Mau Membangun Atau Renovasi Gudang? Ikuti 5 Pijakan Dasar Tata Letak Yang Wajib Ini



Rencana tata letak sangat penting untuk dipahami sebelum membangun gudang sebagai pendukung (support) dari suatu bisnis.

Dan salah satu karakter gudang yang baik adalah memiliki tata letak yang bisa mengoptimalkan kinerja semua yang terkait didalamnya.

Tata letak gudang yang baik tentunya akan memudahkan semua karyawan dalam beraktivitas didalam lokasi gudang.

Hal ini tentu akan membawa efek yang baik pada produktivitas, baik dalam peningkatan penjualan dan perkembangan perusahaan.

Untuk itulah, tata letak gudang atau yang sering disebut sebagai layout gudang menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan sebelum membangun gudang.

Bagaimana caranya? supaya tata letak gudang semakin optimal Anda harus memerhatikan pijakan dasar tata letak dari gudang.

Apa saja keenam pijakan dasar rencana dari tata letak gudang ini? Mari kita mulai dari poin pertama yang telah RenovAsik rangkum.

1. Keamanan Barang

Semua aktivitas gudang, seperti penyimpanan, pencatatan, distribusi hingga pemeliharaan hampir semua bergantung pada keamanan gudang.

Benar, keamanan adalah pijakan dasar pertama yang harus dipenuhi dalam membuat tata letak gudang yang efektif.

Semua produk, peralatan serta semua stok barang di gudang harus dipastikan tetap aman dari potensi kerusakan dan kehilangan.

Kerusakan barang bisa saja terjadi disebabkan oleh serangga, cuaca, kontaminasi produk lain hingga ke proses pergudangan itu sendiri.

Solusinya, Sahabat RenovAsik perlu memahami barang atau produk apa saja yang akan disimpan didalam gudang tersebut.

Dengan demikian, akan mudah untuk menentukan bagaimana cara penyimpanan produk tersebut secara aman.

2. Barang Mudah Ditemukan

Salah satu tujuan tata letak gudang adalah memudahkan karyawan dalam mencari barang sebagai pengoptimalan waktu distribusi.

Contohnya, disaat banyaknya pesanan masuk dengan jenis produk berbeda, tata letak gudang yang baik akan mempercepat para karyawan dalam menemukan produk.

Disisi lain, kemudahan dalam menemukan barang juga penting untuk membantu proses identifikasi dan pemeliharaan barang secara maksimal.

Bayangkan saja, jika penyusunan barang berantakan, maka membutuhkan banyak waktu dalam mencari satu produk saja.

Oleh karena itu, barang di gudang haruslah disusun secara teratur berdasarkan dengan jenis, ukuran serta kriteria khusus lainnya. 

3. Barang Mudah Dijangkau

Contoh tata letak gudang yang baik tentulah memudahkan karyawan dalam menjangkau barang-barang yang ada didalamnya.

Kemudahan menjangkau barang ini berguna dalam proses penyimpanan maupun pengambilan barang.

Untuk itu, posisi dan lokasi rak penyimpanan barang harus ditentukan sesuai dengan kebutuhan dari aktivitas harian di gudang.

Rencana tata letak gudang yang baik akan memastikan karyawan bisa mengambil barang dengan mudah tanpa menggangu letak barang lainnya.

4. Optimalisasi Penggunaan Ruangan

Disaat membuat tata letak gudang, Sahabat perlu memerhatikan ukuran area penyimpanan, penerimaan, pengiriman dan sortir barang.

Optimal di sini bukan berarti membuat gudang menjadi penuh dengan barang, tapi memahami tujuan dari penggunaan gudang tersebut.

Contohnya, Anda perlu mengatur lorong atau gang antar lokasi supaya memudahkan akses barang dari satu area ke tempat lainnya.

Jika dibutuhkan, Anda bisa mempertimbangkan tempat khusus untuk area pembongkaran barang sebelum masuk kedalam gudang.

Hal ini dilakukan supaya lebih mudah dalam mengontrol barang masuk dan menyiapkan proses penyusunan barang.

5. Menggunakan Sistem Komputerisasi

Rencana tata letak gudang memang memerlukan berbagai persiapan dari banyak hal. Semuanya ditentukan dari tujuan penggunaan Gudang.

Untuk itu, penggunaan sistem komputerisasi bisa mengoptimalkan tata letak gudang daripada hanya menggunakan sistem manual.

Karena apa? Sistem manual hanya cocok untuk gudang yang berukuran kecil dan hanya mempunyai fungsi minimal.

Untuk gudang berukuran besar dengan fungsi yang lebih kompleks sebaiknya Anda menggunakan sistem komputerisasi seperti Warehouse Management System (WMS).

Warehouse Management System (WMS) ini bisa membantu Anda dalam menata gudang dengan lebih optimal, cepat dan akurat.

Akhir kata,…

Sahabat, membangun sebuah gudang baru memang tidaklah mudah, namun jika memang Anda berniat membangun atau renovasi gudang untuk mendukung bisnis dan usaha dengan mudah dan menyenangkan, Anda tahu kan harus menghubungi siapa? Benar, RenovAsik.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.