Ingin Rumah Terlihat Spesial dan Berkarakter? 5 Jenis Lantai Ini Bisa Jadi Pilihan



Lantai adalah salah satu elemen ruangan yang dapat berdampak pada tampilan sebuah hunian secara keseluruhan.

Oleh sebab itu, jenis lantai yang digunakan bisa membuat ruangan menjadi terlihat unik, dari yang bergaya minimalis sampai dramatis.

Umumnya yang kita tahu, jenis lantai yang digunakan masyarakat Indonesia hanya berkisar seputaran ubin, marmer hingga lantai vinil.

Tapi tahukah Anda, ternyata masih ada beberapa jenis pilihan lantai lainnya yang bisa membuat ruangan menjadi spesial dan berkarakter.

Apa saja jenis-jenis lantai tersebut? Berikut 5 jenis lantai yang bisa Sahabat RenovAsik gunakan untuk membuat rumah menjadi istimewa.

1. Gabus Alami

Jika Anda memerlukan kelembutan dan kehangatan di bawah telapak kaki, pilihlah lantai dari jenis bahan gabus alami.

Gabus untuk lantai terbuat dari material spons yang halus dengan nuansa unik yang membawa sensasi disaat kaki menyentuhnya.

Jenis lantai ini cukup ideal bagi mereka yang memiliki alergi udara dikarenakan Gabus alami tahan terhadap serangan jamur.

Keistimewaannya disisi lain, lantai jenis gabus pun mempunyai tampilan yang alami, terlihat seperti tampilan kayu.

2. Karet Lunak

Jenis lantai ini mudah di-install. Berat material yang dimiliki membuatnya tetap berada di tempat dan tidak membutuhkan perekat.

Dikarenakan teksturnya yang lembut, lantai jenis karet lunak cocok digunakan untuk Anda yang punya anak-anak kecil di rumah.

Anda bisa meletakkannya di ruang gym, dapur maupun kamar mandi, hal ini akan menjadikan lantai aman disaat mereka berada dilokasi.

Selain itu, lantai karet tersedia dalam tampilan yang solid dan warna bintik-bintik cerah sehingga membuat ruangan terasa menyenangkan.

3. Ubin Kaca Mosaik

Untuk Anda yang menginginkan penutup lantai yang terlihat ramping, bergaya dan mudah dirawat, Anda bisa memilih ubin kaca mosaik.

Lantai ini berbahan kaca yang telah diperkuat secara ekstra, dan umumnya ditempelkan pada pelat khusus untuk memudahkan instalasi.

Pola lantai yang tersedia di pasaran pun cukup beragam, ini dikarenakan kaca bisa dicetak dalam berbagai motif maupun warna.

Tak hanya sebagai penghias ruang kamar mandi, lantai ini pun bisa digunakan untuk area teras maupun lorong rumah. Elegan.

4. Beton Dekoratif

Pilihan lantai berikutnya adalah beton dekoratif. Sesuai namanya, lantai ini terbuat dari bahan beton yang belum sepenuhnya jadi.

Beton kemudian akan diberikan tampilan secara dekoratif atau mengkilap. Seperti ditambahkan potongan ubin atau batu.

Umumnya, pemasangan lantai beton menggunakan beberapa teknik supaya material lantai ini terlihat semakin estetik.

Mulai dari teknik pemolesan, penambahan tekstur hingga ke pewarnaan asam hingga lantai beton dekoratif tampil semakin cantik.

5. Kayu Lapis

Kayu lapis adalah jenis lantai yang bahan atau materialnya paling umum ditemukan di Indonesia.

Meski tidak banyak digunakan, Anda bisa menyulapnya menjadi lantai ruangan yang cantik dan menawan.

Lantai jenis kayu lapis ini punya banyak corak sehingga digadang-gadang bisa menandingi keindahan motif kayu keras.

Perawatannya pun sangat mudah. Disaat terkena noda, Anda bisa membersihkannya hanya dengan kain pel lembab.

Sahabat RenovAsik, supaya lantai kayu lapis lebih tahan lama, Anda bisa melapisinya dengan polyurethane.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.