Panduan

3 Tips Sederhana Untuk Menciptakan Desain Kontemporer di Rumah Anda



Apakah Anda tahu, desain interior kontemporer mungkin adalah salah satu gaya yang paling sering disalahpahami oleh banyak orang, karena kebanyakan dari mereka, lebih memahami bahwa desain kontemporer adalah gaya desain untuk menciptakan sebuah gaya rumah berdasarkan pada era tertentu saja, namun faktanya, desain bergaya kontemporer juga terus berkembang, bahkan dapat beradaptasi dengan gaya yang sedang populer dan kekinian.

Inilah keunikan dan kelebihan dari gaya desain kontemporer, gaya ini dapat beradaptasi dengan gaya desain interior apapun, mulai dari gaya desain interior modern, minimalis ataupun desain interior tradisional.

Nah, untuk Anda yang sangat menyukai desain kontemporer dan berniat untuk mengaplikasikannya di rumah hunian Anda, berikut tiga tips dari Renovasik yang akan membantu Anda untuk menciptakan keindahan desain yang dikabarkan penuh dengan kesejukan dan ramah bagi penghuninya ini. 

1. Warna Background Yang Netral

Salah satu tujuan dari desain interior kontemporer adalah menciptakan sebuah lingkungan yang penuh ketenangan dan bebas dari rasa stres setelah seharian berkerja dan beraktifitas, dan untuk mendapatkan kedua hal tersebut, mulailah dengan menggunakan warna netral untuk background atau latar belakang dinding rumah Anda.

Yang perlu Anda ingat, menggunakan warna netral itu bukan berarti menjadikan rumah Anda tidak dapat tampil bersinar dimata mereka yang melihatnya. Anda juga dapat membuatnya tampil menonjol dengan memilih lebih banyak warna yang lebih lembut untuk melengkapi warna netral yang Anda pilih untuk dinding rumah Anda.

Misalnya, untuk membuat sebuah ruangan tampil memukau, Anda bisa mulai dengan mengecat dinding dengan warna netral favorit Anda, contohnya seperti warna putih, abu-abu atau krem muda. Kemudian, bila Anda suka, Anda bisa menambahkan corak bunga dengan melapiskan berbagai warna didinding rumah, lalu Anda bisa menambahkan aksen hitam atau coklat gelap untuk menciptakan kontras pada ruangan.

2. Hiasan & Furniture Yang Sederhana

Hasil final sesungguhnya dari desain interior kontemporer adalah, Anda dapat menempatkan semua furniture secara fungsional dan praktis di rumah hunian Anda. Ini artinya, penempatan barang-barang tersebut haruslah bisa membuat Anda dan keluarga tetap merasa leluasa dan nyaman saat berada didalam ruangan.

Bagaimana caranya? Cukup sederhana, Anda cukup menggunakan aksen dan hiasan yang sederhana untuk dinding rumah Anda. Untuk furniture pun, Anda bisa memilih meja, kursi maupun lemari yang halus dan ramping untuk ditempatkan dalam ruangan.

3. Semakin Sedikit Perabotan Semakin Lebih Baik

Semakin sedikit semakin jauh lebih baik. Hal ini sama pentingnya dengan pemilihan hiasan dan furniture sederhana yang dibahas dipoin kedua sebelumnya.

Sesuai dengan sifatnya yang minimalis, desain kontemporer juga lebih menyukai penampilan ruangan yang tertata rapi dan lega. Dan, untuk mencapai tampilan desain kontemporer tersebut, Anda bisa tetap menjaga setiap detail ruangan tetap bersih dengan dekorasi seminimal mungkin.

Namun, meskipun demikian, Anda juga masih bisa menambah dan mengkombinasikannya dengan perabotan versi mini untuk diletakkan didalam ruangan. Hal ini untuk menjaga ruangan tetap terlihat lebih lapang dan lega.

Kontak Kami