Tak Kalah Memikat – Mari Kita Kenalan Dengan Gaya Dekorasi Rococo Yang Menawan



Rococo juga kerap dikenal dengan nama Rocaille atau Late Baroque, sebuah gaya arsitektur bangunan yang memiliki detail rumit namun sekaligus berlapis.

Timbul sebagai tanggapan terhadap seni klasik Perancis dan arsitektur Barok yang diagung-agungkan oleh sang pemimpin, gaya Rococo lahir tidak lama setelah kematian Sang Raja, yaitu Louis XIV.

Yes, gaya bangunan ini muncul pertama kali di abad ke-18. Di era ini, masyarakat Paris baru kembali dari kota Versailles dan mulai membangun serta merenovasi rumah dengan penuh semangat, bebas dan ringan.

Rococo begitu populer. Ini terlihat dari gaya dekorasi salon yang pada umumnya digunakan untuk menjamu tamu yang datang. Dan, gaya ini telah menjadi acuan di tahun 1723 dan 1759, lalu kemudian menyebar bagai virus ke seluruh Perancis dan berbagai negara di belahan Eropa.

Jika Sahabat Renovasik sempat menelusuri mesin pencari google, Anda akan kerap melihat dekorasi Rococo yang layaknya kue pernikahan berwarna pastel yang lembut dan penuh gaya. Anda dapat melihatnya dari desain interior, furnitur dan karya seni berkarakter sama yang menghiasinya, begitu terlihat meriah. Daya tarik feminin inilah yang menjadi dasar desain utama, dilakukan untuk mengimbangi dominasi gaya maskulin yang seringkali ditemukan di pemerintahan raja Louis XIV.

Elemen Inti Dekorasi Rococo

Rococo adalah sebuah gaya arsitektur yang sangat teatrikal dan dekoratif. Didalam pengaplikasiannya, kerap menggunakan elemen dekoratif yang mengkombinasikan kurva dan kurva counter, serta bentuk asimetris yang berdasarkan bentuk C dan S.

Jika Anda jeli, Anda akan melihat bahwa Rococo kental dengan pengaruh alam, contohnya, dekorasinya kerapkali meniru tampilan bunga, kerang, burung, kerikil, bunga, daun dan tanaman merambat. Disisi lain, sering juga menggambarkan pesona daerah Timur seperti ukiran pagoda, naga, malaikat dan alat musik.

Salah satu karakter Rococo yang mudah dikenali yaitu adanya penggunaan trompe-l'œil, contohnya langit-langit rumah yang sering diwarnai agar terlihat seperti langit yang sesungguhnya.

Interior Rococo juga kerap menampilkan hiasan dekorasi seperti lukisan dinding, cetakan pahatan dan gulungan, dan didalamnya didominasi oleh penggunaan cermin. Untuk warna, umumnya ruangan dicat dengan menggunakan warna pastel yang ringan seperti merah muda, biru muda atau kuning muda.

Salah satu contoh bangunan yang didesain dengan gaya Rococo dapat Anda temukan pada Hotel de Soubise di Paris, Perancis. Interior Hotel inilah yang menjadi salah satu contoh terbaik dari gaya Rococo.

Didesain ulang oleh Germain Boffrand di tahun 1730-an, hotel ini berisi kamar-kamar berbentuk oval yang menunjukkan keindahan boiseri, penuh cermin dan detail berukirnya serta langit-langit yang berwarna pastel.

Dan tahukah Anda, kamar-kamar di dalamnya tetap menjadi lokasi syuting film favorit untuk mengkisahkan kehidupan Marie Antoinette hingga saat ini?


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.