Panduan

4 Hal Yang Harus Anda Lakukan Sebelum Membeli Lemari Pakaian



Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, lemari memiliki fungsi untuk menyimpan barang-barang, terutama untuk menyimpan pakaian dan segala aksesorisnya supaya ruang kamar dan rumah tidak terlihat berantakan. Dan untuk alasan ini, hampir setiap keluarga, pasti setuju bahwa mereka membutuhkan lemari pakaian untuk mewujudkannya. Kami juga merasa bahwa sebagian besar Sahabat Renovasik disini juga mengamininya, kan…

Lemari pakaian pada umumnya ditempatkan pada ruangan yang bersifat personal, misalnya seperti ruangan kamar tidur. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan untuk meletakkannya diruangan lainnya. Bahkan, beberapa kali kita pernah melihat, tidak jarang juga, sebagian dari keluarga-keluarga menempatkan lemari di tempat berbeda, contohnya dibeberapa sudut ruangan keluarga.

Cukup penting lho untuk mendesain lemari pakaian supaya bisa Anda pergunakan secara fungsional, tanpa harus mengorbankan banyak ruang diruamh hunian Anda. Dan berikut ini telah Renovasik kumpulkan empat hal yang harus Anda lakukan sebelum membeli lemari pakaian supaya nantinya lemari dapat berfungsi secara optimal.

1. Awali Dengan Mengidentifikasi Kebutuhan

Yes, semuanya tentu diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan. Pertama, Anda perlu merenungkan apa tujuan dari memiliki furniture ini, dalam hal ini adalah lemari pakaian, sebelum memilih gaya dan ukuran lemari.

Lemari pakaian, pada umumnya tersedia dalam berbagai ukuran, ada yang sudah sepaket dengan laci interior, rak dasi, ruang gantung maupun tempat penyimpanan perhiasan. Ada pula yang tidak.

Jadi pertama-tama, tentukan terlebih dahulu apa kebutuhan Anda sebelum memilih desain lemari pakaian. Tanyakan pada diri Anda, Apakah Anda membutuhkan banyak ruang tempat penyimpanan, ataukah tidak? Hal ini akan mempengaruhi keputusan apakah Anda dalam memilih lemari pakaian yang tepat. Anda bisa memulai dengan pertanyaan dibawah dan mengembangkannya sesuai dengan kreatifitas Anda.

“Apakah Saya membutuhkan lemari yang besar?”
“Apakah Saya membutuhkan lemari berlaci?”

“Apakah Saya membutuhkan ruang gantung?”
Dll. 

Semuanya kembali pada jumlah banyaknya pakaian dan aksesoris yang Anda miliki.

2. Mengukur Ruangan Dimana Lemari Akan Diletakkan

Hal kedua yang bisa Anda lakukan adalah pengukuran ruangan dimana lemari pakaian akan diletakkan.

Bila Anda berniat meletakkan lemari diruangan kamar tidur, maka Anda harus mengukur ruang kamar tidur tersebut. Berapa tinggi ruangan? Berapa lebar ruangan? Berapa lebar pintu Anda dll?

Hal ini dilakukan agar lemari pakaian dapat ditempatkan secara sempurna diruangan tersebut. Dengan mengukur terlebih dahulu ukuran ruangan kamar, Anda akan mengetahui seberapa besar ukuran lemari yang cocok untuk ruangan kamar.

Pengukuran ini akan menyelamatkan Anda dari ukuran lemari yang kebesaran, kekecilan atau bahkan menjadikan ruang kamar menjadi terlalu sempit.

O ya, ingat-ingat hal ini, pada saat Anda mengukur lemari pakaian, pastikan Anda juga mengukur trim di bagian bawah atau atas lemari, hal ini pada umumnya memperpanjang bingkai lemari.

3. Bahan Material & Warna Cat Lemari Pakaian

Hal ketiga yang dapat Anda lakukan adalah memilih bahan material dan cat lemari pakaian apa yang tepat bagi Anda. Semuanya kembali dan berpulang kepada selera masing-masing.

Apakah Anda berniat memiliki lemari dari kayu jati yang kuat?
atau berniat memiliki lemari dari material baja anti-karat dll?

Selalu tanyakan hal tersebut sebelum Anda membeli lemari pakaian agar Anda tidak kecewa nantinya.

Lalu kemudian tentang warna cat lemari, Anda bisa merenungkan apa warna lemari tersebut. Apakah Anda akan menyesuaikannya dengan warna ruangan kamar, atau menyesuaikannya dengan tema ruangan kamar tidur.

Percayalah, hal ini akan membuat hati Anda merasa puas saat menempatkan lemari pakaian tersebut nantinya.

4. Pemilihan Fitur Untuk Fungsi & Estetika Lemari Pakaian

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah tentang pemilihan fitur fungsional dan estetika lemari pakaian tersebut. Pertimbangkanlah keefisienan sekaligus fakto keindahan lemari didalam ruangan.

Agar lebih jelas dan mudah dipahami, ijinkan Renovasik bercerita sedikit saja tentang hal ini yaah…

Saat ini, ada tren terbaru yang mencuat dalam dunia furniture yang menggemparkan dunia, yaitu konsep lemari pakaian dengan menggunakan fitur pintu geser. Meningkatnya kepopuleran desain lemari pakaian ini dapat dikontribusikan pada faktor-faktor penting seperti pengeluaran, efektivitas ruang maupun kemudahan dalam penggunaannya. Dengan menggunakan pintu geser, akan menjadikan lemari ini sangat fleksibel dan memudahkan Anda dalam mengoperasikan lemari. Selain itu, desainnya yang menawan pun akan lebih memperindah ruangan kamar.

Dengan lemari model seperti ini, Anda akan lebih merasa nyaman dan senang beraktifitas di dalam kamar.

Kontak Kami