Inilah 2 Jenis Gudang Berdasarkan Aktivitas Yang Dilakukan Perusahaan



Sudah tidak bisa dibantah lagi, gudang telah menjadi salah satu komponen yang cukup penting dalam membuat sebuah bisnis berjalan dengan lancar.

Pasalnya apa? Disinilah lokasi dilakukannya proses produksi, distribusi, penanganan bahan baku, sparepart, dan pemrosesan barang hingga produk jadi diselesaikan.

Apakah Sahabat tahu, umumnya, Gudang dibagi menjadi beberapa jenis dan tipe, salah satunya adalah Manufacturing plant warehouse.

Manufacturing plant warehouse adalah tipe gudang yang bertempat atau berlokasi di pabrik. Biasanya, kamu sering melihatnya di kota-kota industri.

Tansaksinya meliputi penerimaan dan penyimpanan material, pengambilan bahan baku, penyimpanan barang jadi ke gudang hingga ke transaksi internal gudang lainnya.

Disisi lain, gudang tipe ini juga melakukan pengiriman barang jadi ke central warehouse, distribution warehouse, atau langsung ke tangan konsumen.

Manufacturing plant warehouse bisa dibagi lagi menjadi empat, yaitu gudang operasional, gudang perlengkapan, gudang pemberangkatan dan gudang musiman.

Namun kali ini RenovAsik hanya akan berfokus pada 2 jenis gudang saja, yaitu gudang operasional dan gudang perlengkapan. Mari kita mulai saja.

1. Gudang Operasional

Gudang Operasional dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan sparepart dan raw material yang kelaknya akan digunakan didalam proses produksi.

Misalnya gudang bahan baku makanan seperti bakpao, menyimpan gula, tepung terigu, selai, keju, meses, cokelat, serta ragi dan pewarna makanan.

2. Gudang Perlengkapan

Gudang perlengkapan adalah gudang yang dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai perlengkapan yang akan digunakan dalam proses produksi.

Namun, Anda tidak akan menemukannya di area finished goods (barang jadi). Setelah digunakan dalam proses produksi, barang ini akan dikembalikan lagi ke dalam gudang.

Standar Operasional Prosedur (SOP) Gudang

Supaya aktivitas di kedua gudang diatas dapat berjalan dengan lancar, perusahaan membutuhkan Standar Operasional Prosedur (SOP) Gudang.

SOP gudang ini digunakan sebagai acuan dalam melakukan proses operasional kerja di area gudang supaya semua karyawan melakukan prosedur yang sesuai dan ter-standarisasi.

Selain itu, SOP Gudang pun berfungsi mencegah terjadinya tindakan-tindakan atau kesalahan-kesalahan dalam bekerja yang dapat menyebabkan kerugian.

Dan ujung-ujungnya, tujuan perusahaan untuk mencapai hasil kerja yang optimal dan sesuai yang diinginkan dapat diwujudkan dengan mudah dan lancar.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.