Mau Merenovasi Rumah? Ini 4 Tips Untuk Menghitung Biaya Yang Dibutuhkan



Rumah juga memerlukan perawatan berkala supaya Anda sebagai penghuni bisa merasa betah dan nyaman untuk tinggal disana.

Jadi, mau tidak mau, suka tidak suka, suatu hari renovasi pun pasti akan menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi.

Kapan itu? Saat rumah membutuhkan perbaikan, peningkatan, atau bahkan perluasan karena bertambahnya penghuni.

Jadi, bagi Anda yang punya rencana melakukan renovasi rumah, berikut empat tips ala RenovAsik yang akan membantu Anda dalam menghitung biaya yang dibutuhkan.

Apa saja keempat hal tersebut? Mari kita mulai dari yang pertama.

Rencana Yang Matang

Perencanaan merupakan awal dari segala sesuatu, termasuk juga dalam melakukan dan merancang biaya renovasi rumah.

Sebelumnya, Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu tentang gambaran renovasi rumah seperti apa yang ingin Anda bangun.

Anda bisa berkonsultasi kepada pihak yang terbaik di bidangnya, semisal arsitek, desainer interior ataupun kepada kontraktor.

Tahap konsultasi ini dibutuhkan supaya gambaran terkait rumah idaman tersebut bisa terlihat secara realistis, meski dalam sketsa 2D atau 3D.

Selain itu, dengan melakukan hal ini, Anda pun bisa mengetahui gambaran tentang material apa yang dibutuhkan dan akan digunakan.

Luas Bangunan dan Lahan

Dengan mengetahui lebih detail tentang bagaimana kondisi dari rumah, Anda akan mendapatkan gambaran yang lebih jelas dan terperinci.

Apa saja hal tersebut? Misalnya tentang apakah rumah yang Anda tempati saat ini membutuhkan perbaikan atau penambahan ruangan.

Anda juga bisa melihat sendiri bagian mana saja dari hunian yang memang perlu direnovasi sehingga tidak perlu merombaknya secara menyeluruh.

Tentu saja, hal ini akan sangat membantu Anda dalam memangkas anggaran biaya renovasi rumah yang akan dikeluarkan.

Jangka Waktu Pengerjaan

Yang ketiga, Anda juga perlu untuk memperhatikan berapa lama jangka waktu pengerjaan proyek renovasi tersebut.

Ada baiknya, dalam melakukan renovasi, Anda tidak perlu terburu-buru sehingga hasilnya lebih maksimal dan sesuai dengan rencana.

Anda pun harus memastikan bahwa para tukang beserta mandornya adalah orang yang teliti, terpercaya dan juga bertanggung jawab.

Hal lain yang umumnya menjadi problema disaat ingin melakukan renovasi dalam jangka waktu pendek adalah jumlah tukang.

Karena apa, jumlah tukang yang diperlukan akan menjadi lebih banyak sehingga biaya yang harus dikeluarkan juga akan bertambah.

Mempersiapkan Dana

Terakhir, setelah mendapatkan gambaran dan rencana yang cukup detail, maka langkah selanjutnya adalah menyusun anggaran biaya renovasi rumah.

Jika Anda menggunakan jasa arsitek, desainer interior ataupun kontraktor, rancangan anggaran renovasi rumah ini sudah termasuk didalam jasanya.

Jadi, pada masa konsultasi yang lebih lanjut, para ahli tersebut akan memberikan proposal anggaran yang terperinci tentang biaya renovasi yang dibutuhkan.

Anda bisa menyetujuinya atau ikut mengoreksinya sesuai dengan kebutuhan dan budget atau dana anggaran yang Anda miliki.

Tips dari kami, Anda dapat mempersiapkan anggaran sejak awal seperti mencicil dana untuk membayar material dan tukang bangunannya.

Mau Renovasi? Ingat RenovAsik!


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.