Melakukan Renovasi Rumah Secara Mandiri, Kenapa Tidak - Lakukan 6 Cara Ini!



Merenovasi rumah adalah sebuah langkah pasti untuk mempercantik tampilan rumah, memperbaikinya sudah pasti juga akan membuat umur dari barang-barang didalamnya, seperti furnitur dan yang lainnya menjadi lebih tahan lama.

Rumah yang sudah ditinggali dalam jangka waktu yang lama tentu saja akan berdampak pada sejumlah bagian rumah, termasuk kerusakan pada ruang-ruang tertentu. Melihat hal seperti itu, tentunya Anda pasti ingin segera memperbaikinya, iya kan? Lalu bagaimana jika kemampuan finansial Anda belum memenuhi untuk melakukan renovasi, namun kondisi rumah sudah butuh untuk segera diperbaiki?

Tenang, di artikel Renovasik kali ini kita akan membongkar enam cara renovasi rumah yang dapat Anda lakukan secara mandiri tanpa harus mengandalkan tukang professional. Apa saja cara-cara tersebut? Mari kita telusuri satu persatu.

1. Mengecat Rumah

Anda bisa mengubah keindahan dinding ruangan secara menyeluruh hanya dengan mengecatnya dengan sapuan kuas dan cat yang Anda miliki.

Habiskan 80% dari waktu Anda untuk mempersiapkan dan membersihkan dinding, baru kemudian menggunakan 20% waktu sisanya untuk mengecatnya.

Tipsnya, pilihlah cat yang berkualitas tinggi dan tahan lama, berinvestasilah didalam pemilihan roller maupun kuas yang berukuran yang tepat untuk rumah Anda. Dan yang terakhir, belajarlah bagaimana cara untuk mengecat dinding dengan baik.

Ingat, sebagian dinding membutuhkan lapisan primer terlebih dahulu, sementara bagian lainnya bisa Anda cat secara langsung.

Janganlah lupa untuk meletakkan lembaran anti-debu untuk mencegah lantai dan furnitur terkena percikan cat. Gunakan selotip untuk menjaga kebersihan garis dan melindungi sakelar lampu dan stopkontak disaat melakukan pengecatan.

Praktek terbaiknya, selalu gunakan sikat untuk mengerjakan bagian tepinya terlebih dahulu, lalu dengan hati-hati menggulung sebagian besar dinding atau langit-langit dengan roller yang Anda gunakan.

Yang terakhir, pastikan untuk membiarkan setiap lapisan sampai benar-benar kering sebelum mengaplikasikan lapisan kedua maupun selanjutnya.

2. Menambahkan Rak Pada Ruangan

Menambahkan rak pada ruangan manapun tentunya akan memberi Anda dan keluarga tempat penyimpanan tambahan pada bagian rumah.

Namun, sebelum melakukannya, pahami dahulu tentang dinding rumah Anda. Terbuat dari apakah dinding rumah Anda? Bila Anda sudah mengetahuinya, Anda akan mudah menambahkan rak dengan alat yang tepat.

Contohnya Drywall. Pada umumnya drywall memerlukan tindakan khusus untuk menanganinya sebelum Anda menambahkan rak. Di sisi lain, dinding bata mengharuskan Anda untuk menggunakan bor untuk melakukan instalasi rak.

Sebelum melakukan pengeboran, tandai dan pastikan bahwa semuanya, seperti kondisi rak, tetap lurus disaat pemasangan.

3. Membedah Pintu Rumah

Saatnya mengganti pintu rumah lama Anda dengan yang baru. Pintu lama dapat memberikan masalah-masalah seperti rusak dan tidak dapat lagi menutup dengan rapat.

Penyebabnya pun cukup beragam, mulai dari pembengkakan akibat kelembaban udara, maupun lapisan cat yang terlalu banyak sehingga perangkat keras terlepas.

Jika kerusakannya ringan, Anda hanya cuma perlu mengganti kait dan engsel pintu untuk dapat menutupnya kembali. Namun jika kerusakannya sudah parah, mau tidak mau, Anda harus memanggil tenaga profesional untuk memperbaikinya.

Cara diatas juga berlaku jika Anda sudah bosan dan berniat untuk mengganti pintu rumah dengan model baru sesuai dengan yang diinginkan.

4. Memasang Karpet Hias

Meletakkan dan memasang karpet hias adalah alternatif lain yang tepat untuk mengubah suasana dari ruangan dirumah Anda.

Acapkali, ini adalah proses yang agak rumit. Apa alasannya? Karena melibatkan pekerjaan lainnya seperti mengukur, menandai, memotong sesuai ukuran dan terakhir, instalasi atau pemasangannya.

Bagian tersulitnya adalah saat Anda harus memindahkan semua barang keluar ruangan, memasang karpet, lalu meletakkan barang-barang kembali ketempatnya semula.

5. Mengganti Hardware Pintu

Di rumah, Anda pastinya memiliki furnitur-furnitur yang memiliki pintu, bukan? Contohnya seperti lemari, laci, brangkas maupun pintu dari barang-barang lainnya.

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk merenovasi rumah adalah memperbaiki semua pintu dari furnitur-furnitur dirumah Anda.

Jika pintu lemari terbuka dan sulit ditutup, perbaikilah dengan cara yang simpel, seperti mengganti engsel, memotong bagian yang mengganjal ataupun yang lainnya.

Pada dasarnya, mengganti engsel atau bagian pintu lainnya adalah hal yang cukup mudah, yang terpenting Anda sudah memiliki seluruh peralatan yang dibutuhkan.

Untuk mendapatkannya, Anda dapat membelinya di toko material alat bangunan, atau meminjamnya kepada tetangga disekitar rumah Anda.

6. Memperbaiki Ruang Kamar Mandi

Semakin lama rumah digunakan tanpa perbaikan akan berdampak pada penurunan fungsi dan kekokohannya. Termasuk ruang kamar mandi.

Pada umumnya, ruang kamar mandi menjadi salah satu ruang yang seringkali menunjukkan perubahan yang menonjol. Semisal, dinding ruang kamar mandi yang lebih cepat mudah berkerak. 

Salah satu cara simpel ala Renovasik yang dapat Anda lakukan adalah membersihkan seluruh bagian ruang kamar mandi dengan cara membersihkan setiap kerak dengan cairan pembersih.

Lalu, Anda juga bisa mengubah tampilan ruang kamar mandi dengan melakukan pengecatan dengan warna cat yang diinginkan. Selain itu, Anda pun dapat menambahkan perangkat mandi lain seperti shower, bak mandi maupun yang lainnya.

Sip banget kan? Demikian enam cara renovasi rumah yang dapat Anda lakukan secara mandiri. Tidak mau repot? Boleh hubungi tim Renovasik yaaah….


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.