Panduan

4 Tips Untuk Membangun Rumah Impian Yang Anda Dambakan Di Lahan Pribadi



Apakah sekarang Anda berniat membangun rumah yang Anda impi-impikan sejak lama? Jika YA, tentunya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar rumah tersebut dibangun sesuai dengan kebutuhan Anda, sekaligus fungsional.

Namun, sebelum kita membahas apa saja tipsnya, kita akan membahas terlebih dahulu bagaimana cara untuk memiliki rumah impian Anda. Ada tiga caranya, yaitu secara mandiri, melalui developer dan yang terakhir melalui platform Renovasik. Apa saja kelebihan dan keunikan dari ketiganya? Yuk kita telisik lebih dalam lagi....  

Pertama, membangun rumah secara mandiri. Ini artinya, Anda melakukannya tanpa melalui pihak Pengembang (Developer). Kelebihannya, Anda dapat membangun rumah suka-suka Anda. Memang tidak mudah dan jauh lebih rumit. Selain harus menyediakan sendiri uang cash yang bernominal besar, Anda juga harus lebih banyak mengorbankan tenaga, pikiran dan juga waktu.

Kedua, membeli rumah dari pihak Pengembang (Developer). Disini, Anda cukup membayar uang muka atau DP (down payment). Lalu kemudian, sisanya, Anda menggunakan KPR (kredit pemilikan rumah) yang dibiayai oleh pihak perbankan. Kekurangannya adalah, Anda harus puas dengan pola desain dan arsitektur yang telah disediakan oleh pihak Pengembang.

Ketiga, melalui Renovasik. Renovasik menggabung kelebihan dari kedua konsep sebelumnya. Jadi, bila Anda berniat membangun rumah impian yang Anda dambakan diatas lahan pribadi, namun juga menginginkan kemudahan pembayaran layaknya membeli rumah dari Developer, yaitu dengan menggunakan sistem angsuran, Renovasik bisa menjadi pilihan terbaik Anda.

Yes, itulah ketiga cara yang bisa Anda lakukan agar Anda dapat memiliki rumah milik Anda sendiri. Sekarang, tanpa basa-basi, langsung kita lanjut ke inti dari artikel ini, dan… inilah 4 tips untuk membangun rumah impian yang Anda dambakan dilahan pribadi.

 

Mempersiapkan Biaya Pembangunan

Hal penting pertama yang harus Anda perhatikan adalah, tentu saja biaya pembangunan. Benar, tentu saja Anda harus menyesuaikannya dengan budget yang Anda miliki.

Sekarang, bila Anda telah memiliki tabungan yang cukup, tentu tidak akan menjadi problema yang besar bagi Anda. Anda dapat segera memulai pembangunan rumah impian Anda tersebut.

Lalu bagaimana jika dana Anda terbatas? Tenang, semua pasti ada solusinya. Bila dana terbatas, tidak ada salahnya jika Anda sekarang langsung menghubungi pihak Renovasik untuk tanya-tanya dan menemukan informasi bagaimana proses cara membangun rumah dengan sistem angsuran.

Sesuaikan Gaya Rumah Dengan Kebiasaan

Gaya Rumah, tentu saja harus disesuaikan dengan aktivitas serta kebiasaan Anda dan keluarga setiap harinya. Misalnya, jika Anda suka berkumpul bersama diruang keluarga, maka Anda dapat memprioritaskan perihal ukuran dan fasilitas diruang keluarga.

Begitupun juga dengan Anda yang suka berlama-lama di kamar mandi, Anda dapat membuat ruang ini menjadi senyaman mungkin agar Anda merasa betah saat beraktivitas didalamnya. Tidak suka menerima tamu berlama-lama? Anda tidak perlu membuat ruang tamu yang terlalu besar, atau tidak perlu membangun kamar tidur tamu.

Sesuaikan Desain Rumah Sesuai Dengan Selera

Salah satu kelebihan membangun rumah secara mandiri adalah Anda dapat menyesuaikan desain dan arsitektur yang sesuai dengan selera. Semua ini dilakukan agar Anda dan keluarga menjadi semakin merasa betah berada dirumah..

Contohnya, bila Anda menyukai rumah dengan gaya desain minimalis, Anda bisa membuat konsep rumah hunian bergaya minimalis pula. Begitupun pula jika Anda menyukai gaya-gaya lainnya yang mungkin sangat Anda inginkan.

Konsultasikan Dengan Pihak Terbaik

Nah, jika Anda sudah memiliki desain rumah didalam benak Anda, namun merasa kesulitan dalam menuangkannya, Tentu Anda harus mengkonsultasikannya dengan pihak terbaik sebelum Anda membangun rumah. Salah satunya dengan berkonsultasi maupun menggunakan jasa arsitek untuk membuatkan desain rumah sesuai dengan yang Anda cita-citakan.

Pada umumnya, arsitek juga dapat memberikan panduan yang menjembatani antara keinginan dan bagaimana pantas dan terbaiknya tampilan rumah Anda. Hmmm… lagi-lagi disini Anda dapat mengkonsultasikan desain rumah yang Anda sangat inginkan bersama Renovasik lho…

Jadi, sekarang Anda sudah mendapatkan semua tipsnya. Selamat membangun rumah impian Anda ya!

Kontak Kami