Utamakan Keselamatan! 4 Cara Jadikan Gudang Tempat Yang Jauh Lebih Aman



Tidak seperti layaknya lokasi konstruksi, keselamatan gudang kerapkali diremehkan, alasannya gudang selalu terlihat aman-aman saja.

Terlihat aman karena lokasinya jarang tersedia mesin yang berbahaya, dan kegiatan operasionalnya pun tidak memiliki resiko tinggi.

Namun kenyataannya, kecelakaan di gudang cukup sering terjadi, meski umumnya tidak pernah atau jarang berakibat fatal atau beresiko terhadap jiwa.

Misalnya, dalam ketergesaan memenuhi orderan guna memenuhi tenggat waktu yang singkat, kerapkali terjadi resiko yang tak terduga.

Aktivitas berulang seperti memindahkan dan mengangkat barang berbobot berat bisa menyebabkan kelelahan otot dan cedera.

Lalu bagaimana caranya supaya gudang menjadi tempat yang jauh lebih aman? RenovAsik yakin kita bisa meningkatkan keamanan gudang lewat:

Desain & ergonomi yang lebih baik.
Membangun budaya keselamatan.
Memiliki prosedur operasi standar (SOP).
Mengadakan pemeriksaan keamanan rutin.

Desain & Ergonomi Yang Lebih Baik

Gudang mungkin saja tidak pernah seaman ruangan kantor, namun kita bisa meminimalkan resiko keselamatan melalui desain yang baik.

Misalnya, untuk mencegah peralatan berat berguling perlu dilakukan standar pemasangan docking plate dengan permukaan non-selip.

Selain itu penggunaan tepian berwarna kuning pada pelat tersebut bisa membantu mencegah operator gudang melewati jalur disamping.

Permukaan lantai pun harus diperhatikan, kehalusan dan jalur bebas hambatan layak diperhatikan untuk meminimalkan resiko tergelincir maupun jatuh.

RenovAsik sangat menyarankan untuk menempatkan pelindung rak sebagai pelindung dari berbagai macam benturan yang bisa saja terjadi.

Membangun Budaya Keselamatan

Mengingat kedinamisan gudang, hampir tidak mungkin untuk membuat daftar apa yang boleh atau tidak untuk dilakukan supaya bebas dari resiko keselamatan.

Hanya dengan mengembangkan budaya keselamatan dan menanamkannya secara disiplin kepada para staf, kita dapat mengatasi masalah keselamatan dengan tepat.

Dengan demikian, misalnya mereka akan menyadari bahwa mereka tidak boleh meninggalkan barang-barang besar di lokasi dimana orang bisa saja terbentur.

Barang haruslah ditumpuk atau disimpan dengan aman dan lantai harus dijaga tetap kering untuk mencegah resiko tersebabnya jatuh dan tergelincir.

Pada akhirnya, para staf gudang pun tidak akan tergoda untuk melanggar peraturan, bahkan ketika terdesak waktu saat membutuhkan yang diperlukan.

Memiliki Prosedur Operasi Standar (SOP)

Mengembangkan prosedur operasi standar (SOP) yang baik bagi para karyawan adalah karakter dari bisnis yang berjalan dengan baik.

Membuat SOP akan menempatkan semua orang pada level atau tingkatan yang sama, dan memastikan operasional gudang berjalan dengan konsisten.

Contohnya apa saja? Misalnya SOP penerimaan, penyimpanan, pemeriksaan persediaan, pengambilan orderan, distribusi maupun penanganan retur.

Gunakan meja kerja ergonomis untuk Quality Control atau pengemasan, gunakan lift gunting hidrolik untuk membawa muatan ke tempat tinggi.

Tetapkan beban berat maksimum untuk tas jinjing atau paket demi tujuan memastikan staf tidak harus menangani beban yang berlebihan.   

Mengadakan Pemeriksaan Keamanan Rutin

Untuk beberapa alasan seperti kecelakaan, tabrakan, barang jatuh atau salah tempat yang tidak dilaporkan. Inspeksi rutin bisa menjadi solusi terakhir.

Contohnya, untuk sistem racking, kerusakan apa pun pada rak yang tegak akan memengaruhi struktur dan mengurangi daya dukung bebannya.

Jika rak tersebut runtuh, tidak hanya akan merusak barang dan mengganggu operasional gudang, namun juga bisa merusak reputasi perusahaan.

Oleh sebab itu, semuanya harus diperiksa dengan baik dan teliti – mulai dari hak atas, balok, alas kaki, penyangga hingga ke sambungan racking.

Belilah rak dari penyedia terpercaya yang memenuhi semua standar desain internasional. Jika bisa, juga yang memiliki daftar program inspeksi dan pemeliharaan rak.

Pastikan semua rak memiliki papan tanda yang berisi data seberapa besar beban dan kondisi kerja yang aman saat rak digunakan.

Dengan demikian, sebagian besar kecelakaan gudang bisa dihindari jika Sahabat RenovAsik menerapkan dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.