Panduan

4 Tips Praktis Memilih Model Pagar Besi Minimalis Agar Serasi Dengan Rumah Anda



Banyak orang telah menyadari bahwa keberadaan pagar besi minimalis ikut menunjang keindahan dari sebuah rumah. Selain mereka tahu bahwa hal tersebut memiliki fungsi sebagai pembatas lahan antara rumah dan jalan, pagar besi minimalis juga dapat untuk memperindah taman, sekaligus memberi ruang privasi bagi Anda maupun keluarga yang menempatinya.

Untuk itu, kali ini Renovasik hadir memberikan solusi terkait hal ini. Baik tanpa basa-basi dan berlama-lama, mari kita mulai saja.

Sebelum Anda mengambil keputusan untuk memilih satu dari desain pagar besi tertentu yang Anda dambakan, alangkah lebih baiknya Anda mempertimbangkan terlebih dulu beberapa tips-tips dari Renovasik berikut ini:

1. Gaya Rumah.

Apa model atau gaya rumah Anda saat ini? Apakah bergaya country, modern minimalis, klasik, mediteran, atau yang lainnya? Atau mungkin rumah Anda bergaya khas etnik atau tradisional daerah tertentu? Apapun gaya dari rumah Anda, model pagar besi sebaiknya juga masih satu tema dengan desain rumah sehingga pengembangan desain, bentuk, dan detail pagar juga akan selaras atau harmonis dengan tema rumah tersebut.

Contohnya, Anda pastinya akan memilih pagar besi yang memiliki desain dari ornamen, pilihan warna, material utama, serta material tambahan yang tidak akan menyimpang dari tema desain rumah.

Bagi Anda yang memiliki rumah minimalis, biasanya Anda akan menggunakan pagar besi dengan bentuk-bentuk yang simpel atau sederhana, serta lurus-lurus tanpa banyak menggunakan permainan bentuk dan desain.

Bila pagar besi Anda selaras atau harmonis dengan gaya rumah Anda, tentu saja hal ini akan menambah kesan indah pada rumah Anda kan ...

2. Luas Rumah & Jarak Terhadap Bangunan.

Hal kedua yang layak Anda pertimbangkan adalah jarak antara rumah dan pagar. Apakah rumah Anda termasuk rumah yang berukuran besar, sedang, atau rumah minimalis dengan bentang pagar yang berukuran tidak lebih dari 6 meter? Pagar besi untuk rumah mungil sebaiknya jangan menggunakan desain pagar yang terlalu rumit dan banyak warna. Pilihlah pagar besi dengan bentuk ramping, sederhana & sesuai dengan rumah Anda.

Ukuran pagar besi minimalis yang tinggi, besar, dan terlihat “gagah” akan tampak bagus dan pas untuk rumah yang berukuran besar dan luas seperti di perumahan-perumahan mewah pada umumnya. Meskipun memiliki pagar yang tinggi, namun karena rumahnya juga berukuran besar, maka rumah Anda akan tetap terlihat lebih gagah dari luar.

Sedangkan untuk rumah dengan tipe yang mungil, sebaiknya Anda tidak menggunakan pagar yang tinggi, sehingga nanti rumah Anda malah tidak terlihat karena terkesan tenggelam. Pilih saja pagar besi minimalis yang juga berukuran mungil ataupun transparan.

3. Bentuk, warna & proporsinya.

Untuk hal ini, bentuk & warna akan sangat membantu jika Anda memilih dengan tepat dan benar. Untuk rumah dengan ukuran yang besar dan sedang, ketentuan serta pendekatan untuk desain dan penampilannya sama saja dengan rumah yang berukuran mungil.

Namun untuk rumah yang berukuran besar tentu saja akan memiliki lebih banyak pilihan desain, lebih fleksibel. Ornamen dan bahan yang dapat Anda pilihpun lebih beragam dan penuh warna. Lebih dapat pula Anda aplikasikan dalam berbagai bentuk dan tema. Trend bentuk railing pagar rumah akan selalu berkembang mengikuti perkembangan teknologi dan variasi bahan bangunan yang ada di pasaran. Anda bisa mengikuti trend yang sedang berkembang dengan menggunakan koneksi internet yang Anda miliki.

4. Pilihan Material.

Karena saat ini Renovasik sedang menuliskan tentang pagar besi, sudah barang tentu besi merupakan bahan yang akan Anda pilih untuk Anda gunakan. Alasannya, tentu saja karena harganya relatif lebih murah dan mudah perawatannya. Lain halnya, di samping kuat, jika besi yang Anda pilih memiliki finishing yang baik serta diberi antikarat yang tepat, besi juga salah satu unsur yang mudah untuk dibentuk.

Untuk rumah yang mungil, sebagai alternatif Anda bisa menggunakan atau menambahkan bahan dari kayu. Untuk pilihan material kayu, Renovasik sarankan untuk dipotong dengan pola ukuran kecil dan di pasang vertikal. Kombinasi kayu dengan besi juga menjadi pilihan yang baik bagi rumah yang besar, sedang, maupun mungil.

Kombinasi lainnya, besi bisa dengan dinding bata lapis jenis batu hias, semacam batu candi, andesit, batu granit, marmer, dll. Untuk pemakaian jenis batu sebaiknya Anda coating dengan polesan yang dijual di pasaran agar awet lebih lama serta terhindar dari jamur.

Untuk pagar rumah yang mungil, Renovasik anjurkan untuk memilih jenis bebatuan selain yang berwarna hitam seperti batu candi atau andesit. Namun, jika Anda tetap menginginkannya, jadikan saja hal itu sebagi aksen di pagar besi minimalis di rumah Anda.

Kontak Kami