Mau Punya Lebih Banyak Ruang Lega? Ikuti Lima Langkah Praktis Ini



Rumah yang sesak dengan berbagai barang tentu tidaklah menyenangkan... Sudah tak enak dipandang mata, juga membuat penghuni tidak bisa bergerak bebas.

Situasi dan kondisi rumah yang minim ruang lega seperti ini, baik secara langsung atau tidak, pasti bisa mengganggu mood atau perasaan penghuni.

Ya, jika sudah mulai merasa tidak nyaman, alangkah baiknya jika Anda segera bertindak untuk menciptakan lebih banyak ruang lega di tempat tinggal yang ditempati.

Apa alasannya? Karena sudah layaklah sebuah rumah beserta seluruh ruangannya menjadi tempat yang nyaman untuk dihuni.

Dan berikut lima langkah praktis ala Renovasik yang bisa Sahabat aplikasikan untuk membuat lebih banyak ruang lega sehingga rumah semakin nyaman untuk ditinggali bersama keluarga tercinta.

1. Singkirkan Barang Yang Sudah Tidak Diperlukan

Seringkali, barang yang sudah tidak diperlukan lagi tercampur menjadi satu dengan benda yang sering digunakan didalam ruangan.

Jadi, langkah pertama untuk menciptakan lebih banyak ruang lega dirumah Anda adalah dengan menyingkirkan barang-barang tersebut.

Segera pisahkan barang-barang tersebut dengan benda yang umumnya oleh Anda dan keluarga gunakan sehari-hari.

Mulai saat ini, selalulah menata ulang barang-barang Anda agar selalu terlihat lebih rapi dan terstruktur.

Lalu bagaimana dengan nasib barang yang sudah tidak lagi diperlukan? Ada baiknya jika Anda tidak meletakkanya begitu saja digudang.

Renungkan sebentar, siapa tahu terbersit seseorang yang sekiranya membutuhkan barang tersebut, berikan kepadanya. Hal ini akan jauh lebih bermanfaat.

2. Simpan & Tata Ulang Barang Yang Dibutuhkan

Langkah kedua untuk menciptakan ruang lebih lega adalah dengan mengelompokkan barang-barang berdasarkan kegunaannya. Tata ulanglah supaya terlihat lebih rapi.

Anda boleh mengikuti saran sederhana dari para penata ruang profesional ini, yaitu menempatkannya pada wadah plastik transparan supaya Anda bisa lebih cepat dalam menemukan barang yang ingin digunakan.

Alternatif lainnya, adalah menggunakan keranjang. Pilihlah yang memiliki bentuk dekoratif, lalu tempatkan pada lokasi yang mudah dijangkau.

Ingat juga untuk memberikan label pada setiap kelompok barang yang akan disimpan. Ini bertujuan agar Anda bisa mengambil barang yang diperlukan secara cepat.

3. Maksimalkan Ruang Utama

Dalam hal ini, ruang utama adalah lokasi di antara bahu dan lutut Anda. Ruang ini adalah lokasi yang tepat untuk meletakkan barang penting yang digunakan sehari-hari.

Ingat, ini adalah prinsip penataan yang umum. Dasarnya, barang diletakkan sejajar dengan sudut pandangan mata. Tujuannya sama, agar Anda mudah menjangkau barang saat dibutuhkan.

Sekarang, renungkan tentang apa saja barang yang sering Anda gunakan, lalu letakkan pada tempat yang mudah dilihat dan dijangkau.

4. Gunakanlah Ruang Secara Vertikal

Mulai saat ini, ada baiknya jika Anda tidak mengabaikan ruang kosong di atas kepala maupun yang sejajar dengan kaki.

Kedua ruang ini layak untuk dimanfaatkan untuk meletakkan barang yang jarang digunakan sehari-hari.

Namun ingat,  penerapannya jangan sampai menyulitkan seluruh penghuni. Tetap gunakan prinsip bahwa lokasi haruslah mudah terlihat dan terjangkau.

Contohnya kotak yang penuh barang berat atau buku diletakkan dibagian bawah lemari, sementara barang-barang ringan berada di atasnya, baik digantung maupun diletakkan diatas permukaan lemari.

5. Pilih Furnitur Yang Berukuran Sesuai Dengan Ruangan

Setelah Anda menata ulang dan menciptakan lebih banyak ruang lega, langkah terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah pemilihan furnitur.

Ukurlah ruang kosong pada ruangan sebelum memutuskan untuk membeli furnitur. Pilihkan ukuran furnitur yang sesuai dengan ruangan.

Ini dimaksudkan agar jangan sampai terjadi lagi penyempitan ruang di rumah yang Anda tingali ini.

Bagaimana, bermanfaat?


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.