Menurut Feng Shui - Inilah 8 Cara Menata Kamar Tidur Supaya Aura Lebih Positif



Ruang kamar tidak hanya sekedar menjadi tempat untuk tidur dan beristirahat. Tempat ini bisa memberi aura positif bagi siapa pun yang menempatinya.

Jadi, tidaklah heran jika orang-orang menata ulang ruang kamar supaya lokasi ini menjadi lebih hidup. Dan, salah satunya dengan menggunakan Feng Shui.

Seni atau warisan kuno asal negeri bambu ini sudah sejak dulu digunakan untuk mengharmoniskan properti maupun perabotan didalam suatu tempat.

Dengan demikian, aliran energi positif bisa dirasakan oleh penghuni. Bahkan, tidak sedikit lhoh yang percaya bahwa Feng Shui membawa hoki dan nasib baik.

Nah, karena seni ini juga bisa diterapkan untuk menata ulang ruang kamar, tidak ada salahnya Sahabat RenovAsik mulai mencoba mengaplikasikannya.

Apa saja semua hal tersebut, mari kita mulai dari yang pertama.

1. Pemilihan Warna

Menurut ilmu yang berasal dari negeri Panda ini, warna tertentu bisa menyajikan nuansa sensualitas maupun kedamaian di ruang kamar tidur.

Warna yang mendamaikan seperti putih pudar, pastel, krem, cokelat dan persik bisa menjadi pilihan warna untuk ruang kamar.

Tetapi, untuk aksesoris berukuran kecil seperti bantal, Kamu bisa menggunakan warna peach atau pink sebagai aksen diatas tempat tidur.

Apakah Kamu tahu? Menggunakan warna-warna ini bisa menarik cinta dan pasangan romantis yang Kamu dambakan kedalam hidupmu.

Disisi lain, bila Kamu berniat meningkatkan gairah seksualitas di ruang kamar, Kamu bisa menambahkan beberapa warna merah yang membara.

Lalu lainnya, gunakan pilihan warna hijau dan biru untuk mengoptimalkan semangat atau vitalitas, harmoni dan peremajaan.

O ya, disaat mewarnai dinding, alangkahbaiknya untuk menghindari warna cat putih yang mencolok, karena bisa mengganggu kenyeyakkan tidur.

2. Posisi Tempat Tidur

Dari Feng Shui, hal pertama yang harus diaplikasikan disaat menata ulang ruang kamar adalah bagaimana posisi atau penempatan tempat tidur.

Memposisikan tempat tidur dalam posisi kuat (commanding position) dianggap sebagai salah satu praktek feng shui yang baik.

Oleh karena itu, posisikan tempat tidur dimana kita bisa dengan mudah melihat pintu kamar, terutama disaat kita sedang berbaring diatasnya.

Hal ini tak hanya meningkatkan keharmonisan, namun juga memastikan bahwa kita tidak bangun secara tiba-tiba dari tidur yang nyenyak.

Tips feng shui lainnya yang bisa diaplikasikan adalah dengan menambah sandaran kepala yang kuat dan kokoh pada tempat tidur.

Dan juga melengkapinya dengan pemilihan kain atau pelapis yang cocok dengan seprai maupun selimut supaya lebih sesuai dengan ruangan.

Dilain pihak, memberikan ruang pada sisi kanan, kiri, dan kaki juga dianggap bisa membawa kestabilan pada kehidupan kita sekeluarga.

Layak untuk diingat, pilihlah kepala tempat tidur (headboard) yang tepinya lembut, supaya menimbulkan vibrasi yang menarik.

Hindari menggunakan kepala tempat tidur (headboard) yang terbuat dari besi, sebab energinya bisa mengganggu kesejahteraan dan kedamaian.

3. Mengaplikasikan Bagua Map

Bagua map bisa diaplikasikan oleh Sahabat RenovAsik untuk mempelajari energi dari suatu lokasi, ruangan maupun lingkungan sekitar.

Bagua map juga dapat membantu pemilik ruang kamar untuk menyeimbangkan berbagai elemen didalam ruangan untuk kehidupannya.

Selain itu, manfaatkan juga minyak melati atau esensial lavender ke dalam diffuser. Atau tuangkan minyak kenanga atau kayu manis di atas lilin.

Kamu bisa memilih kain yang nyaman seperti katun, satin atau beludru sebagai sarung bantal, seprai, selimut maupun gorden di dalam ruangan.

Tips dari feng shui, tambahkan teko air diatas meja disamping tempat tidur dalam kamar. Namun, hindari membawa atau makan di kamar tidur.

4. Merapikan Kamar Tidur

Feng shui sangat merekomendasikan supaya barang-barang di bawah tempat tidur disingkirkan, karena akan mengurangi kualitas tidur dan kesehatan.

Hal ini pun membantu energi atau chi kekuatan hidup mengalir dan menyegarkan disaat Kamu sedang tidur dan beristirahat disaat malam.

Sebagai alternatif, tempatkan beberapa buku berjudul dan bertema positif di bawah tempat tidur untuk membangkitkan semangat dan inspirasi.

Hal lain yang harus dihindari adalah penempatan lukisan di atas tempat tidur, kap lampu dengan sudut tajam, perabotan berukuran besar dan barang elektronik.

5. Utamakan Jumlah Genap

Jumlah genap atau berpasangan mendapatkan tempat tersendiri didalam warisan dari negeri asal tirai bambu ini.

Untuk mendapatkan Feng Shui yang tepat dan lebih baik, simpan semua aksesori kamar tidur dalam jumlah genap atau secara berpasangan.

Contohnya, Kamu bisa mulai dengan menempatkan dua kursi, dua cushion, dua lampu hias, maupun aksesori lainnya.

6. Hindari Cermin Di Depan Tempat Tidur

Menurut Feng Shui, kita tidak boleh menyimpan cermin di ruang kamar karena akan berdampak pada kualitas tidur dan pernikahan.

Apa pasalnya? Cermin akan menarik energi (chi) dan juga mendorong energi ini ke arah yang berlawanan.

Namun, bila tak bisa dihindari juga, pastikan cermin menghadap kepada sesuatu yang Kamu suka atau memantulkan cerminan jendela.

Ya, disaat posisi cermin berada di seberang jendela, kaca akan memantulkan lebih banyak cahaya alami dari matahari.

Dan, jangan letakkan cermin dengan posisi yang memantulkan tempat tidur, karena idealnya kita harus menghindari melihat pantulannya.

7. Membawa Nuansa Alam

Salah satu tips Feng Shui terbaik untuk diaplikasikan dirumah hunian adalah dengan menyimpan bunga segar didalam ruang kamar.

Pilihlah bunga yang memikat dan rawatlah dengan rutin dengan cara mengganti air atau bunganya setelah layu.

Tambahkan tanaman hijau seperti pothos dan tempatkan di dalam ruang kamar untuk meningkatkan energi atau aura positif.

Karena apa? Tanaman bisa meningkatkan pertumbuhan dan menyebarkan energi penyembuhan yang tercermin di semua bidang kehidupan.

8. Membersihkan Ruang Kamar

Terakhir dan tidak kalah penting, Sahabat RenovAsik sangat disarankan untuk membersihkan ruang kamar tidur secara rutin dan teratur.

Anda bisa mulai melakukannya dengan menyapu, mengepel, membersihkan perabot dari rayap dan lainnya

Selain dengan membersihkan, menempatkan daun salam atau palo santo bisa membawa nuansa baik didalam ruangan tersebut.

Gunakan minyak jeruk manis didalam diffuser untuk meningkatkan Feng Shui supaya aroma atau aura menjadi lebih baik dan positif.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.