Mau Membangun Gudang Logistik? 5 Tips Yang Bisa Kamu Aplikasikan



Sahabat, sebelum kita mengulas bagaimana tips dalam membangun gudang logistik yang bisa dijadikan acuan sebagai dasar, ada baiknya jika Sobat RenovAsik lebih memahami pengertian gudang terlebih dahulu….

Apa Gudang Itu?

Berdasar pengertiannya, gudang adalah fasilitas dan sarana untuk mengatur proses penyimpanan serta pergerakan dari barang. Itulah kenapa gudang disebut sebagai bagian dari logistik.

Apa Tujuan Gudang Yang Sesungguhnya?

Apa sebenarnya tujuan gudang dibangun? Jawabannya simpel saja, yaitu untuk menghemat biaya pengeluaran perusahaan.

Apa alasannya? Kenapa memiliki keterkaitan dengan biaya? Karena gudang menjadi planer sistematis untuk pengadaan barang secara tepat, baik waktu, kondisi, jumlah, dengan biaya terjangkau.

Sebelum membangun Gudang logistik, tentu ada beberapa tips yang bisa Kamu pertimbangkan dan aplikasikan.

Dan tak perlu berlama-lama, inilah lima tips ala RenovAsik dalam membangun Gudang logistik yang bisa dijadikan acuan dasar.

1. Mengetahui Jenis Barang yang Disimpan

Hal pertama yang Sahabat perlu ketahui sebelum membangun gudang adalah mengetahui jenis barang seperti apa yang nantinya disimpan di lokasi.

Kenapa? Karena tidak semua jenis gudang cocok atau tepat sebagai lokasi penyimpanan berbagai jenis produk atau barang.

Misalnya saja, gudang khusus tempat penyimpanan makanan tentu saja akan berbeda dengan gudang untuk pengamanan barang.

Disisi lain, ketahui juga volume dan karakter dari produk yang nantinya disimpan pada Gudang, apakah dalam satuan jumlah kubik atau ton, dan apakah barang membutuhkan suhu yang khusus ataukah tidak.

2. Mengenali SDM Terkait

Disaat melakukan aktivitas distribusi barang dari maupun kedalam gudang, sangat jelas bahwa perusahaan memerlukan SDM (Sumber Daya Manusia) profesional.

Pemilihan Sumber Daya Manusia yang tepat dan profesional dilakukan supaya produk tidak mudah menjadi rusak dan bermasalah.

Oleh karena itu, gudang juga membutuhkan sistem manajemen yang telah teruji dalam pengelolaan penyimpanan dan pengeluaran barang.

3. Perawatan & Lama Penyimpanan Barang

Tips ketiga dalam membangun gudang logistik adalah memahami tentang perawatan dan lama dari penyimpanan barang di gudang.

Hal ini disebabkan barang tidak hanya disimpan namun juga dijaga sehingga perawatan pun perlu dilakukan supaya kualitas produk tetap terjaga.

Selain itu, jangka waktu pun penting untuk diperhatikan karena mempunyai kaitan dengan biaya (cost) yang perlu dikeluarkan oleh perusahaan.

Semakin lama barang berada di gudang, maka semakin besar biaya atau anggaran yang harus dikeluarkan oleh suatu bisnis.

4. Membandingkan Harga Gudang

Untuk mendapatkan gudang logistik berkualitas dengan harga terbaik, Sahabat harus gencar dalam melakukan riset.

Riset dilakukan untuk membandingkan harga dari gudang-gudang yang ditawarkan pada sekitar lokasi yang diinginkan.

Umumnya, harga Gudang ini ditentukan dari ukuran, fasilitas listrik dan air, keamanan, telepon hingga ke fasilitas khusus lainnya yang dibutuhkan.

5. Memilih Lokasi Terbaik

Tips kelima atau yang terakhir dalam memilih gudang logistik adalah pemilihan lokasinya.

Jika Sahabat RenovAsik sudah menetapkan spesifikasi gudang yang dibutuhkan, maka Kamu perlu memperhatikan kondisi geografis lokasi gudang.

Contohnya, akses jalan serta ketinggiannya dari tanah. Tujuannya adalah untuk menghindari gudang dari bencana seperti banjir.

Untuk akses jalan sendiri, tentunya lokasi Gudang harus bisa dilewati atau dilalui oleh truk-truk berukuran besar sebagai tempat transit.

Lokasi gudang yang strategis pun menjadi nilai plus tersendiri, misalnya dekat dengan bandara, pelabuhan maupun jalan tol untuk memudahkan distribusi.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.