Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Beda Desain Interior Coworking Space dan Kantor



Umumnya, semua jenis pekerjaan memiliki kantor sebagai ruang untuk bekerja serta bertemu dan berdiskusi dengan rekan.

Namun, seiring dengan berkembangnya karir dan profesi, tren work from home (WFH), lokasi bekerja menjadi lebih fleksibel.

Sekarang, pekerjaan bisa dilakukan dari mana dan kapan saja, salah satunya dengan memanfaatkan area kerja bersama (coworking space.).

Meskipun coworking space dan ruang kantor sama-sama digunakan untuk bekerja, tetapi urusan desain interior dari keduanya berbeda.

Berbeda, karena jika kita bicara tentang desain ruangan, artinya kita bicara tentang siapa yang akan menggunakan ruangan tersebut.

Contoh saja, jika Anda berniat mendesain rumah, setidaknya kita harus mengenali karakter penghuninya, demikian juga dengan desain ruang kantor.

Sebelum mendesain kantor, biasanya penyedia jasa akan meminta profil dari perusahaan, mulai dari bidang usaha, warna identitas, hingga jumlah karyawan. Karena pada umumnya, desain kantor biasanya lebih dekat dengan karakter dari perusahaan tersebut.

Sedangkan area kerja bersama (coworking space), karena akan digunakan oleh pekerja dan freelancer yang beragam, desain interiornya pun disesuaikan dengan konsumen. Atau target pelanggannya.

Nah, karena Coworking space akan dimanfaatkan oleh lebih banyak orang, tempat bekerja bersama ini menyediakan ruang publik, hingga semi publik seperti ruang meeting.

Ruang yang terkadang mengusung konsep kafe ini biasanya menempatkan sekat di belakang meja, ini dilakukan karena satu space bisa disewa oleh satu perusahaan.

Benar, coworking space memiliki tempat yang disekat umumnya disewa oleh perusahaan swasta yang masih baru. Umumnya, karena penghasilan yang belum besar, menjadikan mereka untuk menyewa coworking space untuk menghemat bujet.

Supaya bisa nyaman untuk digunakan oleh berbagai kalangan dari berbagai bidang, desain interiornya pun menjadi lebih general, penyedia jasa umumnya mengikuti keinginan dari pemilik area kerja bersama tersebut.

“Bedanya sudah jelas, Coworking space adalah ruang kantor, namun fungsinya untuk digunakan bersama atau secara publik. Tempat dan lokasinya pun lebih estetis.” Tutup Indra Setiawan, CEO RenovAsik.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.