Menurut Feng Shui – Inilah Jenis, Cara Memilih dan Meletakkan Cermin di Rumah Hunian



Cermin, selain kerapkali digunakan sebagai aksesoris rumah hunian, benda yang satu ini diyakini bisa memberikan efek luas bagi ruangan. Namun, mungkin ada Sahabat disini yang belum tahu, di sisi lain, cermin pun banyak dimanfaatkan dalam praktek ilmu kuno yang berasal dari negeri Cina, Feng Shui.

Di masa lalu, bahan baku cermin berbeda dengan yang digunakan pada saat ini. Dulu, cermin terbuat dari material tembaga yang permukaannya dipoles hingga mengkilap. Bayangan yang dihasilkan oleh cermin tembaga pun masih terdistorsi, terkadang cenderung membuat perasaan menjadi takut saat menatapnya, bahkan, disaat itu, ada pula keyakinan yang diyakini tentang setiapkali bercermin, yaitu tentang umur seseorang yang akan berkurang satu tahun saat melakukannya.

Wuih, ngeri yaa…, namun Kamu boleh percaya maupun tidak. Namanya juga keyakinan, sesuatu yang diyakin-yakinkan. Ya, kan?

Lalu bagaimana dengan masa sekarang? Saat ini, bahan material cermin menggunakan kaca yang diberi lapisan tipis aluminium di salah satu sisinya untuk memberikan efek reflektif, sehingga kita bisa menatap wajah ganteng dan cantik yang kita miliki setiap kali.

Ngomong-ngomong soal cermin, pada artikel kali ini, RenovAsik bakal sedikit mengulas tentang cermin dari sisi Feng Shui. Mulai dari jenis, penempatan dan efeknya.

Tak perlu bertele-tele, yuk kita baca ulasan cermin kali ini.

Jenis-Jenis Cermin

Di dunia ini, umumnya ada tiga jenis cermin, yaitu datar, cekung dan cembung. Apa beda ketiganya?

Cermin datar merefleksikan bayangan identik dengan benda didepannya, apa alasannya? Karena sinar yang datang dipantulkan menurut garis lurus.

Cermin cekung merefleksikan bayangan menjadi lebih besar dari benda aslinya, karena sinar yang datang akan berjalan menurut garis yang saling berrtemu atau konvergen.

Sedangkan cermin cembung menyebabkan bayangan menjadi lebih kecil dari benda aslinya. Hal ini terjadi disebabkan karena sinar yang datang, terpantul secara menyebar atau divergen.

Nah, dalam Feng Shui, efek-efek inilah yang digunakan dalam cermin Pa Kua yang umumnya diletakkan di atas pintu rumah hunian.

Salah kaprah yang kerap terjadi adalah saat cermin cekung dipasang dengan tujuan untuk mengusir pengaruh buruk dari luar. Tentu saja, menurut Feng Shui, peletakan cermin cekung seperti ini sungguh keliru, karena justru dapat membuat pengaruh buruk semakin membesar.

Oleh sebab itu, lebih tepat jika rumah menggunakan cermin Pa Kua dengan cermin cembung yang bisa ‘memperkecil’ pengaruh buruk. Namun, jika di sekeliling rumah banyak tersedia tanaman hijau, penggunaan Pa Kua bercermin cekung direkomendasikan untuk memperbesar pengaruh baik.

Cermin Dalam Kamar Tidur

Menurut Feng Shui, pemasangan cermin berukuran besar pada ruang kamar tidur kuranglah menguntungkan, apa pasal? Karena saat terbangun dari tidur, orang akan cenderung kaget saat melihat bayangannya sendiri didalam cermin.

Menurut legendanya, roh orang yang sedang tidur terlepas dari tubuh fisiknya. Roh yang kembali pada fisik akan menjadi bingung lantaran ada dua bayangan fisik, yang asli dan yang ada dicermin. Konon, jika roh memilih untuk memasuki bayangan yang ada pada cermin, maka orang tersebut tidak akan bangun lagi.

Namun, tentu saja legenda ini bukan alasan sesungguhnya yaaa... Hohoho.

Sebagai penggantinya, Anda dapat menempatkan cermin kecil yang manis di sekitar ruang tidur.

Efek Luas dan Sudut Runcing

Ilmu Feng Shui mereferensikan penggunaan cermin untuk memberikan kesan luas bagi ruangan berukuran kecil. Cermin yang berukuran besar akan membuat ruangan terasa menjadi lebih luas.

Apakah Sahabat tahu, teknik ini kerapkali digunakan di tempat bisnis maupun usaha seperti restoran maupun ruko yang berukuran kurang luas. Apartemen juga sering menempatkan cermin berukuran besar, sehingga hunian vertikal ini menjadi terkesan lebih luas.

Dari ilustrasi diatas Kamu dapat melihat bahwa cermin memang menjadi salah satu unsur dekorasi interior yang bisa membuat ruang semakin menawan.

Selain memberi efek besar, cermin pun bisa dipergunakan untuk menghilangkan sudut runcing pada ruangan. Sudut siku yang tajam pada dinding dapat dinetralkan dengan cara menempatkan cermin pada salah satu sudut tersebut, sehingga efek runcing tembok bisa menghilang.

Bagaimana ulasan Renovasik tentang cermin kali ini, bermanfaat?


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.