Inilah 4 Karakter Khas Desain Rumah Minimalis Modern Yang Mesti Kamu Tahu



Minimalisme adalah salah satu konsep yang populer dalam satu dasawarsa terakhir, baik sebagai gaya hidup maupun desain rumah hunian.

Nah, dalam desain rumah hunian sendiri, pengaplikasian konsep desain minimalis merujuk pada kesederhanaan, baik dalam bentuk, detail, warna maupun material.

Jika ada Sahabat RenovAsik disini yang berniat untuk mengaplikasikan konsep desain rumah minimalis modern, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Apa saja hal tersebut? Langsung saja, berikut empat karakter khas desain rumah minimalis modern yang mesti Kamu tahu. Yuk, kita mulai dari yang pertama…

1. Kesederhanaan Bentuk

Umumnya, rumah minimalis modern mempunyai tata letak yang sederhana, lugas sekaligus efisien. Dikarenakan adanya pembagian ruang yang jelas, maka setiap lokasi memiliki fungsinya masing-masing.

Selain itu, rumah minimalis modern identik dengan denah lantai terbuka, dinding interior minimal serta berbagai lokasi penyimpanan yang sederhana.

Pada area pintu dan jendela pun, bukaan dibuat sederhana sehingga dapt menonjolkan fasad dari rumah tersebut.

Profil atap yang simpel juga menjadi karakter dari rumah minimalis modern ini.

2. Fasad Yang Menonjol

Fasad adalah pelapis dinding eksterior yang membuat rumah hunian terlihat menonjol. Dan betul, rumah minimalis modern selalu identik dengan penggunaan fasad ini.

Fasad rumah minimalis modern, walaupun desainnya sederhana namun tetap dapat menonjolkan karakteristik fisik bahan maupun teksturnya.

Selain dari pemilihan bahan dan tekstur, permainan warna juga kerapkali dijadikan alternatif pilihan. Orang seringkali memilih warna fasad yang kontras dengan warna rumah.

3. Dekorasi Yang Minimal

Kebanyakan, bagian interior rumah minimalis modern mempunyai detail yang tidak rumit, bahkan cenderung sederhana.

Tidak banyak perabotan yang tersedia di dalam rumah, bahkan beberapa diantaranya dibuat secara multi-fungsional.

Sering terlihat, pemilihan warna dinding juga cenderung menggunakan tema polos, dan bahkan hampir seluruh bagian rumah didominasi dengan warna cat yang sama.

4. Jendela Berukuran Besar

Pemanfaatan cahaya alami untuk menerangi hunian adalah karakter khas terakhir yang sering dijumpai pada rumah minimalis modern ini.

Untuk menghemat biaya listrik sebagai penerangan pada saat siang hari, rumah minimalis modern umumnya mempunyai jendela berukuran besar supaya pencahayaan alami bisa masuk secara bebas kedalam hunian.

Kehadiran jendela berukuran besar ini pun dapat membantu mengurangi penggunaan alat pendingin seperti Air Conditioner (AC) didalam ruangan.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.