Mau Lantai Beton Rumah Kembali Jadi Bersih Mengkilap? Gunakan 3 Bahan Ini!



Hampir semua orang sudah tahu, jika beton adalah bahan material yang baik untuk digunakan pada lantai interior maupun eksterior.

Apa alasannya? Karena lantai bermaterial beton terkenal tahan lama dan cukup mudah untuk dibersihkan sehari-hari.

Namun material ini memiliki sedikit kekurangan, beton kurang tahan terhadap noda. Jika tidak sering dibersihkan, maka kotoran, tumpahan maupun jamur bisa membuatnya menjadi keropos.

Eitsss… Tenang saja, ada kok solusi yang bisa Kamu aplikasikan untuk membersihkan lantai beton ini, yaitu dengan menggunakan beberapa bahan sederhana.

Lalu, sudah penasaran apa saja ketiga bahan tersebut? simak ulasan RenovAsik kali ini sampai selesai yaa…

1. Ampas Kelapa

Ya, alasannya cukup simpel, ampas kelapa mengandung disinfektan yang bisa digunakan untuk membasmi kuman dan memberi hasil lantai beton menjadi bersih mengkilap.

Caranya adalah dengan menaburkan ampas kelapa ini pada permukaan lantai beton, lalu gunakan kain untuk mengumpulkannya kembali sembari menggosoknya dengan perlahan.

2. Pasta Tepung & Hidrogen Peroksida

Selain menggunakan ampas kelapa, lantai beton juga dapat dibersihkan dengan menggunakan bahan perpaduan dari pasta tepung dan hidrogen peroksida.

Sebarkan pasta tepung dan hidrogen peroksida ini ke atas permukaan lantai bernoda, lalu biarkan semalam. Kemudian, kikis dengan alat pengikis plastik.

3. Cairan Pembersih

Lalu bagaimana dengan lantai beton dalam ruangan yang dicap atau dipoles? Kamu harus melakukan pendekatan yang lebih lembut.

Gunakan pel dan seember air yang dicampur dengan cairan pembersih ringan. Jangan gunakan pemutih, amonia atau zat asam pada lantai yang dipoles atau dicap. Gunakan deterjen cuci piring cair, atau pembersih batu

Campur larutan, oleskan ke lantai dengan menggunakan pel basah, lalu kemudian bilas dengan pel yang telah dicelupkan ke dalam air yang bersih.

Bagaimana selanjutnya…

Setelahnya, untuk membuat lantai beton tahan terhadap noda di kemudian hari, Kamu bisa menggunakan sealant beton.

Kamu bisa mengaplikasikannya dengan menggunakan roller cat pada beton yang sudah dibersihkan tadi. Mulai dari tengah dan gulung sealant hingga ke tepi.

And, done. Sudah selesai.

Sekarang, untuk pemeliharaan, sahabat RenovAsik bisa mengulangi cara praktis diatas setiap dua hingga tiga tahun sekali.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.