomor Pada Bagian Tiang Struktural

Hal kedua yang perlu Anda lakukan adalah memberikan nomor pada bagian tiang struktural. Adanya nomor ini pada denah akan mempermudah Anda dalam menggambar setiap potongan dari bangunan dan juga mempermudah pekerjaan disaat proses pembangunan rumah dimulai.

3. Pasang Nama Untuk Setiap Ruang Serta Ketinggiannya

Untuk mempermudah dalam mewujudkan rumah idaman Anda ini, berikan dan pasang nama untuk setiap ruangan. Tuliskan juga ukuran ketinggiannya dari titik acuan ±0.00.

Hal ini dilakukan supaya Anda mengetahui perbedaan ketinggian lantai dari setiap ruangan dan mempermudah pengerjaan pembangunan rumah idaman Anda tersebut.

4. Buatlah Skala & Arah Mata Angin

Ingat-ingatlah untuk menyertakan skala dari bangunan dan arah hadap rumah yang akan Anda bangun tersebut. Hal ini akan memudahkan kontraktor ataupun arsitek untuk menentukan posisi dari setiap ruang dan komposisi interior-nya.

5. Gambarkanlah Bentuk Akses Keluar Masuk Secara Spesifik

Akses pintu masuk maupun ventilasi udara adalah bagian yang tidak kalah pentingnya dari bangunan itu sendiri. Oleh karena itu, buatlah gambar dari bentuk pintu, jendela, ventilasi udara dan akses lainnya secara spesifik.

Tidak mau repot? Hubungi Renovasik segera yaaah….

Kontak Kami