Mau Pagar Besi Tetap Awet? Jangan Biarkan Berkarat - Inilah 8 Rahasia Merawatnya



Tak sedikit furnitur rumah yang menggunakan bahan dasar besi. Alasannya, mulai dari tahan lama sampai ke faktor luar seperti keindahannya.

Namun yang patut diketahui, furnitur besi yang ditempatkan di luar rumah, seperti pagar contohnya, rentan berkarat karena cuaca yang tidak menentu.

Karat yang terbentuk ini berpotensi memperpendek usia dari pagar besi serta membuatnya menjadi lebih cepat rusak dan keropos.

Oleh sebab itu, dibutuhkan perawatan spesial yang rutin untuk menjaga kualitas pagar besi supaya bisa tetap awet dan tahan lama.

Minimal, perawatan pagar besi dilakukan dua kali setahun, terlebih jika Kamu berlokasi di area yang memiliki kelembapan tinggi.

Lalu, apa delapan rahasia dalam merawat pagar besi? Simak semuanya dalam artikel RenovAsik kali ini yaah…

Pertama, untuk mempermudah proses pembersihan, hilangkan tanaman merambat, seperti gulma dan rumput yang tumbuh di sekitar pagar.

Kedua, gunakan sikat kawat yang halus untuk mengikis karat yang akan merusak keutuhan pagar. Bilaslah pagar dengan deterjen non-ionik.

Ketiga, lapisi pagar besi dengan cairan anti karat berbahan dasar asam tanat atau fosfat. Dua zat ini mampu memberikan perlindungan yang tepat bagi besi.

Keempat, oleskan primer berbasis minyak yang khusus dibuat untuk benda berbahan dasar logam, lalu biarkan sampai mengering.

Kelima, cat ulang area bekas karat sebelumnya dengan menggunakan cat berbasis minyak dengan warna yang sesuai atau diinginkan.

Keenam, Kamu pun bisa mengoles semir logam ke bagian luar pagar untuk melindungi permukaan cat, terlebih di lokasi yang sering terkena rambatan tanaman.

Ketujuh, apabila Kamu menemukan satu atau dua perangkat pagar yang telah hilang, segeralah untuk menggantinya dengan yang baru.

Kedelapan, ingatlah untuk memberikan pelumas engsel setiap tahunnya atau ketika Kamu menyadari bahwa pagar sudah mulai mengeluarkan suara derit.

Benar, suara derit di engsel pagar sudah menandakan bahwa bagian tersebut sudah terlalu kering dan membutuhkan pelumas untuk perawatan.

Sekarang Sahabat RenovAsik sudah tahu tahu kan rahasianya? Jangan biarkan pagar besi berkarat lagi yaaa…


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.