Renovasilah Rumah Tua Anda Menjadi Rumah Minimalis Modern – Sekarang Juga!



Apakah rumah tua yang Anda tinggali saat ini sudah rusak dimakan usia? Solusi terbaiknya, renovasi saja! Benar. Anda tidak perlu untuk mengeluarkan uang yang jauh lebih banyak karena harus membeli rumah baru. Anda dapat merenovasi rumah tua yang Anda miliki tersebut dengan cara melakukan perbaikan-perbaikan pada ruang, dinding, ataupun dengan cara mengubah desain interior rumah milik Anda tersebut.

Tidak bisa dipungkiri oleh para Sahabat Renovasik disini bahwa rumah hunian merupakan sebuah bangunan yang memerlukan perawatan secara terus menerus. Perawatan ini sudah barang tentu dapat dilakukan apabila rumah tersebut Anda huni dan Anda tinggali, sehingga Anda mengetahui secara tepat dan pasti letak kerusakan dan bisa segera memperbaikinya. Namun sebaliknya, apabila Anda mempunyai rumah yang sudah lama tidak dihuni, rumah yang seperti inilah yang berpotensi memunculkan berbagai kerusakan karena lekang dimakan oleh waktu.

Disini, Anda perlu untuk meluangkan tenaga, waktu, dan juga biaya untuk dapat menjadikan rumah tua Anda tersebut kembali siap untuk Anda huni bersama keluarga. Untuk melakukan perbaikan atau renovasi rumah tua yang sudah rusak sesungguhnya dapat dilakukan dengan cara-cara yang sederhana. Namun memang perlu untuk kita akui bahwa teknik pengerjaan untuk perbaikan, baik pengerjaan besar ataupun kecil sangat bergantung pada kerusakan yang terjadi pada rumah tua Anda. Semakin parah kerusakan yang terjadi di rumah Anda maka beban dan biaya yang harus Anda keluarkan juga akan semakin besar. Anda dapat memperbaikinya secara pelan-pelan dan perlahan, mulai dari hal yang paling mudah hingga pada bagian-bagian yang paling sukar.

Nah, kali ini Renovasik akan memberikan tips bagi Anda yang memiliki problema serupa dalam memperbaiki rumah tua Anda. Dan inilah langkah-langkah mudah untuk memulai perbaikan rumah tua Anda tersebut:

  • Awali Dengan Membersihkan Rumah
    Langkah awal dalam memperbaiki sebuah rumah hunian yang sudah termakan usia adalah dengan mulai membersihkannya dari kotoran dan sampah. Terlebih lagi apabila rumah tua tersebut sudah lama tidak Anda tinggali. Luangkanlah waktu dalam sehari untuk membersihkan rumah secara total dan menyeluruh. Buanglah barang-barang yang sudah tidak Anda gunakan atau barang-barang yang sudah rusak agar tidak membuat rumah terlihat pengap. Bersihkanlah area lantai, langit-langit rumah, bagian sela dari tangga, dan bagian lainnya secara menyeluruh. Rumah yang bersih akan membuat Anda menjadi lebih mudah melihat kerusakan dan problema yang terjadi, sehingga Anda menjadi lebih mudah untuk bisa segera menanganinya.
  • Perhatikan Kondisi Bagian Bangunan
    Cek dinding rumah, lantai, tiang rumah serta seluruh bagian rumah, apakah ada yang mengalami kerusakan ataukah mereka masih dalam kondisi yang baik. Apabila Anda menjumpai kerusakan pada lantai ubin misalnya, Anda dapat memulai perbaikan rumah dari lantai ubin tersebut. Anda dapat menambal lantai ubin yang rusak ataupun mengganti ubin secara keseluruhan apabila kerusakannya sedemikian parah. Demikian pula dengan bagian-bagian rumah lainnya, apabila masih dapat dipertahankan maka sebaiknya Anda perbaiki seperlunya. Namun apabila kerusakan sudah cukup parah, alangkah lebih baiknya Anda memperbaiki dengan menggantinya secara total.
  • Lakukan Pengecatan Ulang
    Rumah yang sudah tua pada umumnya akan memiliki lapisan cat yang sudah mengelupas, sehingga Anda perlu untuk menggantinya dengan cat yang baru. Anda dapat memilih warna yang Anda favoritkan untuk perbaikan rumah tua Anda agar dindingnya terlihat dan tampak baru. Berikanlah sentuhan warna yang berbeda sehingga kesan-kesan tua menjadi hilang sama sekali dan berganti dengan alternatif warna yang jauh lebih segar. Apabila kebetulan Anda memiliki rumah tua yang cenderung berukuran kecil, alangkah baiknya Anda memilih warna-warna cat yang cerah. Namun apabila rumah Anda tergolong berukuran besar, Anda akan jauh lebih bebas untuk bereksperimen, misalnya dengan menggunakan warna yang cerah, gelap ataupun kombinasi dari keduanya.
  • Isilah Rumah Dengan Perlengkapan & Perabotan Baru
    Saat kerusakan yang terjadi sudah dapat Anda perbaiki dengan baik, inilah saatnya Anda untuk memberikan sentuhan yang lebih modern. Selain dengan cara memoleskannya dengan warna cat baru, Anda juga perlu untuk mengganti perabot jadul Anda dengan perabotan baru agar kesan tua juga berkurang. Pilihlah perabotan yang Anda inginkan namun dengan tetap mempertimbangkan desain rumah Anda tersebut. Perabotan tertentu akan sangat tepat untuk desain rumah tertentu pula. Contohnya, sebuah rumah hunian klasik akan lebih tepat apabila Anda mengisinya dengan perabotan bernuansa etnik, seperti perabotan dari kayu maupun kerajinan tangan.

Demikian tips mudah dan sederhana bagaimana cara untuk melakukan renovasi rumah tua Anda menjadi rumah minimalis modern yang nyaman untuk Anda huni bersama keluarga Anda. Anda tidak memiliki waktu luang untuk melakukan Renovasi? Anda ingin menambah ruang atau meningkat rumah? Renovasik siap membantu memberikan kemudahan untuk Anda baik dalam pengerjaan dan biaya. Anda juga dapat mencicilnya, lho …


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.