Lakukan 6 Cara Ini Agar Renovasi Rumah Menjadi Hemat Bujet



Disaat Anda mempunyai rencana untuk merenovasi rumah, tentunya ada beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan masak-masak.

Dengan alasan apa? Karena, renovasi rumah, selain memerlukan waktu pengerjaan, juga butuh biaya yang cukup besar.

Tapi Anda tenang saja, dengan memiliki rencana yang baik, proses renovasi rumah seharusnya bisa berjalan dengan mudah dan lancar.

Bahkan tidak hanya itu, biaya yang harus dikeluarkan pun bisa dihemat sebisa mungkin, alias low budget untuk pendanaannya.

Nah, bagi Anda, Sahabat RenovAsik yang saat ini berencana untuk merenovasi rumah, sudah layaklah untuk membaca artikel ini sampai habis.

Jadi, tanpa bertele-tele, berikut 6 cara untuk menghemat bujet renovasi rumah yang bisa Anda aplikasikan dengan sesegera mungkin.

1. Menentukan Konsep Rumah

Ya, benar. Tentukanlah terlebih dahulu mana saja bagian dari rumah yang ingin Anda renovasi. Misalnya meningkat rumah di bagian depan.

Lalu, pertimbangkan secara matang tentang material apa yang akan digunakan, bagaimana bentuk rancang desainnya, dan yang lainnya.

Misalnya pun, Anda masih ingin menggunakan material lama, tentu Anda harus menmbongkarnya secara hati-hati agar dapat digunakan kembali.

Sedangkan, menentukan bentuk rancang desain akan sangat berguna supaya hasil akhir sesuai dengan rumah yang kita cita-citakan.

Karena bila tidak sesuai, tentu kita harus membongkarnya kembali, dan jatuhnya, biaya yang dikeluarkan justru menjadi lebih banyak.

Dengan mengetahui konsep yang matang seperti ini, juga akan membantu para tukang dalam melakukan pengerjaan dengan lebih cepat.

2. Memilih Bahan Bangunan

Jika dana yang dimiliki terbatas, gunakanlah bahan material berharga terjangkau namun tetap memiliki kualitas menengah keatas.

Apa pasal? Bahan material, umumnya adalah beban termahal yang harus dikeluarkan oleh penghuni disaat ingin merenovasi rumah.

Namun ingat, ada beberapa bagian dalam rumah yang tidak bisa Anda kompromi untuk masalah harga dan kualitasnya.

Apa contohnya? Bagian pondasi rumah, pipa air yang ditanam, struktur bangunan maupun rangka atap. Semua ini haruslah baik dan tahan lama.

Coba bayangkan jika terjadi rusak atau kebocoran, tentu kita harus membongkar ulang bagian tersebut. Dan ujungnya, Anda harus keluar uang lagi.

Begitu juga dengan cat eksterior, sangat disarankan menggunakan cat berkualitas baik untuk melindungi rumah dari panas dan hujan.

3. Cara Pembayaran Tukang

Umumnya, cara pembayaran tukang untuk pembangunan atau renovasi rumah terbagi menjadi dua, yaitu dengan sistem borongan atau harian.

Bila Anda sudah mengetahui dengan pasti tentang apa konsep renovasi rumah yang ingin dilakukan, gunakanlah sistem borongan.

Begitu pun juga sebaliknya, bila konsep renovasi rumah belum detail terperinci, Anda bisa membayar tukang dengan sistem bayar harian.

4. Pemilihan Waktu Renovasi

Pemilihan waktu juga menjadi salah satu faktor penting dalam renovasi rumah. Salah waktu bisa menjadikan bujet malah membengkak.

Sebaiknya, renovasi rumah jangan dilakukan disaat musim penghujan, karena pada waktu ini, tukang yang mengerjakan kerapkali mendapatkan kesulitan.

Disisi lain, bagian luar yang sedang direnovasi atau diperbaiki pun menjadi sulit mengering, bahkan, pada akhirnya justru bisa menjadi rusak.

5. Lakukan Secara Bertahap

Terkadang, renovasi secara besar-besaran “memaksa” Anda dan keluarga untuk pindah mengungsi ke tempat lain sementara.

Ini artinya, Anda harus mengeluarkan tambahan anggaran untuk menyewa tempat tinggal baru selama renovasi berlangsung.

Untuk menghemat bujet, lakukan renovasi secara bertahap. Misalnya, dapur terlebih dahulu. Lalu, taman belakang, ruang tamu, dan seterusnya.

6. Bekerja sama Dengan Keluarga

Janganlah menghadapi semuanya sendirian, hal ini justru akan menjadikan Anda semakin stres dan penuh tekanan.

Ajaklah pasangan atau seluruh anggota keluarga untuk turut andil dalam pengerjaan. Baik dalam pendanaan, desain maupun lainnya.

Anda mungkin tidak akan pernah tahu, bisa saja gagasan-gagasan dari mereka bisa menjadikan rumah menjadi tempat tinggal yang semakin menyenangkan.

Nah, demikian enam cara yang bisa Anda aplikasikan disaat ingin melakukan renovasi rumah secara hemat.

Tapi, buat Anda yang belum punya dana tunai dan gak mau repot-repot melakukan renovasi rumah, Anda bisa langsung kontak kami saja.

Nomer kami selalu terpampang di website ini. Anda bisa menghubungi kami kapan saja. Kontak RenovAsik, dan jadikan Renovasi Rumah menjadi semakin Asik.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.