Panduan

3 Tips Mempercantik Interior Rumah: Dinding Ruang Dengan Panel Kayu



Apakah Anda tahu, banyak orang menyadari bahwa dinding rumah yang polos kadang-kadang terlihat membosankan dan membuat jenuh? Oleh karena hal itu, kerap kali mereka suka memberi hiasan seperti lukisan, foto, poster, ataupun menutupnya dengan wallpaper berhias gambar dan warna-warni yang cantik. Mungkin ada salah satu atau lebih dari Sahabat Renovasik disini yang melakukannya juga kan... Namun sebagai sebuah alternatif pilihan lain yang unik, apakah Anda tahu bahwa dinding di rumah hunian dapat Anda percantik dengan melapisinya dengan panel-panel kayu? Hmmm… sangat menarik bukan? Tentu saja.

Lalu, kenapa harus kayu? Alasannya adalah karena kayu memiliki tekstur dan warna alami yang natural serta menarik. Anda dapat menyusun panel-panel kayu dengan membiarkan corak alami mereka seperti apa adanya. Dengan demikian, nuansa alam yang hangat dapat tercipta di rumah hunian Anda.

Selain karena menghadirkan faktor keindahan alami, kayu juga mempunyai beberapa kelebihan apabila dibandingkan dengan material-material bangunan yang lain. Misalnya saat dibandingkan dengan material logam, kayu memiliki kelebihan tersendiri dalam berinteraksi dengan cuaca panas. Semakin banyak menyerap panas, logam akan mudah memuai serta menjadi renta. Namun sebaliknya, kayu justru menjadi semakin kuat, kering, dan relatif tidak mengalami pemuaian seperti material logam.

Selain hal diatas, kayu juga memiliki kelebihan dalam bidang akustik. Salah satu manfaatnya adalah kayu dapat meredam suara, sehingga meminimalkan efek gema dan dampak bising di dalam ruangan di rumah Anda. Dan disamping kelebihan-kelebihan ini, kayu pun cukup fleksibel untuk Anda olah dengan beranekaragam cara. Ada beberapa ide atau gagasan dasar dalam memanfaatkan kayu untuk mentransformasi dinding yang membosankan menjadi dinding yang memiliki daya tarik yang memikat di dalam ruangan di rumah Anda.

Bagi Sahabat Renovasik yang memiliki ruangan yang bentuknya memanjang, mendekorasi sisi terjauh dengan panel-panel kayu layak  untuk Anda coba. Aksen kayu pada sisi terjauh ini dapat “membuat dekat” dinding tersebut serta menyatukannya dengan nuansa dari keseluruhan ruangan. Hmmm…Apalagi saat Anda menambahkan meja-meja kayu di tengah ruangan, akan membantu membuatnya lebih terpadu layaknya salah satu ruangan di Boutique Mews House, London di Inggris sana.

Sedangkan, apabila rumah hunian Anda memiliki koridor-koridor didalamnya, Anda dapat memasang dinding kayu pada salah satu sisi dinding. Dinding kayu ini dapat menjadi background bagi foto dan lukisan yang ingin Anda gantungkan disana. Ditambahkan dengan sistem pencahayaan yang baik di koridor tersebut, dapat menjadikan Anda serasa berada di sebuah galeri seni.

3 Tips Bagaimana Cara Mempercantik Panel Kayu

Nah Sahabat Renovasik, untuk memaksimalkan potensi kayu dalam mempercantik dinding dan ruangan rumah hunian, ada 3 hal perlu Anda perhatikan:

Pertama, coba kenali karakteristik kayu yang akan Anda gunakan, terutama tekstur serta warnanya. Kayu yang berbeda jenisnya memiliki tekstur yang berbeda pula. Demikian juga warnanya, ada yang berwarna cokelat tua hingga cokelat kehitaman, ada pula yang berwarna terang. Ingat juga, setiap kayu memiliki tingkat kekerasan dan kelenturan yang berbeda. Contohnya, kayu jati, lebih keras daripada kayu mahoni.

Kedua, teknik pemasangan yang Anda putuskan untuk Anda gunakan juga berperan dalam memaksimalkan karakteristik kayu. Anda dapat memanfaatkan tekstur melintang kayu, namun tekstur kayu yang membujur pun dapat memberikan corak yang sangat memikat. Jadi, alih-alih menyusun papan-papan panjang misalnya, Anda dapat menyusun kotak-kotak dari potongan membujur kayu. Cara ini akan memperlihatkan keindahan dari busur-busur lingkaran tahun kayu.

Terakhir dan tidak kalah penting untuk Anda perhatikan, tidak salah, bahkan sangat boleh apabila Anda memutuskan untuk membuat potongan-potongan kayu dengan ukuran ketebalan yang tidak sama. Dinding kayu yang tidak merata memiliki keindahan dan pesonanya sendiri. Belum lagi apabila Anda menyusunnya dengan mempertimbangkan gradasi terang dan gelap dari potongan kayu. Dengan hal ini saja, Anda akan mendapatkan dinding “pixelate” yang mempesona.

Ahhh…semoga beberapa ide dari Renovasik di atas dapat mengilhami serta menginspirasi Anda untuk menciptakan keindahan alami kayu ke dalam rumah hunian Anda yaa. Let’s be creative.

Kontak Kami