Konstruksi Gudang Berstruktur Baja? Inilah Perkiraan Biaya Tukang Untuk Pembangunannya



Gudang menjadi kebutuhan yang harus dimiliki oleh perusahaan atau sebuah usaha yang bergerak dibidang distribusi barang maupun jasa.

Jenis material dan ukuran yang digunakan untuk membuat gudang tergantung kepada biaya dan fungsi serta kegunaan dari gudang tersebut.

Umumnya, gudang yang dibangun secara konvensional didirikan dengan struktur beton, namun dewasa ini, banyak dibangun menggunakan material baja.

Semua hal ini dilakukan oleh perusahaan atau para pengusaha untuk menekan biaya dari pembangunan gudang itu sendiri.

Konstruksi Gudang Ber-struktur Baja

Sahabat RenovAsik, semakin mudah dan banyaknya material kebutuhan konstruksi baja yang tersedia dipasaran, membuat biaya konstruksi gudang menjadi lebih terjangkau dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Jenis material dan ukuran baja yang tersedia dipasaran sendiri pun sangat beragam, mulai dari material baja ringan, baja berat, besi hollow galvanis, besi CNP maupun material UPVC.

Pemilihan jenis material ini sangat menentukan bagaimana struktur desain dan budget yang akan dikeluarkan dalam pembangunan gudang baja kelaknya.

Benar, penggunaan material baja, selain pengerjaannya lebih cepat dan efisien, menggunakannya sebagai struktur bangunan bisa menekan budget pembangunan secara signifikan.

Konstruksi Struktur Baja Ringan

Membangun gudang dengan bahan yang paling murah atau terjangkau dipasaran kerapkali dilakukan karena keterbatasan dana yang tersedia.

Biasanya, dalam konstruksi gudang ini banyak dijumpai para tukang konstruksi yang memadukan berbagai jenis material untuk menekan biaya pembangunan.

Dan, salah satu material utama yang banyak digunakan dalam pembuatan gudang adalah baja ringan.

Baja ringan merupakan salah satu material yang rendah biaya konstruksinya, karena hanya membutuhkan skrup didalam penyambungannya.

Baja ringan sendiri jika dikerjakan dengan baik akan cukup kuat jika dijadikan struktur dari gudang tempat usaha.

Tapi, tidak jarang juga banyak yang memadukan baja ringan dengan material lain untuk menambah kekokohan maupun estetika dari bangunan itu sendiri.

Akhir Cerita,

Sekarang Sahabat RenovAsik sudah tahu, dalam membangun sebuah gudang, menggunakan struktur baja ringan merupakan salah satu pilihan yang paling terjangkau dipasaran.

Kesimpulannya, harga material baja ringan sangatlah ekonomis dan mudah dikombinasikan dengan berbagai material lainnya.

Bagaimana dengan budget yang harus disiapkan? Biaya pembangunan gudang dengan struktur baja ringan di setiap daerah bisa berbeda-beda.

Umumnya, di Jabodetabek sendiri berdasarkan luas bangunan per meter persegi biasanya berkisar antara Rp2,5juta hingga Rp 4 jutaan per meter persegi, tergantung dari spesifikasi bangunan serta material yang digunakan.

Semoga bermanfaat.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.