Mau Renovasi Rumah? Segera Amankan Semua Furnitur & Perabot – Ini 8 Tipsnya



Rumah menjadi berantakan, kotor dan berdebu adalah beberapa dampak yang kerapkali terjadi saat proses renovasi rumah berlangsung.

Apa pasal? Karena umumnya, renovasi dilakukan dengan cara melakukan perombakan, meruntuhkan maupun mengubah desain atau model rumah.

Nah Sahabat RenovAsik, jika ada diantara Anda yang sedang berniat untuk merenovasi rumah, hal pertama yang harus dilakukan adalah segera mengamankan semua furnitur dan perabotan rumah.

Hal ini dilakukan agar furnitur dan perabotan rumah tetap bisa digunakan kembali. Untuk itu, RenovAsik telah merangkum 8 tips yang bisa Anda lakukan untuk mengamankan semuanya.

Mari kita simak dari yang pertama bersama-sama.

1. Merapikan Rumah Dengan Segera

Renovasi adalah sebuah peluang emas yang bisa Anda gunakan untuk menyingkirkan semua barang yang sudah tidak digunakan dan menghabiskan tempat dirumah Anda.

Apa saja contohnya? Misal pakaian, sepatu, mainan, tumpukan majalah maupun peralatan elektronik kuno yang sudah tidak dimanfaatkan lagi.

Semua barang-barang tersebut bisa disumbangkan, dijual maupun didaur ulang.

2. Bersihkan & Simpan Semua Peralatan Dapur

Saat Anda akan melakukan renovasi, keluarkan semua peralatan dapur seperti kompor, lemari es maupun mesin pencuci piring, lalu simpanlah secara terpisah.

Anda pasti sudah menyadarinya, bahwa semua barang tersebut adalah barang yang mahal. Tentunya Anda tidak ingin peralatan itu rusak, bukan?

Sebelum mengemas dan menyimpannya, lakukanlah pembersihan secara menyeluruh, pastikan semua peralatan benar-benar telah kering, baik dibagian luar maupun dalam. Kemudian, simpanlah dalam kardus berselotip untuk mencegah kerusakan.

3. Manfaatkan Kotak Kardus Kemasan Secara Tepat

Banyak orang cenderung hanya memanfaatkan kotak kardus apa pun yang mereka miliki untuk mengemas dan menyimpan barang-barang pecah belah dan lainnya.

Tentunya, Anda tidak ingin kotak yang digunakan untuk membawa barang pecah belah tersebut rusak saat Anda melakukan pindahan, kan? Jadi, khusus untuk mengemas barang-barang pecah belah dan lainnya, belilah kotak yang kuat dan kokoh sebagai tempat penyimpanan.

Berikanlah kode atau penanda pada kotak, lalu, kemaslah barang-barang yang ada di ruangan berdasarkan kategori atau kode yang telah Anda tentukan, ini agar Anda mudah menemukan barang-barang tersebut kembali.

4. Mempersiapkan Tempat Tinggal Sementara

Umumnya, renovasi membutuhkan jangka waktu yang lama, bahkan terkadang menjadi lebih lama dari yang telah direncanakan.

Disinilah, Anda harus mempersiapkan pilihan tempat di mana Anda dan keluarga akan tinggal sementara waktu, bisa di tempat saudara maupun tempat penginapan.

Ingat-ingat untuk mempersiapkan barang-barang apa saja yang akan dibawa dan digunakan selama tinggal di tempat sementara tersebut.

5. Lindungi Dokumen & Barang Berharga

Dokumen dan surat-surat penting seperti akte kelahiran, akte pernikahan, dokumen keuangan maupun perhiasan seperti emas atau berlian haruslah dikemas secara aman dan terpisah dari barang-barang lainnya.

Oleh karena itu, milikilah brankas atau kotak penyimpanan berbahan logam yang memiliki kunci dan tempatkan dokumen dan barang-barang berharga yang Anda miliki didalamnya.

6. Meminta Bantuan Keluarga atau Sahabat

Untuk perabotan berukuran besar seperti lemari es maupun lemari pakaian, janganlah Anda mencoba untuk memindahkannya sendirian.

Karena apa? Hal tersebut bisa beresiko melukai diri Anda sendiri dan merusak barang tersebut.

Untuk itu, mintalah bantuan keluarga, saudara atau sahabat dekat untuk membantu memindahkan perabotan-perabotan berukuran besar.

7. Gunakan Jasa Angkut Barang

Sewalah jasa angkut barang yang bisa Anda gunakan untuk mengangkut semua barang, baik furnitur maupun perabotan secara sekaligus, hingga Anda tak perlu repot melakukan angkut barang secara berulang.

Cara ini bisa digunakan jika Anda dan keluarga harus pindah ke tempat tinggal sementara sambil menunggu proses renovasi rumah berlangsung hingga selesai.

8. Milikilah Asuransi Perlindungan Barang

Yang terakhir ini adalah opsi pilihan, bisa dilakukan jika dirasa cukup penting.

Apa itu? Salah satunya adalah memiliki asuransi internal perlindungan barang yang disediakan oleh fasilitas penyimpanan.

Apa pasalnya? Karena cukup penting untuk memiliki polis yang mencakup semua nilai dari barang-barang yang Anda simpan.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.